Knowledge Management (part 1)

Berhubung males baca slide walau udah ngeprint padahal besok ujian (dan mata kuliahnya mata kuliah dasar dari TA gw juga), maka dari itu, gw nyoba jelasin mata kuliah ini lewat blog. Sekalian belajar juga kan Open-mouthed smile

Part 1 ini diambil dari materi kuliah Ibu Luciana

image

Gambar apakah ini?

Ini adalah bagan KM (knowledge management menurut Schwartz, 2006

Apa yang bisa kita dapat dari bagan ini?

Menurut saya,

KM terdiri dari beberapa tahapan atau bagian, dimana tahapan itu dimulai dari pendefinisian teori-teori dan filosofi dari para ahli di bidang ini. (dijelaskan pada lingkaran paling dalam). Seperti layaknya ilmu apapun, tentu saja kita harus mengenal dan mengerti konsep awal dari KM itu sendiri. Oleh karena itu, KM dimulai dari tahapan pendefinisian.

Lingkaran kedua, yaitu KM Process menjelaskan bagaimana proses-proses atau aktivitas yang terjadi dalam KM itu sendiri. Aktivitas utama yang terjadi adalah Distribution – menyalurkan, Acquisition – memperoleh , dan Organization – mengorganisir. Aktivitas ini didukung aktivitas lainnya (diantara busur2 lingkaran ada tulisan2) seperti :

1. Antara Distribution dan Acquisition terdapat Disemination, sharing, maintenance, dan reuse. Artinya dalam kegiatan KM itu sendiri terjadi proses pemberian dan penerimaan knowledge. Nah, prose tersebut dapat dihadirkan melalui pemberian knowledge melalui disemination – penyebaran knowledge kepada orang lain melalui (interpretasi saya hal ini bersifat implisit atau tak tampak), sharing – berbagi knowledge (saya pikir ini berupa sharing melalui media seperti komputer, email, dsb dapat juga secara langsung), maintenance – pemeliharaan knowledge oleh pihak pemberi dan penerima, serta Reuse – penggunaan kembali knowledge baik yang dahulu atau yg baru saja dibagikan.

2. Antara Acquisition dan Organization terdapat Creation, Gathering, Discovery, dan Validation. Setelah kita menerima knowledge tentu saja kita harus mengolah knowledge tersebut agar rapi (buku aja disusun biar rapi, termasuk knowledge). Tahapan untuk menyusun knowledge tersebut dapat melalui Creation – mengkreasikan knowledge yang dimiliki, mungkin dalam hal ini memperkaya knowledge dari sumber lainnya. Gathering – menampung knowledge yang ada, Discovery – hampir sama kayak kreasi jadi menemukan knowledge baru lainnya, dan Validation – mengvalidasi knowledge yang telah kita miliki apakah sudah terorganisir dengan baik dan benar sesuai knowledge yang telah kita dapatkan

3. Antara Organization dan Distribution, menjelaskan bagaimana kita mendistribusikan knowledge secara lebih rapi agar memudahkan penerima nantinya .Terdapat Modelling Classification dimana kita mengklasifikasikan dan memodelkan knowledge. dapat kita pecah-pecah lagi knowledge yang kita miliki. Ada pula Calibration Integration dimana kita menyelaraskan knowledge satu sama lain lalu mengintegrasikan dalam satu kesatuan.

Lingkaran ketiga yang berwarna biru, menjelaskan mengenai element Organisasi, sosial, managerial yang digunakan dalam membantu KM itu sendiri. Bisa diliat, ada element berupa trust, transfer, strategy, dll dimana artinya dalam memanage sebuah knowledge terkait dengan proses seperti distribution diperlukan cara transfer dan strategy khusus yang perlu disusun agar penyampaian itu efektif dan efisien. Sementara itu, terdapat pula element lain seperti trust, artinya dalam penyampaiannya, diperlukan rasa saling percaya dan tanpa expektasi negatif terhadap knowledge yang akan diberikan.

Lingkaran paling luar menjelaskan mengenai teknologi yang sesuai dan dapat mendukung adanya KM itu sendiri. Dalam penyampaian knowledge dapat melalui media maupun tidak (secara langsung) oleh karena itu dapat didukung tools seperti networks – internet. Bisa dilihat, dalam penyampaian knowledge berupa berita , tata cara, dapat digunakan media internet untuk mendistribusikan knowledge itu sendiri.

Selain penjelasan KM diatas, disimpulkan juga bahwa

Knowledge Management adalah suatu cara untuk me-manage pengetahuan dalam proses bisnis tertentu sehingga :

–Tersampaikan pada saat yang tepat dan (orang yang tepat)

–Tersedia pada tempat yang tepat

–Hadir dalam bentuk yang benar

–Memenuhi standar kualitas

–Didapatkan dengan biaya yang terjangkau

 

Bisa dilihata bukan betapa pentingnya KM dalam era sekarang?

Written by

1 comment / Add your comment below

Silahkan meninggalkan komentar :)