[FMB 9] Diskusi Bersama Menkominfo : Progres & Kesiapan Asian Games 2018

Eh, udah pada tahu belum sih kalau Indonesia bakal ngadain gelaran besar tahun ini?

Pada tahun 2018 ini, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara event Asian Games ke-18. Event olah raga terbesar se-Asia tersebut akan dipusatkan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Asian Games 2018 akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Agustus 2018 dengan opening ceremony yang dilakukan di Jakarta.

Tak terasa, sudah mendekati penyelanggaraannya. Sampai tanggal 7 Juli 2018, sisa waktu persiapan tinggal 42 hari lagi. Sebagai warga Palembang, saya cukup deg-degan dengan progress dan kesiapan Palembang sebagai salah satu tuan rumah. Palembang sudah memiliki komplek olah raga khusus yaitu Jakabaring Sport City (JSC). Tambahan lainnya adalah pembangunan Light Rail Transit (LRT) dari Bandara Soekarno Hatta menuju JSC untuk memudahkan mobilitas atlet saat datang ke Palembang menuju tempat menginap sekaligus bertanding. Namun tetap saja, saya masih belum tahu pasti bagaimana Pemerintah Daerah Palembang dan Sumatera Selatan untuk melaksanakan Asian Games 2018.

Lalu bagaimana kesiapan Jakarta yang juga menjadi tuan rumah? Bagaimana progress dan kesiapan secara keseluruhan untuk pelaksanaan Asian Games 2018 ini?

Sabtu, 7 Juli 2018 ini saya berkesempatan untuk mengikuti Forum Merdeka Barat (FMB) 9. Forum rutin yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk membahas isu strategis kali ini mampir di kota Palembang dengan topik “Progres dan Kesiapan Asian Games 2018”. Bertempat di Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang, Bapak Rudiantara selaku Menteri Kominfo RI hadir sebagai narasumber bersama Bapak Alex Noerdin (Gubernur Sumatera Selatan), Bapak Bambang Prihartono (Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek), dan Bapak Panji Choesin (Direktur IT INASGOC).

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Pemaparan pertama dilakukan oleh Bapak Alex Noerdin. Beliau mengungkapkan adanya perbedaan utama dalam penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang adalah kemudahan mobilitas untuk para atlet mengingat para atlet akan berkumpul di Wisma Atlet JSC. Saya sempat melihat isi Wisma Atlet dan rasanya cukup nyaman mirip hotel bintang 2 atau 3. Belum lagi adanya fasilitas lain seperti drugstore, cafeteria, dan tentunya main dining hall. Dengan adanya JSC yang menyediakan fasilitas menginap sekaligus venue bertanding bagi para atlet, atlet tidak akan lelah dalam perjalanan venue karena cukup membutuhkan waktu 1-10 menit dengan berjalan kaki. Kalaupun peralatan olah raga yang dibawa cukup banyak, disediakan pula golf car untuk transportasi di dalam Komplek JSC.

Selain Komplek JSC, Pemerintah Daerah Sumatera Selatan juga mengejar pembangunan LRT dan jalan tol yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Juli 2018 mendatang. Sementara itu, pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah telah diselesaikan beberapa waktu lalu. Tentunya, dengan adanya sarana dan prasarana ini, Sumatera Selatan (Palembang khususnya) telah siap menjadi tuan rumah. Apalagi, dengan pengalaman beberapa event olah raga lain yang pernah dilaksanakan di Palembang (seperti PON 2004, SEA GAMES 2011, Islamic Solidarity Games, dll), masyarakat pun siap menyambut dan mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang.

Bapak Rudiantara menjelaskan tentang kesiapan fasilitas, khususnya terkait teknologi informasi selama Asian Games 2018. Tentunya fasilitas tak hanya saat pertandingan, tetapi juga saat pembukaan dan penutupan event tersebut harus menjadi perhatian. Para operator telekomunikasi dan internet telah menyiapkan jaringan dalam mendukung event ini, apalagi beberapa venue juga terletak tak di pusat kota, seperti venue MTB di Subang, Jawa Barat. Wi-Fi gratis tanpa register akan diberikan saat opening ceremony sehingga public dapat menggunakan secara cepat. Selain itu, di Jakarta akan ada pula uji coba jaringan 5G dan mobil tanpa awak (pengendara). Menjelang penyelenggaraan Asian Games pada bulan depan, finalisasi terhadap fasilitas sedang dilakukan.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Ajakan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games serta atlet-atlet Indonesia yang bertanding juga diserukan oleh Menkominfo. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah pembuatan aplikasi Duta Suporter. Mas Enda Nasution dari Suvarna.ID selaku partner Kemkominfo yang juga pembuat aplikasi menjelaskan secara rinci tentang aplikasi Duta Suporter Indonesia sekaligus soft launching aplikasi ini. Aplikasi Duta Suporter Indonesia kini bisa diunduh langsung di PlayStore dan kita bisa segera registrasi. Nantinya, akan ada kuis-kuis setiap hari dan berita terkait Asian Games. Sementara itu, aplikasi ini juga akan menjaring 68 orang yang aktif dan berminat menjadi duta supporter Indonesia dari 34 provinsi. Para duta tersebut berkesempatan menyaksikan opening dan closing ceremony Asian Games 2018 dengan gratis.

Jika Palembang memiliki komplek olah raga, Jakarta sebagai tuan rumah memiliki venue yang cukup beragam dan tidak berada dalam satu lokasi dengan tempat atlet menginap. Hal tersebut tentu menjadi momok tersendiri mengingat kita tentu tahu bagaimana macetnya Jakarta. Sementara itu, standar waktu mobilitas atlet dari tempat menginap ke venue maupun sebaliknya tidak boleh melebihi 30 menit. Bapak Bambang Prihartono hadir sebagai pembicara terkait kebijakan manajemen lalu lintas yang akan diterapkan di Jakarta selama Asian Games 2018.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Kemenhub merilis adanya tiga paket kebijakan lalu lintas selama Asian Games 2018, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Ketiga paket kebijakan tersebut adalah manajemen rekayasa lalu lintas salah satunya melalui aturan ganjil genap di beberapa ruas utama jalan (tak hanya jalan tol), penyediaan angkutan umum untuk masyarakat dan suporter, serta pengaturan angkutan barang. Diharapkan, adanya event ini menjadi momentum untuk memperbaiki lalu lintas di Jakarta dan sekitarnya. Oh iya, infonya angkutan umum akan digratiskan, semoga ini tak berlaku di Jakarta saja tapi di Palembang juga, syukur-syukur kalau LRT gratis dulu hehehe.

Sebagai penutup pemaparan, Bapak Panji Choesin selaku Direktur IT INASGOC menjelaskan tentang kesiapan infrastruktur TI yang dibangun untuk mendukung Asian Games 2018. Dengan infrastruktur yang canggih, Bapak Panji yakin persiapan dan pelaksanaan event Asian Games 2018 dapat berjalan lancar dan atlet maupun media akan nyaman. Sebuah ajakan dari Bapak Panji adalah untuk mendukung pelaksanaan event ini tanpa batas, apalagi event besar ini tentu menjadikan Indonesia sebagai perhatian dunia.

Dengan mengikuti acara ini, saya menjadi lebih yakin akan kesiapan pemerintah dalam menyambut pelaksanaan Asian Games 2018. Tentunya, doa terbaik untuk para atlet Indonesia dan kita bisa menjadi juara di semua cabang olah raga yang dipertandingkan serta pelaksanaan event ini bisa berjalan lancar.

Kegiatan Forum Merdeka Barat (FMB) 9 lainnya juga dapat dilihat melalui

website : www.fmb9.id

twitter : FMB9ID

instagram : FMB9.ID

facebook : FMB9.ID

youtube :  FMB9IDhttps://photos.app.goo.gl/8oWRUyou19sqo76Z9

2 Replies to “[FMB 9] Diskusi Bersama Menkominfo : Progres & Kesiapan Asian Games 2018

Silahkan meninggalkan komen :) Aku bakal bw balik....