#Day 5 – Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Saya akan melanjutkan tantangan 10 hari saya di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Professional. Ini adalah hari kelima berlatih Komunikasi Produktif.

Komunikasi Produktif Pada Pasangan

Sesi1 Bunda Sayang

    • Poin yang dipilih : Choose The Right Time
    • Narasi :
    • Di Senin sore ini saya mendapat telepon dari tempat servis printer yang mengabarkan perbaikan printer sudah selesai dan diharapkan dapat diambil pada esok hari. Berhubung kemarin suami yang mengantarkan ke tempat servis, maka tentu saja saya menginfokan ini ke dia. Saya menyampaikan hal ini ke ia di perjalanan pulang kerja di mobil.Saya : Yah, tadi ditelpon, kalo printer sudah selesai dan kalo bisa diambil besok. Sebelumnya sudah nanya kalau Sabtu gimana, katanya terlalu jauh harinya.

      Suami : Hmm, besok ya? Ya udah deh dicoba izin sekalian ngurusin mobil.

    • Hal yang menarik yang saya dapatkan : Memberi informasi haruslah jelas, mulai dari awal sampai akhir.  Biasanya kalau saya cerita agak panjang akan dipotong, tapi kali ini tidak.
    • Perubahan apa yang saya buat hari ini dalam berkomunikasi : Pembicaraan ringan seperti memberikan informasi dan berunjung meminta tolong sebaiknya dikatakan saat suasana santai.

Komunikasi Produktif Pada Anak

Sesi1 Bunda Sayang

  • Poin yang dipilih : Mengatakan Yang Diinginkan
  • Narasi :

Saat istirahat siang, saya pulang ke rumah dan mendapat laporan kalau anak tidak mau tidur dan marah-marah sendiri karena dilarang memegang botol minum. Saat pulang adalah saat saya menyusui anak. Ketika saya menyusui biasanya saya sambil mengajak bicara anak.

Saya : Mahira, tadi katanya marah ya? Mahira dilarang megang botol sendiri yang tutupnya terbuka ya?

Anak : Sibuk menyusu sambil menggumam

Saya : Mahira, botol yang terbuka dan ada airnya itu bisa tumpah, makanya harus ditutup dulu. Kalau tumpah nanti becek dan licin bisa bikin jatuh.

Anak : melepas susu dan mulai bermain lagi ya

Saya : Mahira tidur siang ya, tadi pagi belum tidur kan?

Anak : kembali menyusu sampai tertidur tapi tidak mau lepas

  • Hal yang menarik yang saya dapatkan : Anak akan tidur saat kelelahan dan memang usia 1 tahun ini mendapat cerita kalau anak banyak yang semakin sedikit tidur dan lebih banyak ngempeng kalau tidur.
  • Perubahan apa yang saya buat hari ini dalam berkomunikasi : Saya merasa anak mengerti dengan dia menggumam, ya anggap saja gumamannya adalah ungkapan mengiyakan dari si anak. Ya, terimalah ketika anak ngempeng, mereka memang butuh kita dan seperti itulah caranya.

#level1

#day5

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)