Mengulik Resiko Tersembunyi Bisnis Rental Mobil

Usaha rental mobil kini semakin menjamur saja. Banyaknya orang yang butuh untuk melakukan perjalanan bisa menjadi salah satu alasannya. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari usaha rental mobil. Namun, tentu ada resiko tersembunyi dari bisnis rental mobil itu sendiri.

Namanya juga usaha, tak mungkin selalu untung. Pasti ada ruginya juga, bukan? Tidak disangkal pula kalau bisnis rental mobil ini juga ada untung rugi nya. Sebuah bisnis yang menghasilkan profit menggiurkan, pasti juga terdapat beberapa resiko tersembunyi di dalamnya. Resiko tersebut bisa saja muncul apabila pemilik tidak bisa me-manage bisnis ini dengan teliti.

 

Langsung saja tanpa perlu berlama-lama, apa saja sih resiko tersembunyi dari bisnis rental mobil? Tentu pernah dengar istilah, ‘high risk high return’ dalam sebuah investasi. Begitu pula dengan bisnis. Sebuah profit yang bisa didapatkan dari bisnis rental mobil sejatinya berbanding lurus dengan resiko tersembunyi yang selalu menghantui setiap hari lho. Namun semua resiko tersebut sejatinya bisa kalian hindari bahkan kalian kurangi kadarnya, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Maka dari itu jangan takut untuk berbisnis dan langsung saja kita simak satu persatu pada artikel di bawah ini.

 

Rival Bisnis

Pada jaman sekarang ini kita tidak bisa menyangkal bahwa semakin membludaknya pegiat bisnis rental mobil, dari kalangan anak muda bahkan sampai para profesional pun menggeluti bisnis yang satu ini. Rivalitas bisnis rental mobil tidak hanya terjadi di kota-kota besar seperti daerah sekitar dealer Auto2000 Soekarno Hatta Bandung saja, bahkan sampai pelosok daerah sekalipun akan banyak kalian temui hal seperti ini.

Lalu apa imbasnya dari rivalitas bisnis rental mobil dalam satu daerah atau circle? Yak, hal yang paling riskan adalah persaingan harga. Lalu bagaimana solusi untuk problematika bisnis yang demikian? Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar terhindar dari gulung tikar akibat rivalitas bisnis yang tidak sehat.

  • Berikan Pelayanan Prima dan Beda daripada Rental Mobil Lain

Inilah senjata paling jitu yang bisa kalian lakukan untuk melawan rivalitas bisnis rental mobil dalam satu circle daerah kalian. Kalian bisa memberikan pelayanan yang berbeda, sebagai contoh seperti salah satu rental mobil di sekitar dealer Auto2000 Soekarno Hatta Bandung yang sudah menerapkan sistem antar jemput. Dengan sistem antar jemput, customer hanya perlu menunggu di rumah mereka, dan tentu kalian juga bisa mengetahui domisili customer untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Promosi di berbagai Media Sosial

Lakukanlah promosi mati-matian di berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, LINE atau bahkan kalian bisa membuat Website Rental Mobil kalian sendiri.

  • Jangan Ikut Perang Harga

Inilah kebanyakan kesalahan pelaku rental mobil pemula. Jangan pernah ikutan untuk melakukan banting harga, karena hal tersebut berdampak luas dan berkepanjangan terhadap bisnis kalian.

  • Bangun Kerjasama dengan Sang Rival

Inilah yang disebut dengan “Mengalah Untuk Menang”. Daripada kalian membangun rivalitas dalam satu circle, akan lebih baik jika kalian membangun sebuah kerjasama dalam mencari customer dan mengisi kekosongan masing-masing rental mobil. Dengan demikian semua akan mendapatkan rejeki.

Resiko Kehilangan Unit Kendaraan

Inilah resiko yang paling ditakuti oleh sebagian besar pemilik rental mobil, bahwasanya mereka harus merelakan unit nya dibawa kabur oleh customer bejat. Seperti yang kalian tahu, bahwa di Indonesia akhir-akhir ini makin gencar penggelapan mobil rental. Namun jangan takut, hal ini bisa kalian siasati dan cegah dengan beberapa hal berikut ini :

  • Memasang Perangkat GPS

Hal pertama yang wajib bagi setiap pelaku rental mobil adalah memasang perangkat GPS pada setiap unit kendaraan. Dengan terpasangnya GPS, kalian bisa memantau kemana arah dan lokasi terkini dari unit yang kalian sewakan. Nah, untuk hal yang satu ini kalian bisa meminta tolong pada petugas yang ada di dealer Auto2000 Soekarno Hatta Bandung. Kalian bisa request perangkat sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian.

  • Verified Customer

Pastikan kalian menyewakan unit kendaraan kepada customer yang benar-benar kalian ketahui asal usulnya dengan jelas. Kalau perlu kalian terapkan sistem antar jemput. Pastikan alamat yang tertera pada kartu identitas (KTP, SIM) sesuai dengan alamat tujuan kalian mengantarkan unit kendaraan.

Beberapa perusahaan rental mobil di kawasan Bandung khususnya daerah sekitar dealer Auto2000 Soekarno Hatta Bandung bahkan sudah menerapkan sistem Verified Member Card untuk customer loyal mereka, mungkin ini juga bisa kalian terapkan juga.

  • Syarat dan Ketentuan Rental

Inilah yang sering lalai diterapkan oleh pemilik rental mobil. Angan-angan kejar setoran, eh mobil dibawa kabur. Beberapa syarat dan ketentuan sewa mobil haruslah terpenuhi oleh customer, seperti jumlah dokumen wajib dan persyaratan sistem lepas kunci.

Resiko Kecelakaan oleh Customer

Resiko ini juga sering menghantui para pemilik rental mobil di berbagai daerah khususnya di kota-kota besar seperti di sekitar dealer Auto2000 Soekarno Hatta Bandung. Namanya juga musibah, siapa yang bisa memprediksikan itu akan terjadi bukan? Namun bagaimanapun kalian harus bisa meminimalisir akan terjadi hal tersebut. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian terapkan :

  • Cek Rutin Kondisi Unit Kendaraan

Pastikan setiap unit kendaraan yang kalian sewakan selalu dalam kondisi prima. Kalian bisa memastikan kondisi oli, ban, dan lain sebagainya dengan melakukan service rutin setiap bulan di service area dealer Auto2000 Soekarno Hatta Bandung, bagi kalian yang tinggal di sekitar daerah tersebut.

  • Cek SIM Customer

Pastikan customer yang akan membawa unit haruslah memiliki SIM sesuai tipe unit kalian.

  • Sistem Ganti Rugi Kerusakan Unit

Terapkan sistem ganti rugi untuk setiap unit kendaraan yang kalian sewakan. Jangan ragu dan takut untuk memberi informasi perihal sistem ganti rugi kepada customer kalian, dan selalu cek kondisi dan kelengkapan kendaraan sebelum dan sesudah disewakan.