#Day 9 – Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Saya akan melanjutkan tantangan 10 hari saya di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Professional. Ini adalah hari kesembilan berlatih Komunikasi Produktif. Semoga catatan dan upload bisa sesuai hari lagi.

9 Juni 2017

Komunikasi Produktif Pada Pasangan

Sesi1 Bunda Sayang

    • Poin yang dipilih : Choose The Right Time
    • Narasi :
  • Pagi hari, saya tidur setelah sahur, dan bablas. Suami bangun lebih dulu. Tumben.

    Suami : Bu, bangun bu.

    Saya : *Masih males bangun dari kasur*

    Pengasuh dateng, anak bangun, baru deh saya beneran bangun pertanda udah kesiangan.
    Saya ke dapur, dan ternyata air untuk mandi anak sudah dimasak.

    Saya : Mahira mandi ya, airnya udah dimasakin ayah nih, makasih ayah

    Suami : Yaaaa, *sambil cuek bebek*

    • Hal yang menarik yang saya dapatkan : Untuk mengungkapkan rasa terima kasih, tidak perlu mencari waktu yang tepat, langsung saja agar ada rasa saling menghargai.
    • Perubahan apa yang saya buat hari ini dalam berkomunikasi : Tak perlu menunggu atau mencari waktu untuk mengunggapkan terima kasih.  Jangan malu juga, ga ada salahnya mengucapkan terima kasih.

Komunikasi Produktif Pada Anak

Sesi1 Bunda Sayang

  • Poin yang dipilih : Mengatakan Yang Diinginkan
  • Narasi :

Jadi, sebenarnya saya judulnya iri. Karena ngeliat kemarin, suami lagi meriang, eh anak sebenernya mungkin ngajak main sih, tapi posisinya kayak mijetin kepala suami gitu. Pas sahur si anak kebangun.

Suami : Mahira, baik banget sih, kemarin malem mijetin ayah

Anak : *Cuek aja, sambil mainin tutup botol minum saya*

Saya : *sok cuek sambil minum air, padahal sirik*

Saya : Mahiraaa, mahira kalo ibu sakit nanti ibu juga dipijitin ya, ibu disayang ya kalo ibu sakit.
Anak : *asik mainin botol minum sekarang*

  • Hal yang menarik yang saya dapatkan : Anak itu sebenernya sudah mulai perhatian kok sama orang tuanya, cuma ya mungkin pura-pura cuek. Saya sih ga mau sakit, pinginnya sehat terus. Tapi berandai-andai boleh dong, soalnya anaknya suka kayak cuek gitu.
  • Perubahan apa yang saya buat hari ini dalam berkomunikasi : Selain mengatakan yang diinginkan, untuk beberapa hal intonasi juga berpengaruh. Contoh, kalau kemarin saya mengatakan hal yang harus dilakukan saya bernada sedikit tegas. Kali ini, karena saya minta untuk disayang dan diperhatikan, intonasi saya diubah menjadi lembut sedikit manja.

#level1

#day9

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)