Mengenal Rusa di Taman Rusa PT Pusri

Rusa
Sebelum ‘ngoter’ alias memutari kota untuk sekedar cuci mata dan mungkin mampir cemal cemil cantik, sudah pasti mengisi dompet adalah salah satu hal yang harus disiapkan. Kalo saya pribadi sih sesungguhnya lebih senang ‘cashless’ alias main gesek kartu ke mesin EDC. Tapi ga semua tempat ada mesin EDC atau bisa saja mesinnya bermasalah, so bawa duit tunai jadi agak wajib hukumnya (buat si Bojo *ehehehe*). Mengisi dompet melalui tarik tunai ATM sudah pasti lazim dilakukan, begitu pula di saya dan Bojo. Tempat favorit tarik tunai sebelum berpergian adalah ATM Center di Komplek PT Pusri Palembang. Alasannya selain dekat rumah, sudah pasti karena lengkap ATM nya. Alasan lain lagi adalah bisa sambil melihat rusa di penangkaran rusa PT Pusri dekat area ATM Center. Pengenalan alam dan hewan secara sederhana untuk si bayi.

 

Rusa

Sebagai bentuk kepedulian PT Pusri terhadap keanekaragaman hayati, PT Pusri Palembang ikut serta melestarikan fauna. Sejak tahun 2008, penangkaran rusa dibangun di lingkungan komplek PT Pupuk Sriwidjaja Palembang. Rusa-rusa ini didatangkan dari penangkaran satwa di Cisarua Bogor. Terdapat dua jenis rusa, yaitu Rusa Tutul dan Rusa Sambar.
Rusa totol atau Rusa Chital (Axis axis) adalah jenis rusa yang berasal dari India dan Sri Lanka. Binatang yang lucu dan cantik ini didatangkan oleh Thomas Stanford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris, pada tahun 1814 untuk menempati halaman Istana Bogor. Tak heran, rusa totol di PT Pusri ini juga didatangkan dari Bogor, yang menjadikan rusa totol sebagai fauna identitas di kota ini. Sementara itu Rusa sambar atau sambar india (Cervus unicolor syn. Cervus aristotelis) adalah jenis rusa besar yang umum berhabitat di Asia. Spesies yang umum memiliki ciri khas tubuh yang besar dengan warna bulu kecoklatan.

Area penangkaran rusa di PT Pusri cukup luas dengan hamparan rumput hijau, pohon-pohon yang cukup tinggi tumbuhnya dan di kejauhan ada kubah burung yang berdiri kokoh. Kadang ketika kita datang, rusa sedang santai ‘ndelosor’ dengan selonya. Tapi ada pula rusa yang mendekat ke pagar pembatas seperti ‘minta jatah makan’. Sebenarnya, ada peringatan untuk pengunjung agar tidak memberi makan rusa karena PT Pusri tentunya telah memiliki tim khusus yang bertugas mengelola penangkaran rusa ini agar kesehatan rusa-rusa tetap terjaga. Namun, namanya juga minim pengawasan, ya kadang masih ada saja pengunjung ya memang membawa sayuran seperti kangkung dan wortel untuk diberikan ke rusa yang mendekat. Aktivitas memberi makan rusa sudah pasti menjadi aktivitas yang disenangi oleh anak-anak karena cukup seru melihat hewan mendekat dan mau mengambil makanan yang diberikan. Jadi sebenarnya wajar saja kalau orang tua membawa makanan agar anaknya memberi makan rusa.
Penangkaran Rusa Pusri
Mampir di ATM pun menjadi istimewa karena sembari menunggu Brojo mengisi ulang dompetnya, saya sama Bayi bisa melihat banyak rusa beraktivitas di penangkaran rusa Komplek PT Pusri. Waktu terbaik berkunjung adalah di pagi hari (pukul 06.00 – 09.00) atau sore hari (pukul 16.00 – 18.00) karena matahari tidak terlalu terik dan panas juga tidak terlalu menyengat.

Sumber tulisan :

  • Pengalaman pribadi
  • http://www.pusri.co.id/ina/berita-amp-kegiatan-berita-terkini/pusri-lestarikan-satwa-melalui-penangkaran-rusa/
  • https://alamendah.org/2010/06/12/rusa-totol-bukan-asli-indonesia/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Rusa_sambar

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)