Jangan Buruk Sangka ke Puskesmas

Sehubungan dengan adanya pemberian vitamin A di Puskesmas secara gratis (cerita lengkap di postingan ini), akhirnya saya memutuskan mampir ke Puskesmas Kalidoni yang lokasinya paling dekat dari rumah.

Pertama kali ke Puskesmas Kalidoni adalah Agustus/September 2015 saat akan menikah dan minta vaksin Tetanus sebagai syarat. Waktu itu sekitar jam 10-11 siang dan rasanya ramai sekali. Padat. Diantara saya kebingungan dan suasana yang padat saya merasa Puskesmas tersebut cukup gelap.

Awalnya ragu ya ke Puskesmas, tapi waktu nge-share info ada pemberian vitamin A gratis di WA BC June, ternyta ada yang share lebih aman dan terpercaya imunisasi di Puskesmas karena dijamin oleh Pemerintah (pelayanan publik gitu).

Lumayan banyak yang nunggu

1,5 tahun berlalu, saya mampir lagi kesana dan merasa suasananya berbeda. Mungkin karena saat itu pengunjung tidak terlalu ramai ya. Area parkir cukup luas dipenuhi 5-6 mobil dan beberapa belas atau dua puluhan motor. Terdapat bangunan kecil (mungkin untuk kantor pimpinan puskesmas) dan bangunan agak besar yang digunakan untuk area pelayanan. Di area seperti teras bangunan pelayanan terdapat tempat duduk untuk ruang tunggu , banner, dan papan pengumuman. Di area tunggu ini sepertinya diperuntukkan untuk orang yang menunggu antrian pendaftaran.

Tarif dan Jenis Layanan

Area di dalam bangunan adalah area pendaftaran, ruang tunggu yang luas dan terbuka, ruang tindakan (ada 4-5, salah satunya adalah ruang asi untuk konsultasi menyusui), ruang pengambilan obat, serta toilet.


Suasana ruangan dicat biru sehingga terlihat cerah dan dilengkapi televisi yang menampilkan gerakan senam atau pesan kesehatan. 

Di setiap ruangan terdapat petunjuk nama ruanhan dan petugas dalam ruangan tersebut (beserta foto). Untuk ruang anak, timbangannya memang masih manual (katanya petunjuk WHO – dapat dari grup BC – adalah nimbang dengan timbangan manual, eh saya kroscek belum nemu justifikasiya nih)


Dilihat dari kerapian dan adanya piala, kayaknya Puskesmas ini memang sudah siap dan apik untuk memberikan pelayanan ke masyarakat. Kelengkapan sarana dan prasarana mendukung, suasana nyaman, petugas ramah dan informatif. Semoga berikutnya semakin bagus lagi.

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)