From Fat To Fit di 20 Fit

20fit palembang

Setelah ada temen di grup BirthClub June 2016 yang sedang menjalani program Fat to Fit, saya jadi terinspirasi juga untuk membakar lemak-lemak yang menggelambir di badan ini. Emang sih, beberapa orang bilang saya lebih terlihat sehat dan segar dengan ukuran badan segini (kalau dibandingkan dengan jaman sekolah atau kuliah yang cungkring kurus kering). Tapi saya merasa ini lemak kok gelember-gelember ga karuan bikin gemes deh pingin dibakar. Sebenarnya sudah lama ngga berani nimbang juga dan pingin olahraga tapi kok ya susah, pingin diet tapi yo gagal maning gagal maning.
Akhirnya saya mencoba datang ke 20Fit di Palembang, yang akhirnya buka juga. Ya, buka juga setelah akhir tahun lalu saya sekilas lihat ada tempat dengan logo 20Fit di area Dempo.

20FIT??? 
Itu loh, tempat olahraga yang ngehits di Social Media (khususnya Instagram dan Path yang sering saya lihat). Tempat itu punya Andien dan Bams ex-Samsons yang sudah beberapa kali masuk talkshow seperti Hitam Putih atau talkshow di Net.TV. Beberapa public figure juga sudah nyoba, teman-teman saya di Jakarta banyak yang sudah coba dan share di sosmed, dan banyak komen juga kalau olah raga disana enak. Sekilas hasil pengamatan saya, kayak kita dipakaikan baju khusus lalu disambungkan ke suatu alat dan melakukan gerakan-gerakan simple selama 20 menit, tapi bisa bikin merasa seperti berolahraga 2 jam.

Ada di Palembang?

Iya, 20FIT sudah buka di Palembang sejak awal tahun ini. 20Fit di Palembang tepatnya berada di Jl. H.M Rasyad Namawi 64F, 9 Ilir, Ilir Timur II. Area luar gym ini dicat dengan warna hitam. Di lantai 1, terdapat area administrasi & kasir, dan tempat duduk-duduk. Area lantai 2 adalah area untuk latihan.

Free Trial….
Ternyata, 20Fit memberikan kesempatan Free Trial untuk saya dan suami setelah mendaftar online. Kebetulan saya daftar duluan, tapi waktu dihubungi saya ga ngangkat karena saya pikir akan dihubungi oleh nomer telpon dengan kode Palembang, padahal yang menghubungi adalah nomer telepon kode area Jakarta. Jelas saya jarang angkat, karena sering diganggu asuransi jadi agak trauma. Jadilah saya mendaftarkan suami, dan dia yang mencoba duluan. Setelah itu, ada campaign #SehatBerdua, lalu free trial masih ada, akhirnya saya daftar lagi, dan baru minggu kemarin saya dihubungi via whatsapp, bikin jadwal, dapat email konfirmasi, di-reminder kalau ada jadwal, dan akhirnya saya mencoba free trial yang beneran free ( Soalnya pas datang untuk registrasi saya lihat pricelist kalau First Trial itu 190K IDR alias Rp 190.000,-. Lumayan kan buat emak-emak macam saya, bisa belanja di pasar banyak itu ehehe.

Ketika datang pertama kali, kita diminta untuk mengisi data diri (isian standar sih : nama, ktp, alamat, no. hp, emergency contact, email, dan kuesioner singkat tentang olahraga yang biasa kita lakukan), serta ada surat pernyataan bahwa kita tidak memiliki penyakit tertentu dan menandatangani surat pernyataan itu agar bisa latihan di 20Fit.

Setelah urusan administrasi selesai, kita akan diberikan satu set baju dan celana khusus, handuk besar untuk mandi, handuk kecil untuk latihan, dan air mineral botol kecil. Kita masuk ke ruang ganti di lantai 2. Ruang ganti untuk pria dan wanita terpisah ya pastinya, walau dari luar terlihat bentuknya sama. Isi ruang ganti ada 2 area bilas lengkap dengan shampoo dan sabun, lemari untuk tempat pakaian, dan area wastafel dan meja rias lengkap dengan lotion, deodorant, sabun muka. Enak kan, tinggal bawa baju ganti aja sih, gak perlu repot-repot bawa peralatan make-up lain. Apalagi saya yang muka kulit badak ini. Hehe.

20fit palembang

Lanjut…Akhirnya masuklah ke studio latihan dengan lantai ke-kayu-an. Sebelum latihan, timbang berat badan dulu agar tahu berat badan kita, massa otot, body mass index (BMI), dan apa treatment yang harus dilakukan pada tubuh. Selanjutnya, sebelum latihan, kita berubah menjadi robot dulu alias pakai baju khusus untuk dialiri listrik dari banyak kabel-kabel yang terhubung dengan alat Miha Bodytec.

20fit palembang

Pemakaian baju untuk beberapa bagian dibantu juga oleh trainernya. Baju khusus ini agak basah, karena air adalah penghantar listrik yang baik. Setelah siap dengan baju khusus, mulailah distimulasi, alat dengan teknologi EMS (Electro Musle Stimulation) dari Miha Bodytec dinyalakan. Stimulasi bertahap untuk otot paha, bokong, punggung bawah, punggung atas, punggung samping, perut, dan lengan.

20fit palembang

Stimulasi telah selesai, maka mulailah kita pada sesi latihan yang sesungguhnya. Ada beberapa gerakan yang diajarkan salah satu yang saya ingat adalah gerakan squat. Setiap gerakan dilakukan berulang 8 kali dengan jeda waktu 4 detik gerakan dan 4 detik rest / istirahat. Dalam setiap gerakan kadang trainer akan mengatur besarnya resistensi alat EMS Miha Body Tech. Tujuannya, agar usaha kita untuk melakukan gerakan latihan semakin besar. Dengan demikian, kita mengeluarkan tenaga yang besar juga dan tentunya, lebih berkeringat. Hahaha. Setiap sesi 20 menit berlatih di 20Fit setara dengan 1,5 – 2 jam berlatih di gym.

20fit palembang

Berlatih bersama 20Fit dengan teknologi EMS dari Miha Bodytec memiliki bebrapa keuntungan seperti pembentukan otot lebih efektif dan tepat sasaran, aman untuk persendia, semua bagian badan ikut terstimulasi, kalori lebih cepat terbakar, serta mengurangi stress dan meningkatkan hormone kebahagiaan (iya, walaupun latihannya capek, tapi seru, saya bisa sambil senyum-senyum). Yap, tapi tentu tetap agar mendapatkan hasil terbaik perlu latihan yang rutin serta menjaga pola makan. Urusan terakhir ini yang susah, gimana ga susah kalo di kantor isinya makan mulu.

Selesai sesi training, akan mulai memasuki sesi peregangan / pendinginan alias istirahat. Pada sesi ini saya dijelaskan tentang hasil dari pengukuran berat badan di awal yang ternyata …… jeng jeng…… berat badan saya masih di range normal, BMI saya normal, tapi massa otot kurang sedikit dan massa lemak berlebih sedikit. Saya disarankan menaikkan berat badan, tapi menurunkan lemak, artinya mengganti massa lemak saya dengan massa otot dengan makan protein yang lebih banyak. Aha! Padahal saya pingin nurunin berat badan. Mas-mas trainer bilang, kalau latihan trial ini sebenarnya belum berat. Kalau yang serius, nanti sesinya macam-macam dan pakai alat lain seperti gym ball.

20fit palembang

Sebelum latihan selesai, mas-mas bukan trainer menanyakan mau minum apa, teh atau kopi yang memang di dekat studio latihan dan ruang ganti ada area duduk-duduk santai lengkap dengan cemilan biscuit, teh, dan roti. Selesai latihan, dan memanfaatkan ruang ganti untuk bilas, teh dengan madu sudah terhidang di meja. Wih, enak rasanya saat badan capek gitu minum yang hangat-hangat.

Selesai latihan saya sempat mengintip pricelist yang ditawarkan, untuk member Pay as You Go (Per Visit) adalah 490k. Lumayan yah, padahal niatnya saya per visit aja besok-besok. Sementara itu untuk membership program pembayarannya dihitung per week dengan pilihan paket 6 bulan atau 12 bulan dengan asumsi 1 bulan 4x latihan. Kalau sekali latihan range harga 249k atau 290k dan deposit pembayaran dihitung untuk bulan pertama dan bulan terakhir, maka silahkan hitung kira-kira berapa harga latihan di sini. Hehehe.

20fit palembang

Yang jelas, latihan di sini beneran bikin capek dan keringatan. Oh ya, sangat disarankan untuk makan dulu sebelum latihan. Catatan tambahan, untuk yang berhijab seperti saya, bawa manset dan legging ya, karena setelan baju yang diberikan pendek-pendek.

 

[UPDATE]

20 Fit di Palembang masih buka. Setelah nyobain free trial sebenernya saya pengen latihan lagi sih. Tapi per kunjungan termasuk lumayan mahal. Jadi member walau ada potongan diskon teteup aja ehmm pikir-pikir dulu.

Dan saya menemukan solusinya di My Fave. Pernah denger Groupon? Itu loh situs deal yang ngasih kita voucher kupon diskon untuk restoran, hotel, aktivitas, dan lainnya. Groupon sudah berubah nama menjadi My Fave dan ternyata ada voucher 2 sesi latihan di 20 Fit (manapun, termasuk Palembang) dengan harga yang lebih murah. Setelah kita transaksi di MyFave, kita bisa booking langsung via Whatsapp ke 20 Fit Palembang (0822-1150-3737). Oh iya, voucher 2 kali sesi My Fave ini berlaku untuk 14 hari.

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)