Knowledge Management (part 3)

Materi masih diambil dari Bahan Ajar dosen KM, Ibu Luciana.

 

Sekarang bakal ngebahas Hubungan Data, Informasi, Pengetahuan (dan Wisdom)

Hubungannya tentu bukan its complicated atau baik-baik saja.

Terdapat beberapa diagram yang ngejelasin hubungan tersebut

image

yang ini susah diartikan, dan hubungan hanya terkait tanda panah aja, artinya knowledge gak bisa dimunculin dari data, hanya dari informasi. begitupun sebaliknya

image

Hubungan data, informasi, knowledge, dan Wisdom (Firestone, 2001)

Kalo hubungannya gini, ini berarti data adalah awal segalanya. merupakan kumpulan sesuatu dalam bentuk mentahan.lalu mengerucut jadi informasi, lalu knowledge, dan wisdom sebagai penentu.

 

imageimage

Kalau ini artinya, knowledge merupakan hasil understanding tertinggi. Dimana setelah kita mendapat data , kita mengerti data tersebut dan dapat dijadikan informasi, selanjutnya dijadikan data. Bisa diliat, Data-data itu kayak sesuatu yang nyebar banget, lalu disambung (understanding relation) biar jadi informasi. Dengan understanding patterns, kita bisa lebih memahami informasi dan kita olah dalam bentuk knowledge. Dan untuk menjadi wisdom, tentu diperlukan prinsip2 tertentu.

image

Data, Information, Knowledge, Wisdom (Liebowitz, 1999)

nah, ini nih selengkapnya hubungan data-informasi-knowledge-wisdom

Data adalah fakta objektif yang diskrit atau punya ciri-ciri tertentu. Secara kualitatif bisa diukur dari Cost, Speed, Capacity, dan kuantitatid dari Timeliness, dll. Data lalu di categoriin, di calculated, di correct-in, di apain lah itu sampe jadi informasi yang gunanya untuk mengubah persepsi orang tentang data yang ada sebelumnya. Informasi bisa diukur dari konektivitas, dan kegunaannya. Informasi bakalan di compare, dll sampe jadi Knowledge yang berupa nilai hasil pengalaman dan dapat diukur dari informative atau evaluative nya knowledge itu. Knowledge yang diukura akan berubah jadi wisdom sebagai action dari knowledge itu sendiri.

Sebenarnya, apa pengertian dari Informasi dan Knowledge itu sendiri? Dapat dilihat dari tabel-tabel berikut :

image

 

image

Dari definisi informasi dan knowledge diatas, dijelaskan secara rinci Tiga karaktersitik yang membedakan  informasi dari knowledge (Nonaka dan Takeuchi, 1995)

1.Knowledge adalah fungsi perspektif, tujuan, atau pendirian tertentu yang dianut oleh individu, dan karenanya berbeda dari informasi, knowledge adalah berkaitan dengan keyakinan dan komitmen;

2.knowledge selalu mengenai beberapa tujuan, yang berarti bahwa knowledge berkenaan dengan tindakan; dan

3.knowledge ialah konteks spesifik dan relational, dan karenanya knowledge adalah berhubungan dengan makna.

 

Pengetahuan sendiri dibagi menjadi Empat tingkat pengetahuan (Quinn dkk.,1999) yaitu :

– Pengetahuan kognitif (know-what): merupakan penguasaan dasar sebuah disiplin yang dicapai melalui pendidikan dan pelatihan.

– Keahlian (know-how): merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan kognitif kedalam pelaksanaan yang efektif dalam dunia nyata yang kompleks.

– Pemahaman sistem (know-why): Pengetahuan mendalam mengenai hubungan sebab akibat yang mendasari prinsip yang diungkapkan dalam instuisi yang terlatih.

– Kreativitas motivasi-diri (care-why?): merupakan keinginan, motivasi, dan kemampuan adaptasi untuk kemungkinkan keberhasilan pembaharuan pengetahuan dalam menghadapi perubahan yang cepat saat ini.

Intinya gini deh, kalo kita mau ngerjain sesuatu, kita harus tau dulu kan apa yg mau kita kerjain (know what) kalo udah tau apa yg mau kita kerjain kita bakal nyari tau gimana sih cara ngerjainnya (know how). Waktu ngerjain tentu bisa aja ada yang gak kita ngerti, bisa dari caranya atau apanya lah atau pada saat ada masalah deh, pasti bingung kan kenapa masalah itu terjadi (know why) trus dari permasalahan yg ada tentunya pengen kita kasih sesuatu yg lebih baik jadinya (care why)

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)