Memilih Camilan Sehat Untuk Anak

Menjadi ibu, bukanlah suatu perkara yang mudah. Selain perasaan bahagia yang sudah pasti mendatangi kita setiap harinya, ada juga perasaan khawatir, deg-degan, bahkan bingung. Awal menjadi ibu, selama 6 bulan diliputi rasa khawatir saat memberikan asupan Air Susu Ibu (ASI). Setelah 6 bulan, anak dianjurkan untuk memperoleh tambahan asupan melalui Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Pola makan anak pun mulai diatur. Ketika 6 bulan pertama asupan hanya berupa ASI, saat belajar makan, anak disarankan untuk mengenal jadwal makan utama mulai dari sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore, dan makan malam. Menu empat bintang yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur, menjadi rujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Anjuran lain adalah memperhatikan jumlah gula dan garam yang diberikan untuk anak.

 

Kedua anjuran tersebut menjadi panduan saya untuk memberikan makanan yang bergizi untuk anak baik makan utama atua makan selingan (camilan). Memilih camilan pun perlu yang sehat dan bergizi. Berikut ini beberapa pilihan camilan yang sering saya berikan untuk anak :

Buah-Buahan

Momentmal / Pixabay

Buah-buahan sangat dianjurkan untuk menjadi makanan selingan anak diantara makan beratnya. Selain mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh anak, buah-buahan juga membantu anak untuk merasakan rasa manis yang alami. Beberapa buah tertentu seperti pepaya, pisang, dan buah naga, bahkan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan anak. Buah-buahan bisa diberikan langsung dalam bentuk potongan, dihaluskan (bentuk puree), atau dijus. Kalau saya sendiri diselang seling. Ketika usia 6-8 bulan, buah-buahan yang dijus saya berikan dalam tommee tippee botol susu bayi yang terbuat dari bahan Polypropylene dan bebas dari bahan berbahaya seperti Bisphenol A (BPA) sehingga aman untuk bayi. Selain itu desain botolnya juga mudah dipegang.

Sayur-sayuran

WerbeHoch / Pixabay

Sayuran yang direbus juga dapat menjadi pilihan camilan untuk anak. Sama halnya seperti buah, sayuran juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh serta melancarkan pencernaan karena mengandung serat. Pilihan yang sering saya berikan antara lain brokoli, timun, wortel, ubi, jagung, kentang, atau labu.

 

Puding, Jelly, atau Agar-Agar

WerbeFabrik / Pixabay

Tekstur kenyal dari puding, jelly, atau agar-agar biasanya menarik untuk anak. Apalagi jika dibuat dengan warna-warna yang mencolok. Selain mengandung serat, puding juga menjadi salah satu cara anak mengenal tekstur yang tidak keras. Biasanya saya memotong puding dengan ukuran kecil agar lebih mudah dipegang dan tak membuat anak tersedak saat memakannya.

Biskuit Bayi

 

Pezibear / Pixabay

Biskuit bisa juga menjadi pilihan camilan nikmat dan sehat untuk anak. Biskuit bisa membantu anak dalam mulai berada dalam proses tumbuh gigi. Dalam memilih biskuit, tentu perlu memerhatikan bahan yang terkandung di dalamnya. Salah satu yang menjadi favorit anak saya adalah biskuit bayi yummy bites. Biskuit bayi Yummy Bites ini terdiri dari berbagai rasa seperti original, wortel, pisang hingga sayuran. Selain mengandung vitamin A, K,E dan protein, Yummy Bites juga mudah larut di mulut. Bahkan saya sendiri suka.

 

 

Yogurt

 

NeuPaddy / Pixabay

Minuman yang berasal dari fermentasi susu ini memang memiliki rasa yang sedikit asam. Tapi bisa menyehatkan anak karena merupakan sumber kalsium yang baik. Kalau saya sendiri, lebih memilih yogurt yang teksturnya agak kental dan memiliki rasa buah sehingga ada rasa manis selain dominasi rasa asam.

 

 

 

Smoothies

 

silviarita / Pixabay

Merupakan minuman campuran susu, yogurt, dan buah-buahan. Mengandung kalsium dan vitamin. Jika merasa pemberian asupan untuk anak dalam bentuk cair terlalu sering, saya biasanyanya membekukan smoothies sehingga menjadi popsicle ice cream smoothies.

 

 

Sereal

ponce_photography / Pixabay

Sereal juga dapat menjadi sumber serat yang baik untuk menjaga pencernaan anak karena umumnya berasal dari biji-bijian seperti gandum atau barley. Memilih sereal juga perlu cermat karena terkadang banyak sereal yang mengandung gula yang tinggi. Pemberian sereal pun dapat divariasikan dengan potongan buah atau susu.

 


Selain memilih camilan yang sehat dan bergizi, waktu pemberian camilan juga harus diperhatikan. Camilan diberikan sebagai makanan selingan diantara jadwal makanan utama. Sehingga jangan terlalu dekat dengan jadwal makan utama karena biasanya akan ditolak karena anak masih kenyang. Oh iya, memiliki jadwal pemberian makanan selingan sedari awal juga baik, karena ketika sekolah nanti biasanya juga anak akan memiliki jadwal untuk snack, sehingga lambung anak sudah terbiasa sedari kecil untuk menerima makanan di waktu tertentu.

Gogo Voucher, Teman Jajan Hemat di Kota Palembang

Sebagai kaum yang ngakunya biasa-biasa aja (ya ngaku berkecukupan aja lah, pas mau apa uangnya cukup), kadang pengen ikut-ikutan gaya hidup keren-keren asyik layaknya sosialita. Tapi, ingat-ingat kantong, ingat-ingat cicilan, bikin mikir-mikir juga. Paling enak sih kalau bisa ngikut gegayaan makan enak mahal kalau ditraktir alias gratisan. Eh, tapi siapa saya, mana ada yang mau bayarin gratisan. Hehehe.

Di sekitar tahun 2010-an, rasanya muncul banyak banget situs-situs yang nawarin diskon-diskon gitu. Yang saya inget dulu ada namanya Disdus, terus ganti nama karena gabung sama Groupon, trus sekarang kayaknya ganti nama lagi jadi Fave. Banyak juga situs lainnya dan sekarang bahkan ada aplikasi di AppStore atau GooglePlay. Sayangnya, kebanyakan dari situs yang nawarin diskon ini, lokasi merchantnya ada di sekitar Jabodetabek, Bandung, Denpasar, Surabaya, atau Yogyakarta. Jadi, untuk yang hidupnya di kota yang ga terlalu metropolis macam Palembang ada plus minusnya. Plusnya kita dijauhkan dari kehidupan hedonis pengen jajan, minusnya ketika pengen jajan bisa jadi kita harus ngerogoh kocek tanpa harga diskon.

Beberapa waktu lalu, saya iseng download aplikasi Fave, eh ternyata 20Fit Palembang nawarin voucher diskon dan kemudian ada promo juga dari Pepper Lunch. Setelah itu, promo diskon melalui voucher atau kupon diskon Pepper Lunch ga ada lagi. Yah, susah deh jajan mahal enak tapi berasa murah. Di saat sedih gak nemu promo lagi, eh ngedenger di radio kalau ada yang namanya Gogo Voucher di Palembang. Jadi, Gogo Voucher ini situs yang menawarkan kupon diskon mulai dari kecantikan, liburan, makanan & minuman, dan lain-lain. Cakupannya didominasi di area Palembang.

Iseng-iseng nyoba deh, kali ini nyoba Paket Makan Siang Berdua Bebek Harissa seharga Rp 80.000,- dari harga aslinya Rp 120.000,-. Lumayan kan ngehemat uang jajan dikit.  . Proses untuk beli voucher di Gogo Voucher juga gampang sih. Kita bisa pilih promo voucher yang mau dibeli, lalu bayar dan konfirmasi, setelah itu datang ke merchantnya deh. Untuk lebih lengkapnya lagi, bisa dicek di gambar berikut.

Cara Transaksi Dengan Gogo Voucher

Saat datang ke merchant misalnya restoran gitu, ada baiknya pas mesan langsung bilang mau pakai Gogo Voucher, tunjukkin voucher yang ada di handphone kita, nanti petugas restoran akan memvalidasi. Eh tapi entah saya yang salah atau pihak restoran yang salah, saya kan pesan Paket Makan Siang Berdua Bebek Harissa yang isinya 1/2 ekor bebek goreng, 1 Soto daging babat, 2 nasi putih, dan 2 es teh manis. Trus pas dateng 2 es teh manis, 1 Soto daging babat + 1 nasi putih, 1/2 ekor bebek goreng + 2 nasi putih. Alias nasinya kelebihan 1 sih. Tau aja kita gak cukup nasinya cuma 2.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Bebek Harissa ini secara lokasi cukup strategis lah ya, ada di hampir pusat kota Palembang. Tempat parkir luas, tempat makannya juga lega, bisa buat ramean bahkan ada tempat karaokenya, menunya selain bebek ada soto juga. Bebek gorengnya garing ya, setengah bebek juga potongannya besar, dan yang jelas sambelnya juwara, bikin keringetan sih.

Pembayaran untuk pembelian di GogoVoucher baru bisa melalui bank Mandiri dan bank BCA. Pembeli juga harus konfirmasi lagi dan ada jeda cukup lama antara waktu konfirmasi sampai dikirimin voucher, sempet khawatir kalau vouchernya ga nyampe soalnya sekitar 1 jam-an rasanya baru dikirimin. Saya sih pengennya untuk ke depan Gogo Voucher ini ada aplikasinya di smartphone biar gampang gitu. Merchant juga bisa tinggal tap-tap langsung kan. Terus ya merchantnya sih pengennya nambah lah, makin banyak juga. Selain itu tentunya urusan konfirmasi dan pengiriman voucher lebih cepat dan pembayaran juga bisa lebih banyak channelnya.

Resep Diet Lemon! Cara Cepat Melunturkan Lemak Dalam Tubuh

Bukan rahasia lagi, jika hampir semua orang menginginkan tubuh langsing ideal dalam waktu singkat. Sayangnya, untuk bisa mewujudkan hal ini dibutuhkan kerja keras dan juga harus mempertimbangkan kesehatan tubuh. Menjalani program diet dalam waktu yang cukup lama seringkali membuat bosan, apalagi jika hasil yang didapatkan jauh dari target awal.

Diet – source : pixabay.com

Nah apakah ada cara diet cepat yang aman untuk kesehatan tubuh? Tentu saja ada, salah satunya resep diet lemon berikut ini. Selain ampuh memangkas lemak dalam tubuh, masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah asam ini. Namun yang pasti kamu juga perlu memperhatikan kembali sebelum mencoba  resep diet lemon apakah sesuai dengan kondisi tubuhmu atau justru bertentangan.

Cari Tahu Terlebih Dahulu Kandungan Gizi Lemon

Sebelum memulai resep diet lemon sebaiknya ketahui terlebih dahulu kandungan gizi di dalamnya. Selain demi kesehatan, kamu juga bisa menakar seberapa banyak jeruk lemon yang kamu butuhkan untuk program diet nantinya sehingga tidak berlebihan.

Lemon – source : pixabay.com

Rasanya yang super asam sudah pasti kalau jeruk lemon kaya akan vitamin C, bahkan kandungan vitaminnya lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk nipis. Kandungan jeruk lemon mampu memenuhi kebutuhan harian hingga 88% setiap per 100 gram nya, selain itu kandungan asam sitrat atau asam organik di dalamnya cukup berlimpah bahkan hingga 47 gram setiap liter dalam sari buahnya.

Buah yang didominasi warna kuning cerah ini juga mengandung senyawa fitokimia yakni, polifenol, naringenin, terpenes, hesperidin diosmin, dan erositrin. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan vitamin dan mineral penting lainnya seperti vitamin B6, zat besi, potasium, kalsium, magnesium dan serat pangan. Beragam kandungan gizi tersebut tentu saja baik untuk kesehatan tubuh dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Selain bertujuan untuk menurunkan berat badan kamu juga pasti ingin lebih sehat bukan? Nah berikut ini manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari buah lemon, antara lain : 

  1. Membantu menurunkan berat badan
    Sari pada buah ini sering kali dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, agar mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa mencampurkannya dengan air hangat atau madu. Sari lemon akan bekerja memangkas sisa-sisa makanan dalam pencernaan dan mendorongnya secara maksimal. Bahkan lemak dalam perutpun bisa luntur jika kamu senantiasa dikonsumsi setiap hari. Tak hanya itu saja, sari dalam lemon dapat mengganjal rasa lapar dengan begitu program dietmu akan lebih mudah dijalani.

    Lemon – source : pixabay.com
  2. Mengatasi masalah gigi dan gusi
    Selain ampuh melunturkan lemak dalam tubuh, sari lemon juga sering digunakan sebagai perawatan gigi, salah satunya dapat meredakan nyeri jika dioleskan pada area gigi yang sakit. Lemon juga terbukti dapat menghentikan pendarahan pada gusi. Selain sebagai penangkal sakit gigi, lemon senantiasa digunakan untuk membersihkan gigi dan sekaligus mencegah bau mulut. Dengan kata lain lemon sangat baik untuk kesehatan gigimu.
  3. Mengatasi flu, demam, dan infeksi tenggorokan
    Seperti jeruk pada umumnya, sari lemon juga baik diminum untuk meredakan flu, pilek, batuk, demam, hal ini dikarenakan lemon dapat meningkatkan perspirasi atau (proses kehilangan air). Tak hanya itu saja vitamin C pada lemon juga baik untuk menambah kekebalan tubuh sehingga dapat menangkal berbagai penyakit. Buah asam ini juga sering digunakan untuk mengatasi infeksi pada tenggorokan karena memiliki senyawa antibakteri.

Resep Diet Lemon yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan lebih cepat dan aman tanpa efek samping, berikut ini resep diet lemon yang bisa kamu terapkan.

  1. Menjelang sarapan pagi
    Siapkan sarapan dengan dua butir lemon dan peras secara maksimal ke dalam gelas, campurkan air hangat atau air panas agar nyaman di perut. Buatlah satu mangkuk gandum sesuai kebutuhan mu tetapi jangan tambahkan gula atau pemanis lainnya.
  2. Waktu makan siang
    Saat waktu makan siang tiba kamu juga tetap harus mengonsumsi perasan lemon, yakni dua butir ukuran sedang peras dan campurkan air putih. Kamu bisa mengonsumsi sayur sup dan satu porsi ayam rebus. Agar menu dietmu lebih nikmat, cobalah tambahkan buah lainnya seperti pisang atau apel.

    Fruits – source : pixabay.com
  3. Makan malam
    Menjelang makan malam kamu bisa mengonsumsi sayur sup dengan satu potong ayam bagian dada agar tidak mengandung banyak lemak. Kemudian sajikan satu gelas air lemon seperti biasa pagi dan siang hari. Jika masih merasa lapar di tengah malam, kamu bisa mengonsumsi potongan buah secukupnya dan perasan lemon dengan campuran madu.

Itulah resep diet lemon yang bisa kamu terapkan dalam program dietmu. Asam lemon yang cukup tajam dapat mengurangi lemak dalam tubuh jika dikonsumsi secara maksimal, tapi ingat mengonsumsi sari lemon sebelum makan juga bisa berbahaya karena dapat menyebabkan sakit pada lambung. Jadi, agar lebih aman sebaiknya padukan lemon dengan asupan makanan lainnya sehingga kamu akan lebih aman menjalani program diet. Umumnya orang yang menggunakan metode ini akan mudah buang air besar karena kinerja lemon yang mendetoks tubuh hingga ke dalam pencernaan. Selamat mencoba!

7 Hal yang Membuat Penggunaan AC Semakin Hemat Listrik

 

Cuaca yang panas kini tak jadi halangan untuk beraktivitas di dalam ruangan karena sekarang kita bisa mengandalkan AC agar temperatur ruangan jadi lebih stabil. Saat ini banyak merek AC berkualitas yang bisa jadi pilihan kita. Kita dapat memilih AC sesuai dengan kebutuhan kita supaya aktivitas bisa diselesaikan dengan baik meski cuaca sedang tak bersahabat.

Namun, masih banyak orang yang enggan menggunakan AC karena menganggap bahwa daya listriknya akan menjadi boros. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kalau Anda melakukan 7 hal ini, niscaya penggunaan listrik tetap hemat walaupun Anda sering menyalakan AC.

  1. Mengatur Temperatur AC Secara Manual
    Temperatur AC bisa diatur secara manual dengan menggunakan remote. Pengaturan ini bermanfaat untuk meminimalkan penggunaan daya listrik. Karena semakin dingin temperatur AC, maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Pastikan kalau temperatur AC membuat kita nyaman dan tidak membuat penggunaan daya listrik jadi berlebihan.

  2. Pengaturan AC dengan Sistem Otomatis (Auto)
    Kita juga bisa mengandalkan mode auto bila menggunakan produk AC terbaru. Sebab mode auto tersebut akan membuat AC menyesuaikan temperatur dengan jumlah orang di dalam ruangan. Semakin sedikit jumlah orang di suatu ruangan, maka semakin ringan pula kinerja AC dan penggunaan daya listriknya.

  3. Memasang Tirai pada Ruangan
    Tirai jendela berfungsi untuk menghalau panas yang berasal dari sinar matahari, karena ternyata sorotan panas tersebut juga bisa meningkatkan temperatur dalam ruangan. Sebelum memasang AC, pastikan semua tirai jendela sudah tertutup rapat. Agar ruangan jadi lebih cepat sejuk dan kinerja AC tidak terlalu berat.https://flic.kr/p/Xo8U79
  4. Menutup Ventilasi Udara
    Sebuah ruangan tetap membutuhkan ventilasi udara yang memadai. Namun alangkah baiknya bila kita memasang sistem ventilasi yang bisa dibuka tutup bila ruangan tersebut dipasangi AC. Saat AC dinyalakan, kita bisa menutup semua ventilasi udara. Hal sederhana ini membuat proses pendinginan berlangsung maksimal tanpa harus memperberat kinerja AC. Penggunaan daya listrik pun jadi lebih hemat kalau ruangan bisa cepat dingin sesaat setelah AC dinyalakan.
  5. Memilih AC dengan Teknologi Hemat Energi
    Hampir semua produk AC terbaru dilengkapi dengan teknologi hemat energi. Teknologi ini memungkinkan penggunaan listrik jadi lebih hemat dan efisien. Tak ada salahnya mempertimbangkan penggantian AC lama dengan produk AC baru yang lebih hemat energi. Harga AC saat ini tidak terlalu mahal. Apalagi bila kita membelinya di MatahariMall. Toko online terpercaya tersebut punya beragam koleksi AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tinggal klik website MatahariMall.com untuk mencari AC yang berkualitas dengan harga terjangkau.
  6. AC Harus Dirawat Secara Teratur
    AC berfungsi untuk menyaring udara dan mengatur temperatur di suatu ruangan. Oleh sebab itu, kita juga harus merawat AC secara teratur. Bersihkan AC setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Supaya kotoran dan debu yang menempel tidak memperberat kinerja AC. Kalau kita membersihkan AC secara teratur, niscaya kondisi ruangan akan senantiasa dingin dan nyaman. Kita pun tak akan terganggu oleh AC yang mudah rusak karena tidak dirawat dengan baik.
  7. Kurangi Pencahayaan Ruangan
    Pancaran cahaya dari lampu rupanya juga bisa memperberat kinerja AC dan membuat penggunaan daya listrik jadi makin boros. Hal ini bisa disiasati dengan cara mengurangi pencahayaan ruangan. Bisa dengan memasang lampu yang daya listriknya kecil atau memilih warna cat dinding bernuansa gelap. Nanti penggunaan AC pasti terasa lebih maksimal bila tidak terganggu oleh pencahayaan ruangan yang terlalu terang.

Menggunakan AC sembari menghemat listrik ternyata tidak sulit, kan. Yuk lakukan 7 hal tersebut mulai sekarang agar biaya listrik tidak membebani pengeluaran kita secara berlebihan. Masyarakat modern pasti cermat menggunakan AC dengan cara yang benar.

3 Tips Mudah Menghindari Gangguan ISPA

 

Kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Infeksi saluran pernafasan biasanya sering melanda dikala musim tidak teratur seperti saat ini. ISPA merupakan gangguan yang terjadi pada sistem saluran pernapasan yaitu mulai dari hidung sampai pada paru-paru. Gejalanya mulai dari yang ringan berupa pilek sampai pada gejala yang berat berupa gangguan pada paru-paru. Kondisi jalanan yang berdebu merupakan penyebabnya, panas yang ekstrem disusul dengan turunnya hujan berakibat berterbangannya virus dan bakteri bersama debu sehingga terhisap oleh kita. Sebenarnya mudah saja cara menghindarinya, cukup memakai masker di kala anda akan melakuakan aktifitas di luar rumah. Untuk lebih memaksimalkan usaha anda dalam pencegahan ISPA, berikut akan dipaparkan tips mudah menghindari gangguan pada saluran pernapasan :

  1. Konsumsi makanan yang bergizi
    Tips pertama yang anda dapat lakukan dalam mencegah terserangnya gangguan pernapasan adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Asupan gizi yang baik akan menjadikan tumbuh anda sehat, mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral akan meningkatkan sistem kekebalan tumbuh anda. Dengan banyak makan virus penyakit tidak akan berkembang dengan baik.
  2. Hindari sumber penyakit
    Tips selanjutnya adalah dengan menghindari sumber penyakit, misalkan menjauhi orang-orang yang sedang merokok, atau tidak berkumpul dan bercengkrama dengan mereka yang sedang sakit. Batuk dan bersin merupakan proses mengeluarkan virus dari tubuh penderita sehingga penyakit akan lebih mudah tertular karena gangguan ISPA dapat menular salah satunya melalui udara yang kita hisap.
  3. Hindari menyentuh area hidung dengan tangan kotor
    Tips selanjutnya agar anda terhindar dari gangguan ISPA adalah dengan menghindari kontak langsung antara hidung dengan tangan sebelum dicuci dengan sabun. Tangan merupakan organ yang sangat mudah bersentuhan dengan bakteri dan virus karena dengan tangan kita memegang berbagai benda yang merupakan sarang virus dan bakteri. Agar dapat mencegah terkena gangguan saluran pernapasan jangan menyentuh area sekitar hidung apalagi sampai ke bagian dalamnya ketika tangan kotor. Bakteri dan virus di tangan akan berpindah ke dalam hidung sehingga terhisap dan akan menjadi penyebab gangguan pada saluran pernapasan. Agar lebih maksimal lagi usaha anda dalam menghindari ISPA gunakan masker untuk melindungi mulut dan hidung anda.

 

Demikianlah tips mudah menghindari gangguan pada saluran pernapasan anda. Untuk memperlancar pernapasan, anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih dengan aroma segar, semoga bermanfaat.

BNI Personal Financial Management, Solusi Cerdas Manajemen Finansial Keluarga

Sejak memiliki uang pribadi hasil bekerja, saya selalu diingatkan oleh orang tua untuk selalu menabung. Berbekal beberapa referensi tentang pengelolaan finansial, saya mencoba menerapkan prinsip Cash Flow “Orang Kaya” ala buku Habiskan Saja Gajimu’ karya Ahmad Gozali, yaitu 2,5% zakat & donasi, 30 % hutang, 10% investasi & tabungan, serta 57,5% kebutuhan sehari-hari. Intinya, penuhi dulu kewajiban (zakat & donasi, hutang, serta investasi & tabungan) baru boleh bersenang-senang (kebutuhan sehari-hari). Kenyataannya, akan lebih mudah menabung di awal dibandingkan menyisakan uang untuk ditabung saat akhir periode.

Namun, setelah menikah, saya mencoba mengubah rasio cash flow tersebut dengan menurunkan rasio hutang dan kebutuhan sehari-hari, serta meningkatkan rasio lainnya. Perubahan saya lakukan atas dasar pertimbangan telah jelasnya beban hutang yang harus dibayarkan (yaitu cicilan KPR), serta adanya kebutuhan yang dapat diprediksi dan direncanakan seperti biaya kesehatan, biaya mudik, uang sekolah anak, tabungan hari tua, dll.

Sebagai istri yang berperan ganda sebagai Manajer Finansial Keluarga, saya harus bisa mengelola finansial dengan baik, layaknya Manager Finansial di perusahaan. Berbekal visi dan misi keluarga yang telah ditetapkan, impian dan rencana dalam jangka waktu tertentu dapat dijabarkan dengan jelas. Contoh : pada tahun 2020, Mahira (anak saya) akan mulai memasuki sekolah TK. Saya dan suami tentu mengharapkan Mahira masuk sekolah terbaik. Berbekal data biaya masuk sekolah tersebut tahun ini, saya mencoba menghitung biaya masuk sekolah pada tahun 2020 nanti. Dalam kamus saya, dana untuk menyekolahkan anak termasuk kelompok Investasi dan Tabungan, yang artinya harus disisihkan terlebih dahulu.

Untuk mendukung prinsip cash flow sesuai dengan yang telah saya tetapkan, saya melakukan beberapa trik yaitu :

  • Cashless alias tidak membawa uang tunai. Selain meminimalisir rasa ingin jajan, saya juga merasa pembayaran menggunakan kartu debit lebih pas, tidak membuat perhitungan rumit dan detail karena adanya uang kembalian.
  • Meninggalkan kartu kredit untuk meminimalisir hutang dan tidak membawa kartu debit untuk pos ‘Investasi & Tabungan’.
  • Mengalihkan pendapatan untuk pos ‘Investasi & Tabungan’ terlebih dahulu dan mengakhirkan dana ‘Kebutuhan Sehari-hari’. Hal ini dilakukan agar kami merasa harus cukup dengan sisa dana yang telah ditetapkan.
  • Pos ‘Kebutuhan Sehari-hari’ dikelola dengan detail dengan sistem amplop untuk masing-masing jenis seperti uang bensin, belanja mingguan ke pasar, uang isi ulang air dan gas, dan sebagainya.
  • Jika terdapat sisa dari pos ‘Kebutuhan Sehari-Hari’ maka harus dimasukkan ke dalam pos ‘Investasi & Tabungan’

Mengelola finansial keluarga cukup rumit, apalagi bagi saya yang dasar ilmu finansial tidak cukup kuat. Saya coba menerapkan konsep Plan-Do-Check-Action. Saya perlu menyusun rencana anggaran terlebih dahulu, mengatur pendapatan dan pengeluaran dana, serta melakukan pengecekan dari alur keluar masuknya dana, setelah itu saya dapa mengevaluasi hasil kerja saya. Beruntung, teknologi kini sudah semakin maju. Adanya fasilitas Internet Banking sangat membantu saya dalam mengatur pengelolaan dana serta melakukan pengecekan ulang terhadap aktivitas keuangan yang dilakukan dalam periode tertentu.

Sejak mengenal Internet Banking Bank Negara Indonesia (BNI), saya mencoba memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan seperti melakukan transaksi transfer, pembayaran, pembukaan rekening Tapenas atau deposito, serta pengecekan mutasi rekening. Setelah menikah, saya menyadari bahwa dana Investasi dan Tabungan harus dipecah lagi menjadi beberapa pos. Beruntunglah, BNI memahami kebutuhan itu dan memberikan bantuan berupa tambahan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di layanan Internet Banking BNI.

Bagaimana caranya menggunakan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi ?

  1. Pastikan anda adalah nasabah Bank BNI dan telah terdaftar di layanan Internet Banking BNI. Jika anda belum memiliki akses ke layanan Internet Banking, maka anda harus datang ke Kantor Cabang BNI terdekat untuk melakukan pendaftaran dan aktivasi.
  2. Lakukan login ke akun Internet Banking BNI dengan memasukkan User ID dan password

    Login ke akun Internet Banking BNI
  3. Pilih menu Pengelolaan Finansial Pribadi
  4. Pilih sub-menu Pengaturan Tujuan kemudian pilih Tambah Tujuan Keuangan. Pilih tujuan keuangan sesuai dengan rencana anda. Saya memilih ‘Tetapkan Tujuan Anda’. Lalu proses permintaan anda.
  5. Isi target yang anda tetapkan, mulai dari Deskripsi Tujuan Keuangan, Nominal Tujuan Keuangan, Tanggal Awal dan Akhir Target, Saldo Rekening Tujuan Keuangan Saat Ini. Setelah itu, BNI akan membantu kita menghitung Total Sisa Nominal untuk disimpan dan Nominal untuk disimpan per bulannya.
  6. Setelah anda proses target anda, anda dapat menghubungkan dengan rekening afiliasi. Terdapat 2 pilihan yang diberikan oleh BNI, yaitu Membuka Rekening Tabungan & Giro (Taplus) atau Membuka Rekening Deposito & Tapenas (Tapenas). Terdapat beberapa perbedaan antara BNI Taplus dan BNI Tapenas.Saya sendiri lebih memilih untuk membuka rekening Tapenas dengan pertimbangan Tapenas tidak memberikan kartu debit, secara otomatis memotong saldo pada tanggal yang telah ditetapkan, dan saya berkomitmen untuk tidak mencairkan dana yang telah saya setor di Tapenas. Nasabah harus mengonfirmasi permintaan pembukaan rekening yang dilakukan.
  7. Setelah pembukaan rekening afiliasi berhasil, kita dapat mengatur bahwa rekening afiliasi terkait dengan target yang telah kita tetapkan sebelumnya melalui Pengaturan Tujuan. Pada tabel kita dapat melihat langkah yang belum kita lakukan. Kita dapat mengaitkan rekening afiliasi dengan mengklik tujuan keuangan yang dipilih untuk dikaitkan. Jika sudah, kita juga dapat menyetorkan tambahan dana di luar jadwal auto-debit yang dilakukan.

Setelah melakukan perencanaan, pelaksanaan pengelolaan finansial dimudahkan oleh adanya sistem auto-debit dari rekening Taplus yang kita miliki ke rekening Tapenas yang telah kita buat. Selanjutnya, yang perlu kita lakukan adalah mengecek transaksi yang telah dilakukan serta saldo dana pada rekening yang kita miliki.

Untuk mengecek transaksi dalam periode tertentu, kita dapat mengakses pada sub-menu Kalender Transaksi.

Setelah mengisikan tanggal awal dan akhir periode yang  ingin kita lihat, akan ditampilkan seluruh rincian transaksi yang dilakukan pada periode tersebut.

Sementara itu, untuk melihat rincian saldo rekening yang kita miliki di BNI, kita dapat mengakses melalui sub-menu Ringkasan Multi Rekening.

Laporan saldo dari rekening yang kita miliki dapat juga kita simpan / unduh dalam format PDF maupun Excel.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan agar pengelolaan finansial dapat berhasil adalah melakukan evaluasi. Fitur Pengelolaan Finansial Pribadi memberikan kemudahan berupa penyajian laporan dalam bentuk Diagram Analisa Anggaran, Analisa Arus Kas, serta Diagram Analisa Pengeluaran – Pemasukan dalam bentuk diagram batang maupun diagram bulat.Karena saya baru saja menetapkan target dan membuka rekening, laporan belum dapat ditampilkan. Dengan adanya Pengelolaan Finansial Pribadi, pengelolaan finansial untuk pribadi maupun keluarga menjadi sangat mudah.

Punya banyak rencana dan hal-hal yang ingin diwujudkan? Butuh bantuan dalam mengelola finansial ? Fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di Internet Banking BNI menjadi solusinya.

Masih ingin informasi lebih jelas? Anda dapat mengunjungi http://www.bni.co.id atau Kantor Cabang BNI untuk bertanya langsung mengenai detail layanan yang ditawarkan, atau dapat juga menghubungi BNI Call 1500046 atau 68888.

Sebelum Nikah, Cek Kesehatan Dulu Yuk….

Halo…ada yang berencana menikah dalam waktu dekat? Pusing menyiapakan urusan undangan, tempat, baju, katering, dan lainnya? Kalau boleh saran, jangan lupakan untuk menyiapkan terkait kesehatankita dan pasangan ya. Ini sekedar pendapat aja, salah satu tujuan menikah kan untuk memiliki keturunan, tentunya kita berharap punya keturunan yang sehat kan? Menurut saya yang awam ini, kita sama pasangan baiknya tes kesehatan. Ya walaupun pasangan track recordnya baik, kita pengen lebih yakin aja. Kalo sebagai calon orang tua, ya agar keturunan kita sehat, kita juga harus mencoba sehat. Untuk tahu kita sehat atau ngga, jangan menunggu sakit, tapi bisa kita lakukan dengan cek kesehatan.

Sebenarnya saya sendiri ga terlalu aware sama hal ini, sampai pada suatu hari dokter di kantor cerita tentang seseorang yang lagi hamil dan kena tokso. Lalu dia pesan, kalau nanti mau nikah, jangan lupa pre-marital check ya. Jadi saya keingat kalau pernah dipesan hal yang sama oleh ibu. Karena adik saya urusan kesehatannya ga terlalu bagus dan penyebabnya juga masih ga jelas soalnya

setiap terapi atau berobat pasti beda-beda dugaan penyebabnya antara satu dengan lainnya, ibu saya jadi lebih aware sama urusan kesehatan. Ibu saya pengen anaknya yang lain (saya dan kakak

saya) sehat begitu juga keturunannya. Apalagi info yang didapat dari pergaulan ibu-ibu kan lumayan dahsyat, walau belum jelas dan bisa jadi belum benar juga. Contohnya pernah ibu saya

bilang gini, itu si X katanya kena Tokso, penyakit yang dari kucing, terus anaknya lahirnya (maaf) cacat atau ada yang jadi agak lama dapat anaknya, atau kondisi yang bisa dibilang negatiflah. Jadi, pokoknya di benak ibu saya ada penyakit yang namanya tokso disebabkan oleh kucing. Yasekilas info itu memang belum tentu benar. Tapi positifnya, ibu saya jadi tahu tentang adanya tespra nikah dan minta anak-anaknya untuk cek kesehatan sebelum nikah. Kakak saya sebelum nikah tes di salah satu laboratorium. Dari situ saya tahu, kalau sebelum nikah memang ada baiknya cek kesehatan baik kita maupun pasangan. Selain itu ada syarat juga sih dari KUA, untuk melakukan

vaksin tertentu sebulum nikah.

Untuk Pre Marital Check-Up, bisa dilakukan di laboratorium seperti Prodia, Pramita, dll. Saya sendiri memilih Prodia untuk bertanya-tanya dan akhirnya memutuskan mengambil Tes TORCH saja di lab tersebut karena faktor orangnya enak saat ditanya dan penjelasannya rinci. Dari brosur panel pemeriksaan laboratorium Prodia, disebutkan

Manfaat Pemeriksaan Panel Premarital adalah untuk Memastikan status kesehatan kedua calon mempelai, terutama untuk mendeteksi penyakit menular (sifilis) dan penyakit menahun atau diturunkan (thalassemia) yang dapat mempengaruhi kesuburan pasangan maupun kesehatan anak-anak

pasangan tersebut di kemudian hari.

Jenis Pemeriksaan

  • Hematologi Rutin, Gambaran Darah Tepi, Analisa Hemoglobin HPLC, Ferritin, dan Badan Inklusi HbH : untuk mengetahui kondisi kesehatan secara umum, penyakit infeksi, dan penyakit darah.
  • Golongan Darah dan Rhesus : Selain untuk kepentingan transfusi darah jika dibutuhkan, diperlukan kecocokan rhesus.
  • Urine Rutin : Mengetahui adanya kelainan ginjal atau saluran kemih.
  • Glukosa Puasa : Mendiagnosis diabetes melitus yang menurun.
  • HBsAg : Mengetahui adanya infeksi Hepatitis B
  • VDRL/RPR : Mendeteksi ada tidaknya penyakit menular seksual
  • Anti-Rubella IgG, Anti-Toxoplasma IgG, dan Anti-CMV IgG : Mengetahui status kekebalan terhadap paparan Toxoplasma, Rubella, dan Cytomegalovirus (TORC)

Pas baca begitu, saya mikir nih, Hematologi Rutin sampai Glukosa Puasa kan selalu dicek karena kami rutin Medical check up tahunan. Jadi kayaknya saya perlu yang lainnya aja deh, seperti

Anti-Rubella. Pas saya tanya enaknya gimana, dijawab sama karyawan Prodia, “Kalau gitu, ambil Panel Tes TORCH aja untuk mba-nya”.

Panel Pemeriksaan TORCH memiliki manfaat mendeteksi terjadinya infeksi dan status kekebalan terhadap parasit Toxoplasma gondii, virus Rubella, Cytomegalovirus, dan virus Herpes tipe 2 yang dapat mempengaruhi kesehatan janin.

Jenis Pemeriksaan

  • Anti-Toxoplasma IgG
  • Anti-Toxoplasma IgM
  • Anti-Rubella IgG
  • Anti-Rubella IgM
  • Anti-CMV IgG
  • Anti-CMV IgM
  • Anti-HSV2 IgG
  • Anti-HSV2 IgM

 

TORCH itu apa?

TORCH adalah istilah untuk menggambarkan gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu TOxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Keempat jenis penyakit infeksi ini berbahaya bagi janin bila sang ibu saat hamil terinfeksi penyakit ini. Risiko yang ditimbulkan dari terinfeksinya penyakit ini antara lain keguguran dan cacat pada bayi yang dilahirkan.

Nah, ibu saya ngewajibin saya tes ini, soalnya saya sempat melihara kucing. Walau kata dokter hewan, sebenarnya, melihara kucing bukan jadi satu-satunya sebab terkena infeksi tokso, karena

bisa aja dapat infeksi ini dari hal lain, tapi tetep aja, perasaan was-was ada. Jadi nurutlah saya, untuk Tes TORCH. Untuk Tes TORCH ini, kita diambil darah aja. Tidak harus puasa.

Hasilnya ?

Ada beberapa komponen yaitu IgG dan IgM yang tertera di lembar hasil. Hasil ini bisa dikonsultasikan dengan dokter. Ada pula hasil yang tertulis Non Reaktif.

Reactive menunjukkan batas nilai yang perlu diwaspadai. Sedang Non Reactive sampai normal merupakan nilai yang menunjukkan tubuh dalam kondisi baik, tidak ada infeksi virus TORCH yang menghawatirkan.

***
Oh iya untuk tes TORCH itu bisa juga dilakukan saat hamil, beberapa dokter kandungan biasanya menyarankan tes TORCH selain tes darah yang memang dilakukan saat trisemester pertama. Tujuannya apa? Ya untuk melihat ada atau tidaknya kemungkinan sang ibu terkena virus yang bisa saja menurun

ke sang anak. Jika memang ada, nantinya akan di treatment oleh dokter yang menangani.

Kalau ditanya, tes TORCH baiknya dilakukan kapan?

Ini pendapat pribadi ya, sebagai orang awam (dan kurang berilmu urusan medis). Kalau memang berniat (dan berharap) setelah menikah langsung dikaruniai anak, tidak ada salahnya tes TORCH sebelum menikah, misal nih (amit-amit) ternyata positif, kan bisa diobati terlebih dahulu sebelum merencanakan hamil.

Jadi, penting ngga tes TORCH?
Menurut saya sih penting ya. Jadi jangan lupa sisihkan dana untuk tes kesehatan sebelum nikah ya. Demi generasi yang lebih sehat.

Memang tes TORCH biayanya berapa?

Di tahun 2015 lalu, biayanya masih 2,2 juta di Prodia.

Omong-omong, selain Tes TORCH, KUA juga mensyaratkan sudah adanya suntik tetanus sebelum nikah. Nah, sempat bingung sih, suntik di mana. Akhirnya waktu ngurus-ngurus surat di Kecamatan,

sempetin nanya ke Puskesmas yang ada di dekat situ dan berakhir dengan janjian ke petugasnya untuk disuntik Tetanus.

 

Nah, demi generasi yang lebih sehat, jangan lupa cek kesehatan dan vaksin ya.

 

#ODOP

#BloggerMuslimah Indonesia

 

Sumber informasi :

  • http://bidanku.com/pengertian-torch-berikut-pencegahannya
  • http://www.serempak.id/tes-kesehatan-pra-nikah-penting-tapi-sering-dilupakan/
  • http://prodia.co.id/id/InfoKesehatan/ArtikelKesehatanDetails/sudahkah-anda-siap-100-untuk-menikah
  • http://terapitorch.com/cara-mudah-membaca-hasil-laborat-infeksi-virus-torch.html