Ikuti 6 Tips Simple Ini Agar Foto Terlihat Kece Di Instagram Hanya Dengan Kamera Smartphone!

Sering banget kan ya, ketika kita membuka dan melihat foto atau gambar di Instagram para influencer itu bikin kita ingin memiliki foto – foto keren seperti mereka. Kadang selalu ada pikiran kalau foto keren selalu berasal dari kamera keren. Tapi ]tahu nggak sih, untuk mendapatkan foto terbaik, kita gak selalu perlu pakai kamera DSLR loh. Dengan hanya bermodalkan smartphone, kita juga bisa menghasilkan foto – foto keren di feed Instagram.

Sumber : Shopee

Nah, kali ini kita akan coba berbagi tips buat kamu agar bisa memfoto dengan hasil yang keren dan kece. Jadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar fotomu terlihat kece dan keren dengan hanya menggunakan smartphone guys! Untuk itu langsung saja yuk, kita simak tips – tips simplenya berikut ini:

 

  1. Kenali Kelebihan Smartphone

Sebelum kamu berfoto, ada baiknya kamu perlu tahu Smartphone yang akan digunakan seperti fitur kameranya. Nah, sekarang ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera canggih dengan fitur terbaiknya seperti ponsel dari Oppo F9, Samsung Galaxy Note 9, Honor 8x, Honor 9i dan masih banyak lainnya.

Biasanya smartphone dengan kamera canggih tersebut sudah memiliki fitur efek bokeh dan dual camera, jadi kamu bisa memanfaatkan fitur terbaiknya untuk mengambil fotomu atau objek yang akan difoto. Jangan lupa juga aktifkan gridlines atau garis bantu yang bisa kita atur di pengaturan kameranya.

Selain itu kamu juga perlu menggunakan kamera smartphone dengan resolusi yang besar agar foto terlihat lebih hidup dan bagus. Pastikan juga kamera ponselmu bersih dan tidak ada kotoran yang menempel. Kadang, ada baiknya loh untuk tidak menggunakan flash pada handphone. Jadi cari settingan terbaiknya aja yah!

 

  1. Memanfaatkan Fitur Refocus

 

Salah satu teknologi fitur kamera handphone yang perlu kitasadari adalah fitur refocus-nya. Bukan hanya untuk kecepatan dalam membidik objek, fitur refocus yang ada pada ponsel juga dapat membantu untuk membuat foto yang lebih hidup dan bagus.

Dengan memakai fitur ini kita dapat menghasilkan efek foto bokeh seperti yang ada pada kamera DSLR lho. Kita hanya tinggal membidik kamera ponsel ke objek yang kamu inginkan dengan fokus, lalu untuk latar objeknya kamu buat tidak fokus. Setelah itu lihat hasilnya, akan didapatkan efek blur atau bokeh yang menakjubkan! Feed Instagram mu jadi berkelas seperti para selebgram hanya dengan kamera smartphone dengan kualitas yang tidak kalah dari kamera DSLR.

  1. Pencahayaan

 Agar fotomu terlihat lebih natural, cobalah untuk memanfaatkan sumber pencahayaan. Cahaya adalah salah satu faktor penting dalam menghasilkan kualitas foto yang baik juga. Selain memanfaatkan sumber cahaya ke objek, kita juga bisa membidik objek yang di foto ke arah sumber cahayanya sendiri.

 

  1. Hindari Menggunakan Zoom

Nah, untuk yang satu ini hindarilah menggunakan fitur zoom jika kamu sedang memotret di tempat cahaya yang minim. Sebab zoom akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan sehingga membuat foto terlihat tidak tajam dan kurang detail. So, lebih baik usahakan agar kamu mengatur jarak yang tidak terlalu jauh dari objek yang akan kamu bidik.

 

  1. Manfaatkan Fitur High Range (HDR)

Fitur HDR ini merupakan salah satu fitur penolong untuk mendapatkan foto yang kece dan keren dalam suasana minim cahaya. Sebab fitur ini memiliki fungsi untuk menyesuaikan suasana dalam kondisi terang atau gelap kamera ponsel. Dengan memanfaatkan fitur HDR, maka hasil jepretan akan memiliki citra pencahayaan yang lebih baik.

 

Baca juga : [30 Day Blog Challenge] #5 : Mengelola Akun Sosial Media Anak
  1. Menggunakan Aplikasi Edit Foto Sesuai Keperluanmu

Kemudian untuk pilihan terakhir agar hasil jepretanmu terlihat sempurna, gunakanlah aplikasi edit foto untuk menyempurnakan bagian – bagian yang kurang dari hasil jepretan.

Biasanya smartphone memiliki fitur aplikasi edit foto bawaan yang cukup menarik, namun jika kita merasa kurang puas dengan aplikasi edit bawaan, kita juga bisa download aplikasi secara gratis. Ada banyak aplikasi edit foto yang mudah digunakan.

Kita harus cermat dan pintar dalam memanfaatkan fitur aplikasi edit foto baik itu dari exposurenya, sharpen, contrast ataupun crop. Namun, jika kita gagal dalam mengedit, hasil foto juga  bisa jadi malah gak bagus atau gak karuan. Semakin sedikit foto yang kamu edit, bisa jadi kualitas fotomu semakin bagus.

 

Nah, sekarang kita pasti sudah tahu gimana caranya agar foto terlihat kece dan keren di instagram. Selamat mencoba ya!

 

 

You may also like

2 Comments

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)