Merasakan Electrocautery, Apa Itu?

Beberapa waktu lalu saya menyadari ada sejenis kutil yang tumbuh di salah satu bagian tubuh saya. Sebenarnya tidak menyakitkan sih, hanya satu tapi mengganggu rasanya. Akhirnya, saya minta rujukan ke dokter keluarga untuk bisa melakukan konsultasi ke dokter kulit. Saya pilih ke RS Hermina Palembang karena sekalian bisa konsul ke dokter anak.

Akhirnya ke dokter spesialis kulit kelamin yang membuka jam praktek sore hari di RS. Hermina. Setelah mengukur berat badan dan tensi darah, saya mengantri. Lalu dipanggillah setelah beberapa pasien masuk.

Saat bertemu dokternya, saya menjelaskan keluhan yang saya rasakan, lalu dokternya bilang ini Skin Tags, sejenis tumor jinak, tapi bisa dihilangkan dengan electrocauter. Electrocauter cuma sebentar kok, di poli sini bisa juga. Namun, karena awalnya mendaftar dengan asuransi, jadi prosesnya harus dikonsultasikan ke pihak asuransi apakah ditanggung atau tidak. Nah, saya sempat menunggu tuh, hampir sebulanan. Pernah nanya dibilang sama petugas yang mengangkat telepon masih menunggu surat dari dokternya terus ga pernah dihubungin lagi.

Akhirnya saya datang lagi ke dokter kulit, minta langsung ditindak aja sesuai pertemuan sebelumnya, untuk membersihkan kulit dari kutil dengan proses electrocauter.

Ternyata prosesnya cepet, ga sampe 5 menit. Disuntik dulu awalnya, mungkin biar ga terasa sakit ya, trus kayak pake pinset gitu buat melepas kutil dari kulit, sudah itu di betadine biar ga berbekas. Tau gitu dari kemarin aja deh.


Electrocautery adalah suatu teknik untuk menghilangkan jaringan kulit yang tidak diinginkan, misalnya miliahyperplasia kerastosisskin tags, dsb. Electrocautery termasuk bedah minimal invasif atau bedah lubang kunci, dengan melakukan sayatan kecil atau dengan kata lain meminimalkan sobekan. Teknik ini dianggap jauh lebih aman dan efisien dibandingkan dengan alternatif lainnya. Periode penyembuhan dari perawatan kulit dengan teknik ini juga lebih singkat dibandingkan dengan teknik operasi konvensional, sehingga resiko dapat diminimalisir.

Manfaat Electrocautery:

  1. Tidak meninggalkan luka lada kulit normal
  2. Tidak terdapat pendarahan dan tidak dilakukan jahitan
  3. Daerah yang dirawat tidak memerlukan perlakuan khusus

Umumnya memang electrocautery ini dilakukan dengan tujuan kecantikan.


Nah, merasa punya kutil di kulit? Monggo dikonsultasikan ke dokter kulit kalau mengganggu

 

#ODOP

#BloggerMuslimahIndonesia

 

Sumber informasi tambahan :

http://www.aestheticdentalskin.com/service.html?id=Electrocautery

Note : Gambar hanya ilustrasi

Written by

2 comments / Add your comment below

Silahkan meninggalkan komentar :)