[Siap-Siap] Berburu Barang Untuk Self Reward Saat Festival Belanja 11.11

Menjelang akhir tahun, biasanya kita suka bikin list, entah itu list pencapaian atas target awal tahun kita atau list apa yang ingin kita lakukan untuk tahun depan. Bener ga?

Sering banget rasanya kita bikin target dari A sampai Z, hal-hal yang ingin kita lakukan tahun depan. Pernah ga target gak tercapai? Jujur aja sih, dulu sering banget aku nulisin target-target tapi lewat begitu aja, karena ga serius dalam ngerjainnya. Mungkin juga karena aku waktu nulisin target ya banyak hal yang ingin aku lakukan tanpa memperhitungkan kesanggupan atau gimana nanti aku ngelakuinnya.

Untuk tahun ini, aku mencoba bikin target sekaligus membuat tantangan dalam diriku sendiri untuk mencapai target tersebut. Menantang diri adalah strategiku untuk mencapai target, selain itu juga tentu ada cara lain yang juga aku lakuin, tergantung targetnya apa.

mencapai target, perlu strategi – sumber : pixabay.com

Salah satu target utama tahun ini adalah menurunkan berat badan 2 kilo dan sebisa mungkin stabil sampai akhir tahun di berat badan tersebut. Susah? Menurutku sih susah. Soalnya, ya aku harus menantang diriku untuk mengubah kebiasaan makan dan mulai berolahraga kembali.

Dalam mengubah kebiasaan makan, aku coba disiplin mengurangi porsi nasi di pagi dan siang hari, menambah porsi makan serat (buah dan sayur), mengurangi minum minuman manis kemasan (seminggu sekali), dan mengurangi jajan atau nyemil di kantor.

Sementara itu untuk urusan olahraga, aku coba membiasakan diri bangun lebih pagi, sit-up dan push-up setelah bangun tidur, seminggu sekali olahraga ‘serius’ entah itu ikutan senam di kantor atau jogging di akhir pekan bersama keluarga.

Sekarang, hampir setahun sudah aku melatih disiplin untuk mengatur pola makan dan rajin olahraga. Rasanya, pengen deh ngasih hadiah ke diri sendiri atas pencapaian ini.

Ngasih Hadiah ke Diri Sendiri, Emang Penting?

Ngasih hadiah diri sendiri bukan berarti kita kesepian atau gak pernah dikasih hadiah sama orang terkasih ya. Cuma, ada perasaan berbeda antara mendapatkan hadiah karena perayaan ulang tahun dengan hadiah karena mencapai sebuah kesuksesan. Mengapresiasi diri sendiri tentu perlu dilakukan. Iya, kalau bukan kita siapa lagi coba?

Self Reward alias mengapresiasi diri sendiri dengan memberikan hadiah baik berupa benda maupun hal lain yang memang kita inginkan, itu wajar kok.  Layaknya kita memberikan penghargaan kepada keluarga, teman, atau rekan kerja yang sudah bekerja keras mencapai kesuksesan, kita juga bisa memberikan penghargaan kepada tubuh, pikiran, serta jiwa yang sudah bekerja sama berusaha mewujudkan target kita.

Buatku sendiri, self reward itu penting rasanya. Beberapa hal berikut menjadikan self reward penting untuk dilakukan.

  • Bentuk rasa terima kasih kepada diri yang telah berusaha

Self reward, bisa menjadi sebuah ucapan terima kasih kita atas kerja keras tubuh dan keinginan kita untuk melakukan sebuah upaya. Tentu ada perjuangan dalam mencapai target. Misalnya saja, target berolahraga dari tubuh yang jarang sekali berolahraga, tentu ada perubahan yang harus dihadapi, seperti rasa pegal atau lainnya.

  • Ungkapan rasa syukur dan apresiasi atas tercapainya hasil

Melakukan sebuah usaha yang mungkin perlu effort tinggi dan pada akhirnya berhasil tentu menyenangkan. Apresiasi bisa saja kita dapatkan dari orang lain. Namun, tak selamanya itu ada, bukan? Daripada menunggu apresiasi dari orang lain, kita bisa kok mengapresiasi diri sendiri.
Self reward bisa menjadi pemacu untuk bisa lebih berhasil lagi untuk target lainnya. Percaya gak percaya, self reward membuat kerja menjadi lebih baik dan produktivitas meningkat.

  • Sebuah pengingat, pemberi semangat untuk berjuang kembali

Ada kalanya, kita walau kita berusaha, target belum tercapai. Lalu, kalau begitu haruskan kita menghukum diri? Ya tentu tidak. Menghukum diri atau self punishment malah bisa membuat kita semakin down. Kalaupun kita sudah berusaha dengan keras namun ternyata kita belum mencapai hasil, kita bisa mengevaluasi diri. Lalu, self reward bisa diberikan karena agar kita bersemangat kembali untuk mencapai hasil yang diinginkan. Memberikan self reward ketika belum berhasil, bisa juga menjadi cara meningkatkan kepercayaan diri dan meyakinkan bahwa kita mampu mencapai apa yang ingin kita dapatkan.

11.11 Waktu yang Tepat Untuk Memberi Self Reward

Self reward bisa dilakukan dan diberikan kapanpun. Ya, tak perlu menunggu sesi khusus setelah target benar-benar tercapai. Kalau target kita jangka panjang, wah…bisa lama banget nanti nunggunya. Jika kita memiliki target, memang ada baiknya, membuat milestones, jadi self reward bisa sebagai evaluasi sekaligus penyemangat.

Aku memilih 11.11 sebagai waktu yang tepat untuk memberi self reward. Kenapa harus tanggal 11.11 alias 11 November?

  • 11 alias 11 November sudah mendekati akhir tahun. Untuk saya yang membuat target tahunan, bulan November menjadi waktunya evaluasi, apakah target saya sudah tercapai atau belum. Kalau sudah tercapai, self reward menjadi bentuk apresiasi. Sementara kalau belum self reward menjadi cara untuk menyemangati diri agar lebih semangat mencapai target.
  • 11 memang hari untuk memanjakan diri. Berdasarkan sejarah di Cina, tanggal 11 bulan 11 sering dirayakan sebagai Singles’ Day alias hari perayaan kaum single. Jadi, hari ini banyak orang memanjakan diri sendiri. Walaupun gak single lagi, tetep boleh kok merayakan 11.11 sebagai hari untuk memanjakan diri.
  • 11 adalah hari belanja terbesar di dunia. Banyak promo dan diskon baik offline maupun online. Tentu bahagia dong, bisa belanja dengan harga yang lebih murah.

Nah, karena tanggal 11.11 sudah dekat, aku pun mulai gak sabar untuk berburu hadiah untuk diri sendiri. Pas banget, kebetulan target urusan berat badanku sudah tercapai dan ternyata bakal ada Festival Belanja dari Lazada. Di Festival Belanja ini, bakal ada Diskon Terbesar seharian penuh. Duh, jadi gak sabar untuk belanja nih.

Barang Impian Untuk Self Reward Tahun Ini

Di Festival Belanja 11.11 tahun ini, saya pengen beli barang-barang untuk mengapresiasi diri karena target tercapai urusan olahraga dan menjaga berat badan. Barang-barang yang saya pilih sebagai self reward selain sebagai apresiasi, sebenarnya juga untuk menyemangati untuk tahun depan lebih rajin dan giat lagi berolahraga. Inilah 2 barang yang ingin saya beli di Festival Belanja Lazada 11.11 .

  1. Headset Bluetooth

Sebagai teman berolahraga, saya butuh yang namanya musik. Musik dengan hentakan penuh semangat, bisa membuat kita berlari semakin dengan kencang. Selain itu, mendengarkan musik sembari berolahraga juga bisa membuat rileks.

JBL UNDER ARMOUR – Headset Impian

Saya pun ingin memberi saya kenyamanan di masa mendatang dengan perangkat headset bluetooth. Memilih yang Bluetooth karena lebih ringkas dan umumnya kabelnya tak panjang. Duh, udah gak sabar lari-lari sambil dengerin playlist yang bikin semangat.

 

  1. Smart Band yang sporty

Olahraga tak hanya urusan jogging dan senam sekali sepekan. Sebenarnya, setiap hari tubuh juga terbiasa olahraga dengan memperbanyak langkah alias jalan. Pengen dong tahu, setiap hari berapa langkah dan apakah sudah tercapai target langkah harian. Makanya, saya pengen punya smart band.

Selain punya desain yang bagus, smartband sporty inceran ini juga dilengkapi GPS untuk mengukur jarak yang ditempuh dan statistik aktivitas seperti: waktu, jarak, detak jantung, kalori yang terbakar. Semuanya akan direkam secara otomatis dan dicatat serta disimpan dalam aplikasi resminya.

Mendekati Festival Belanja 11.11, saya makin gak sabar sebenarnya. Soalnya, udah persiapan banget emang mau ngasih self reward. Jadi kan selain olahraga juga aku latihan menahan supaya gak kalap jajan tuh, jadi ada deh ketabung uang yang biasanya kujajanin makanan buat beli barang idaman.

Ikutan Festival Belanja 11.11 Pakai Lazada Apps

Urusan belanja, apalagi di Lazada, aku sendiri lebih suka pakai aplikasi dibanding dari website. Ya, kebiasaan kan lebih sering pegang smartphone daripada laptop atau komputer. Gampang kok, tinggal cari di AppStore atau GooglePlay, download, lalu terinstall deh aplikasi Lazada.

Kenapa sih lebih suka pakai aplikasi?

  • Bebas Ribet. Iya dong, kita gak perlu buka laptop, cukup tap-tap pencet pilih di smartphone untuk belanja.
  • Bisa dapat info promo dengan lebih cepat. Pastinya, kita harus aktifin notifikasi aplikasi Lazada untuk dapat promo atau voucher khusus bagi pengguna aplikasi.

  • Lebih gampang mantau pesanan. Kalau pesanan sudah mau dikirim, kita bisa lihat tuh.
  • Bisa dapat tambahan voucher dengan ikutan Slash It, Shake It, dan main di Wonderland. Jadi selama tanggal 1-11 November 2018 ada program-program seru yang bisa bikin kamu untung lebih banyak dengan ikutan main di aplikasi Lazada

Udah ah, sekarang kalian kalau belum install aplikasi Lazada, cuss download deh. Trus bikin akun ya. Siap-siap deh berburu voucher dan barang idamanmu di Festival Belanja 11.11 bareng Lazada. Eh iya, Lazada ini gratis ongkir loh. Makin semangat gak belanjanya? Kalo aku sih iya. Kalo kamu?

 

You may also like

12 Comments

  1. wah. list yang mau dibeli udah banyak juga ya… udah tau pasti apa yang mau dibeli tinggal nanti pas tanggal 11.11 siapin kuota internet yang kenceng sama kartu debit atau credit hehhehe

  2. kayaknya di 11.11 nanti memang e commerce pada ngadain diskon belanja ya, lazada salah satu yang paling jor-joran diskonnya hehe, kalau saya mah self reward nya pengen liburan aja hehe…

  3. Semangat banget kalau ada promo dan diskon besar2an apalagi saat di Festival Belanja LAzada, aah ini lagi berburu barang incaran juga mbak hhee
    SMoga mbaknya dapetin wishlist tersebut yah mbak
    Slaam kenal
    www[dot]rurohma[dot]com

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)