Mengenal Kepintaran si Kecil di Smart Treasure Hunt Palembang

“Hai, gimana kabar si Kecil? Sudah bisa apa aja?”

Pertanyaan seperti itu sering sekali datang sejak jadi orang tua. Bukan kabar kita lagi yang ditanya, tapi malah kabar, anakku Mahira. Sedih sih, tapi, itu tandanya kita diingatkan oleh orang lain tentang tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk mendidik generasi yang lebih baik. Pernah kesal ditanya begitu? Pernah juga, kalau yang nanya justru ngasih ceramah kalau Mahira itu seharusnya sudah bisa melakukan hal-hal dari A-Z. Ih, si Kecil kan pintarnya beda-beda, itu batin saya.

Kenapa saya bisa ngomong kepintaran si Kecil beda-beda? Soalnya, sebagai orang tua baru, saya dan pasangan tentu mencari-cari informasi tentang tumbuh kembang Mahira, mulai dari membaca buku, konsultasi dengan dokter spesialis anak, bergabung dalam komunitas, serta tentu saja di jaman yang canggih ini mencari informasi dari website yang secara khusus membahas tentang ilmu parenting, salah satunya adalah Parenting Club melalui https://www.parentingclub.co.id/ .

Hasil Smart Strength Finder-nya Mahira

Melalui web Parenting Club , saya terbantu sekali untuk mengenali kepintaran Mahira melalui Smart Strength Finder Tool. Smart Strength Finder adalah feature yang di sediakan Parenting Club untuk mencari tahu kepintaran si Kecil. Mam atau Pap bisa memilih jawaban yang sesuai dengan kondisi si Kecil. Untuk Mahira, hasilnya memang seperti dugaan saya, kalau Mahira saat ini memiliki kecenderungan ke arah Word Smart, Body Smart, dan Music Smart. Dari feature ini saya baru tahu, kalau kepintaran itu dapat dikelompokkan menjadi 8 (delapan), yaitu :

  • Word Smart

Kepintaran terkait dengan kemampuan kognitif yang ditandai dengan aktivitas suka membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan cerita,

  • Number Smart

Kepintaran si Kecil yang ditandai dengan ketertarikan pada angka, sains, matematika, logika, pertanyaan kenapa seperti “kenapa hujan turun?”

  • Picture Smart

Kepintaran terkait dengan kemampuan kognitif seperti aktivitas suka menggambar, berimajinasi, bermain balok untuk membangun sesuatu, dan seni.

  • Music Smart

Kepintaran si Kecil yang ditandai dengan kegemaran menyanyi, mengikuti irama, menggoyangkan badan, bermain alat musik, mendengarkan serta mengingat lagu-lagu

  • Body Smart

Kepintaran yang berhubungan dengan kemampuan fisik seperti berolah raga, menari, menyentuh benda dengan tangan dan mempelajarinya, atau mengerjakan sesuatu dengan tangannya.

  • Nature Smart

Kepintaran si Kecil yang berhubungan dengan kegemaran berada di alam, menyukai binatang, tanaman, bahkan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan

  • Self Smart

Kepintaran si Kecil untuk memiliki hobi, memilih bermain sendiri, punya rasa percaya diri, serta mampu mengomunikasikan apa yang dimau.

  • People Smart

Kepintaran terkait kemampuan social seperti suka bermain bersama teman-temannya, memiliki empati, suka memimpin, dan bisa memahami perasaan orang lain.

***

Beruntungnya, tepat di Hari Anak Nasional, 23 Juli 2017, Parenting Club  berkunjung ke Palembang dalam acara Smart Treasure Hunt. Melalui acara ini Parenting Club mengajak Mam & Pap untuk mendukung sinergi kepintaran si Kecil. Acara dilaksanakan di Ballroom 1 & 2 Hotel Novotel Palembang sejak pukul 10.00 sampai dengan 12.30. Saya dan Mahira saking antusiasnya sudah datang sejak pukul 08.00 dan ternyata sudah banyak Mam, Pap, dan si Kecil lainnya yang sudah datang di area Ballroom Hotel Novotel.

Registrasi untuk mengikuti rangkaian acara Smart Treasure Hunt dibuka pada pukul 09.00. Sembari menunggu, si Kecil dapat diajak beraktivitas di luar tempat acara seperti :

  1. Berfoto di booth yang melambangkan sinergi Akal, Fisik, dan Sosial. Fotonya bisa langsung dicetak loh
  2. Mewarnai hewan laut yang nanti hewannya bisa muncul di layar. Si Kecil dapat mewarnai kertas bergambar hewan laut seperti ikan, penyu, kuda laut, dengan oil pastels, setelah itu kertasnya di scan dan hasil hewan yang telah diwarnai akan muncul di layar.
  3. Bermain stimulasi kinestetik dengan Xbox dengan sensor Kinect. Jadi akan ada permainan seperti sepak bola, bowling, atau menangkap penjahat, lalu si Kecil bersama Mam & Pap dapat memposisikan diri untuk menendang, menggelindingkan bola, atau menendang penjahat.

Tepat pada pukul 09.00, registrasi event Smart Treasure Hunt dimulai. Saat registrasi diberikan snack, rompi berwarna coklat dan gelang berwarna. Mahira dapat gelang berwarna hijau dan saya melihat ada si Kecil lainnya yang mendapat gelang berwarna merah, biru, dan emas. Wah, jadi penasaran, kenapa dibedakan ya warna gelangnya? Sambil menunggu acara dimulai, Mahira makan snack dulu. Isi tenaga sebelum seru-seruan di event Smart Treasure Hunt.

15 menit menuju pukul 10.00, Mam & Pap bersama si Kecil sudah mulai memadati area depan pintu Ballroom. Di dekat pintu, terdapat tim acara yang memegang bendera berwarna hijau, merah, biru, dan emas, yang mencoba mengatur barisan peserta sesuai dengan warna gelang yang tadi diberikan.

JREEEENG JREEEENG

Pintu utama ballroom dibuka tepat pada pukul 10.00 dengan suara musik yang menyenangkan. Si Kecil dengan gelang berwarna sama dipandu oleh seseorang dari tim acara. Kali ini tim dengan gelang berwarna hijau duluan masuk dan diarahkan untuk duduk di karpet dengan warna senada yang di atasnya sudah ada bantal berwarna emas tersusun rapi. Satu per satu tim dengan gelang warna lain mulai memasuki arena acara. Musik jingle Parenting Club mengalun menambah suasana riang.

MC pun naik ke atas panggung dan membuka acara dengan mengajak si Kecil bernyanyi dan bermain. Acara dilanjutkan oleh perwakilan dari Parenting Club  yang mengenalkan tentang Parenting Club  dan mengajak Mam & Pap untuk mengoptimalkan 8 jenis kepintaran dengan memberikan nutrisi yang tepat serta stimulasi yang konsisten agar sinergi akal, fisik, dan sosial si Kecil dapat dibangun dengan baik.

Sinergi Akal, Fisik, dan Sosial Itu Apa Sih?

Kali ini dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH, seorang dokter anak yang juga ahli tumbuh kembang akan memberikan seminar mengenai tumbuh kembang dan sinergi kepintaran si Kecil. dr. Bernie mengawali dengan menjelaskan tentang otak anak yang pada rentang usia 0 bulan sampai 5 tahun mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan dikenal dengan masa emas (The Golden Age). Masa emas itu adalah masa penting dalam fase pertumbuhan manusia terutama fase tumbuh kembang anak karena otak manusia berkembang pesat dan kritis dan terjadi hanya satu kali, bahkan pada fase ini, seorang anak mampu menyerap informasi sebanyak 100%. Wow, hebat banget ya.

Pertumbuhan didefinisikan sebagai bertambahnya jumlah dan ukuran sel tubuh, sementara perkembangan anak adalah kematangan organ tubuh, terutama susunan syaraf pusat. Perkembangan anak meliputi perkembangan fungsi gerak kasar yang meliputi tengkurap, duduk, berjalan, berlari lalu gerak halus seperti meraih benda, memegang menggunakan sendok, menulis, serta perkembangan bahasa dan bicara, kognitif, emosi, personal sosial dan adaptif.

Setiap anak memiliki 8 kepintaran yaitu Word Smart, Number Smart, Picture Smart, dan Music Smart yang erat dengan perkembangan akal ; Body Smart dan Nature Smart yang berhubungan dengan perkembangan fisik; serta Self Smart dan People Smart yang merupakan perkembangan sosial. Kedelapan kepintaran si Kecil, harus distimulasi dengan baik dan benar oleh orang tua, agar sinergi antara perkembangan akal, fisik, dan sosial dapat terbangun.

Bagaimana cara menstimulasi perkembangan akal, fisik, dan sosial?

Di event Smart Treasure Hunt kali ini, Parenting Club Indonesia juga menyediakan booth untuk stimulasi. Setelah seminar oleh dr. Bernie selesai, Mam & Pap beserta si Kecil dipersilahkan memasuki gerbang menuju arena booth stimulation. Masing-masing kelompok dengan warna gelang yang sama diarahkan ke salah satu booth stimulasi. Kriiiiiiiiing, tanda waktu permainan di satu booth stimulasi selesai dan kami bergantian dengan kelompok lain untuk mencoba booth stimulasi lainnya.

Terdapat 4 (empat) area stimulasi yaitu Akal, Fisik, Sosial, dan Sinergi ketiganya.

  • Stimulasi Akal

Di area stimulasi akal, telah disediakan permainan balok susun (brick). Saya mencoba membantu Mahira dalam menyusun balok sembari mengenalkan tentang warna dan angka (menghitung). Setelah balok tersusun, lampu pada balok akan menyala. Permainan di stimulasi akal ini adalah Small Light Brick pertama di Indonesia.

  • Stimulasi Fisik

Kegiatan yang dilakukan pada stimulasi fisik adalah menyusun aneka bentuk berwarna biru untuk menjadi Imagination Playground. Terdapat bola, bentuk balok, lintasan cekung, tabung panjang, bentuk bunga, yang bias disusun oleh anak. Kali ini, selain kepintaran untuk menggunakan anggota tubuh dalam bermain, kreativitas anak juga dilatih.

  • Stimulasi Sosial

Di area stimulasi sosial, telah siap seorang pendongeng yang ditemani tokoh pangeran. si Kecil diminta menyiapkan buku adventure yang dibagikan saat registrasi. Pendongeng pun mulai menceritakan kisah “Petualangan di Hutan Misteri”, daaaaan tiba-tiba pendongeng berhenti bercerita dan meminta si Kecil untuk men-cap buku adventure dengan stempel ekspresi wajah sesuai dengan apa yang diceritakan oleh pendongen. Kegiatan ini bertujuan untuk menstimulasi anak tentang emosi.

  • Stimulasi Sinergi Akal, Fisik, dan Sosial

Kali ini si Kecil diajak untuk menari dan bernyanyi secara bersama-sama lagu yang menjadi jingle #PintarnyaBeda

Satu satu kuatnya anakku

Dua dua juga pintar akalnya

Tiga tiga dekat dengan semua

Satu, dua, tiga, pintarnya memang beda

Kelompok dengan gelang hijau antusias sekali di arena stimulasi sinergi dengan menyerbu panggungnya langsung.

 

KRIIIIIIIIIING, yaaaa, keempat booth stimulasi telah dicoba, saatnya kembali ke area semula untuk berkumpul bersama Mam, Pap, dan si Kecil lainnya yang hari itu kompak mengenakan pakaian berwarna putih. Acara pun ditutup dengan pembagian hadiah untuk pemenang foto terbaik serta foto bersama. Keseruan event Smart Treasure Hunt bareng Parenting Club bisa dilihat di video ini. 

 

Jadi udahan nih, stimulasinya gitu doang?

Stimulasi lain untuk si Kecil tentu dapat dilakukan oleh Mam & Pap masing-masing. Di web Parenting Club, yang dapat di akses di www.parentingclub.co.id terdapat fitur Smart Stimulation yang berisi modul berisikan ide stimulasi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama si Kecil. Mam & Pap dapat memilih modul sesuai usia dan kepintaran yang ingin dipelajari dari 8 Smartness yang ada pada setiap anak.  Ini adalah salah satu contoh aktivitas dari modul Nature Smart untuk anak usia 1-2 tahun yang saya pilih untuk dilakukan bersama Mahira.

Di web Parenting Club, juga terdapat fitur Smart School, berisi informasi sekolah untuk si Kecil, berguna untuk Mam & Pap yang ingin mendukung kepintaran si Kecil melalui sekolah. Banyak pertanyaan tentang si Kecil? Para ahli mulai dari Ahli Parenting, Ahli Ginekolog, Ahli Nutrisi, dan Ahli Pediatrik bersedia menjawab pertanyaan dari Mam & Pap melalui fitur Smart Consultation. Terakhir nih, sering baper karena anak di-judge oleh lingkungan? Baca cerita pengalaman yang menginspirasi dari Mam & Pap lain tentang si Kecil di Smart Stories. Terdapat banyak artikel informatif lain tentang tumbuh kembang, info nutrisi, cara mengasuh, stimulasi, serta kesehatan.

Mau ikutan acara Smart Treasure Hunt juga? Register di Parenting Club agar tidak ketinggalan info event yang diadakan oleh Parenting Club. Oh ya, info-info lain juga bisa didapatkan di Facebook Fanpage Parenting Club . Untuk Smart Treasure Hunt selanjutnya ada di Pekanbaru dan Bali. Ayo Mam & Pap, ikutan seru-seruan sambil belajar bareng bersama Parenting Club.

 

Written by

9 comments / Add your comment below

  1. Serunyaaa…
    Liat update antusiasme Mahira di IG udah happy banget apalagi pas baca komplit ceritanya gini ?
    Semoga banyak event kece gini yaa buat keluarga Indonesia.

Silahkan meninggalkan komentar :)