Kasih Buah Hati Kita Vitamin A Yuk


Berbekal informasi dari Facebook AsiForBaby Sumsel disebutkan bahwa di Bulan Februari dan Agustus adalah Bulan Vitamin A. Pemberian Vitamin A dilakukan di Puskesmas dan Posyandu secara GRATIS

Tau dong reaksi ibu-ibu dengan kata GRATIS…maka bergegaslah saya ke Puskesmas untuk cek benar atau tidaknya informasi ini. Saya ke Puskesmas karena di sekitar rumah tidak ada Posyandu (atau sayanya yang tidak tahu).

Akhirnya, hari Kamis kemarin saya ke Puskesmas Kalidoni, mumpung lagi cuti. Menurut info, Puskesmas bukanya cuma sampai jam 12.00, jadi saya berangkat jam 09.00.

Ternyata, Puskesmas itu ga seburuk yang saya kira. Puskesmas Kalidoni tergolong bersih dan parkirannya juga cukup luas. Masuk area Puskesmas dari belakang. Saya ambil nomor antrian terlebih dahulu, jam 09-an antrian sudah no.50. Waktu dipanggil saya sudah sedia kartu BPJS Kesehatan buat jaga-jaga, ternyata karena Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat I bukan Puskesmas Kalidoni, petugasnya bingung. Lalu saya jelaskan saya mau minta Vitamin A buat bayi dan ternyata langsung disuruh masuk saja ke ruang anak.

Setelah menunggu sebentar saya masuk ke ruang anak, ditanya data diri anak (nama & tanggal lahir) dan data diri orang tua (nama dan alamat tinggal). Setelah dicatat, petugasnya memberikan Vitamin A yang dibungkus plastik untuk dibawa pulang dan diberikan secara mandiri di rumah.

Kapsul biru, untuk Bayi 6-11 bulan

 Ah ibu, kirain dikasih sama ibu di Puskesmas hehehe. 


Setelah sampai di rumah, saya gunting kapsul biru yang diberikan, lalu kasih ke Maheera. Untungnya anaknya mau nelan dan setelah itu plastiknya buat mainan.

 Bulan Vitamin A ?

Jadi, Pemerintah telah mencanangkan bulan Februari dan Agustus sebagai Bulan Vitamin A. Pada bulan tersebut, diberikan Vitamin A dosis tinggi untuk bayi dan balita usia 6-59 bulan. Terdapat 2 jenis vitamin A yaitu Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk balita 12-59 bulan. Penjelasan di gambari dari Kemenkes ini berbeda dengan dari AFB Sumsel, saya ambil penjelasan dari Kemenkes selaku kepanjangan tangan dari pemerintah untuk Bulan Vitamin A ini dengan menyalurkan ke pelayanan kesehatan yaitu Puskesmas dan Posyandu.


Pemberian vitamin A dilakukan berulang setiap 6 bulan (2x setahun) sebagai pencegahan kekurangan Vitamin A dan kebutaan serta penurunan kejadian kesakitan dan kematian pada balita. Seperti pesan yang disampaikan “Mataku Sehat, Tubuhku Kuat karena Kapsul VITAMIN A”.

Vitamin A dan Pentingnya Vitamin A

Jaman sekolah dulu, waktu pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA – duh ketauan jadul), kita belajar tentang beragam jenis zat dalam makanan salah satunya vitamin A. Ingat sekali, selalu dikatakan kalau vitamin A banyak terkandung di bahan makanan yang berwarna jingga atau merah seperti wortel, pepaya, dan tomat. Vitamin A sangat baik untuk mata. Itu yang selalu saya ingat.

Vitamin A merupakan zat gizi penting bagi manusia. Zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh alias harus dipenuhi dari asupan luar (makanan) seperti produk hewani (daging, telur, susu, hati), produk nabati (wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat, dan kacang polong), dan bahan pangan lain (minyak goreng, margarin), serta kapsul vitamin A untuk bayi dan balita.

Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan. Vitamin A juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang mendapat vitamin A, akan lebih kebal apabila terkeda diare, campak, atau penyakit infeksi lain. Lebih kebal bukan berarti tidak mungkin terjangkit ya, tapi bisa saja efeknya tidak terlalu parah sehingga tidak membahayakan jiwa anak. Sudah banyak kasus kematian anak bayi dan balita akibat penyakit infeksi, sehingga dengan pemberian vitamin A ini, diharapkan angka kematian semakin menurun, kelangsungan hidup semakin tinggi, anak semakin sehat, tumbuh dan berkembang.

Nah, dengan beragam manfaat yang ditawarkan, dan tanpa pungutan biaya, ga ada salahnya kan kita meningkatkan kesehatan anak kita dengan memberi Vitamin A dosis tinggi untuk mereka. Yuk ke Posyandu dan Puskesmas terdekat untuk mendapatkan Kapsul Vitamin A. Anak sehat, keluarga bahagia.

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)