Knowledge Management (part 2)

Materi ini diambil dari Bahan ajar dosen KM saya, ibu Luciana. Dimana saya mencoba memahami dengan cara dan bahasa saya sendiri.

image

Era-era ekonomi berdasarkan perubahan-perubahan pada sumber kekayaan utama (Sumber: Savage, 1996)

Menurut saya, gambar diatas menjelaskan perubahan dalam perekonomian. dimana pada awanya, organisasi feodal hanya mengandalkan sumber kekayaan dari tanah dan tumbuhan. Late Agricurtural – Becocok tanam. Bisa kita liat, jaman dulu, jaman penjajahan, orang lebih mengandalkan cocok tanam, cocok tanam rempah-rempah dsb.

Era perekonomian berkembang menjadi Perubahan antara Late Industrial dan Early Industrial (entah ini gambarnya kebalik ato saya yg salah nangkep). Jadi era kepemilikan pada awalnya bersumber dari buruh-buruh yang diperkerjakan. Acuan kembali ke jaman penjajahan dimana penjajah menyuruh tenaga kerja untuk bekerja dan menghasilkan modal bagi mereka. Lalu kepemilikan berkembang berdasarkan hierarki atau memiliki tingkatan tersendiri berdasarkan capital/modal yang ditanamkan. Ini bisa dilihat dari era munculnya beragam jenis bentuk perekonomian baik koperasi, PT, CV dll.

Selanjutnya, era berganti menjadi Early industrial dengan mengembangkan networking dan knowledge. Inilah era sekarang dimana dalam pembangunan industri akan lebih baik jika dikembangkan knowledge melalui networking sesuai berkembangnya teknologi sekarang.

image

Nah, kalo tabel diatas ngejelasin perbedaan era industri sama knowledge. Era knowledge istilahnya bisa ngebuat sesuatu lebih oke lah. Coba aja liat, yg dulunya kita anggap problem, kini berubah menjadi adanya opportunities, dima artinya era knowledge ini kita dituntut untuk lebih inovatif. Ada pula Risk Avoidance, yang pada awalnya resiko itu dihindari tapi berubah menjadi Risk Tolerance artinya resiko yang ada harus kita toleransi seminimal mungkin.

 

image

Kesimpulan yang dapat diambil adalah pada era industrial kecendurungan lebih mengarah pada aset fisik dan hanya bersumber pada keunggulan operasional untuk mengukur kemajuan usaha tersebut. Sementara itu Untuk era pengetahuan, akan lebih mengarah pada aset non fisik seperti bagaimana mengelola proses bisnis secara lebih efektif, bagaimana penyampaian untuk customer secara lebih baik, bagaimana mengelola usaha lebih baik terkait knowledge yang dimiliki. Untuk memajukan usaha itu sendiri, akan lebih maju jika inovasi yang dilakukan semakin tinggi.

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)