Faridilla Ainun_NHW#4

?NICE HOME WORK #4
?MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH ?
Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?
Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.
a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
Iya, sampai saat ini saya masih ingin mendalami 

Jurusan Ilmu Cinta Buku di Universitas Kehidupan. Setelah merenung dan menjalani saya justru merasa ada tambahan materi yang dibutuhkan yaitu Materi Keikhlasan dan Perawatan Buku. Saya memiliki cita-cita jangka panjang untuk membuat rumah buku (khusus untuk anak), tapi sampai sekarang masih belum ikhlas kalau buku-buku lecek kalau dipegang anak. Mungkin saya yang salah juga karena memberi buku yang belum sesuai umur. Materi perawatan buku perlu juga saya kuasai karena saya harus berlatih dari sekarang untuk menjadi pustakawan, menyusun buku berdasarkan abjad, menyampul buku, memberi cap dan label, menyusun katalog, merawat rak buku, dan menulis review.
Kenapa saya tetap ingin belajar ilmu ini ? Karena saya percaya salah satu media pembelajaran adalah buku. Mungkin pengalaman saya masih sedikit dan kadang masih belum ikhlas jika ada pengalaman yang kurang menyenangkan sehingga media belajar yang saya pilih adalah buku dibandingkan pengalaman. Dari beberapa buku anak juga saya diingatkan kembali tentang ilmu-ilmu dasar yang bisa diberikan kepada anak.

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
Melihat NHW#2 milik saya dan berdasarkan review secara global yang diberikan, ternyata masib ada kekurangan dalam menyusun NHW#2.  
Untuk beberapa hal seperti tidak bermain gadget di dekat anak ternyata masih spesifik dan target terlalu tinggi mengingat saya tetap ingin mengabadikan momen anak dengan handphone. Saya akan coba ganti dengan 10 menit dalam 1 jam saya bersama anak, saya boleh menyambi sambil memegang hp. Indikator lainnya seperti membaca buku per bulan juga mampu saya kerjakan tapi menulis review belum mampu saya lakukan. 
Saya akan mencoba menspesifikan lagi indikator yang ada dan mencetak ulang untuk diisi dengan disiplin sebagai usaha saya untuk ‘memantaskan diri’ sebagai ibu.

b.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Saya senang sekali jika bisa berbagi informasi yang baik walau lewat tulisan. Saya rasa Allah SWT menciptakan saya untuk berbagi informasi, mungkin sebagai informan/influencer/reviewer.
Misi hidup : Memiliki Rumah Buku (Perpustakaan) untuk Anak-Anak dan Reviewer Buku dan Kegiatan Anak

Bidang : Pustaka Anak dan Event Anak

Peran : Fasilitator Pustaka Anak, Reviewer Buku Anak, dan Informan Event/Kegiatan untuk Anak

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 
Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pustaka Anak dan Event Anak, maka saya menetapkan tahapan ilmu yang harus dikuasai sebagai berikut :
1. Bunda Sayang : Ilmu yang meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak, seperti Ilmu Sabar, Ilmu Senang Belajar, Ilmu Kreatif, Ilmu bercerita dengan baik, Ilmu Hipnosis dan Motivasi.

2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri, pengelolaan kepustakaan, dan pengelolaan informasi. Ilmu pengelolaan diri adalah pendalaman dari ilmu yang dipelajari dalam tahapan Bunda Sayang. Ilmu kepustakaan seperti ilmu perawatan buku, penyusunan buku secara pustaka, pendokumentasian pustaka, penulisan resensi dan review buku, serta ilmu home decor untuk menyusun rumah buku yang baik untuk meningkatkan minat baca. Ilmu pengelolaan informasi yang perlu dipelajari seperti ilmu agama dan AlQuran, ilmu pembeda hoax dan fakta, ilmu komunikasi massa.
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat. Terkait dengan misi hidup saya, saya ingin belajar ilmu penulisan dan copywriting, ilmu marketing dan branding, serta ilmu investasi dan keuangan untuk pengelolaan dana keuangan keluarga dan rumah buku saya nantinya.

4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang. Ilmu yang perlu saya pelajari adalah ilmu bergaul dan memberikan informasi dengan baik. Ilmu untuk membuka rumah buku dan memberikan dongeng sebagai pendukung untuk menarik minat membaca.

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
contoh : 

Saya menetapkan KM 0 pada usia 27 tahun dan berkomitmen untuk mencapai 10.000 jam terbang di bidang Pustaka dan Event Anak, agar lebih bermanfaat bagi keluarga pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Saya berniat untuk mendedikasikan 6 jam setiap hari dari waktu saya untuk mencari ilmu, mempraktekan, menuliskan. Saya berharap dalam kurun waktu kurang lebih 4,5 tahun, hasil dari pembelajaran saya dapat terlihat hasilnya.

Milestone yang ditetapkan oleh say adalah sbb :

KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang

KM 1 – KM 2 (tahun 2,5) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan

KM 2 – KM 3 (tahun 3,5) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif

KM 3 – KM 4 ( tahun 4,5) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
Dari checklist di NHW#2, baru terdapat checklist untuk membaca buku dan menuliskannya setiap bulan. Saya rasa dalam kegiatan tersebut bisa terdapat pembelajaran ilmu-ilmu untuk menjadi Ibu Professional.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Sang Ibu di contoh di atas adalah perjalanan sejarah hidup Ibu Septi Peni, sehingga menghadirkan kurikulum Institut Ibu Profesional, yang program awal matrikulasinya sedang kita jalankan bersama saat ini. 
Sekarang buatlah sejarah anda sendiri. 
Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)