Kanker Serviks Memang Bahaya, Tapi Bisa Dicegah Kok…

Masih lekat dalam ingatan saya, seorang artis perempuan yang cukup terkenal Julia Perez (Jupe) meninggal pada pertengahan tahun ini. Dari berita yang beredar, Jupe diketahui diketahui mengidap kanker serviks dengan diagnosa awal stadium 2A sejak akhir tahun 2014. Beberapa pengobatan telah dijalaninya baik di dalam negeri maupun luar negeri. Berita tentang perjuangan Jupe melawan penyakit yang dideritanya marak di media.

Penyakit kanker memang terdengar mengerikan dan serius. Kanker bukanlah singkatan dari kantong kering alias tak ada uang.

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. - diambil dari YayasanKankerIndonesia.org

Ada berbagai jenis kanker yang sudah diidentifikasi saat ini, antara lain kanker hati, kanker darah, kanker mulut, kanker mata, kanker serviks dan banyak lagi. Kanker serviks merupakan kanker yang terjadi pada serviks (bagian paling bawah dan ujung dari rahim seorang wanita) yang menghubungkan vagina ke bagian atas rahim.

Berdasarkan data tahun 2014, lebih dari 92 ribu perempuan Indonesia meninggal karena kanker dan 10,3 persen di antaranya karena kanker serviks. Kasus kanker serviks di Indonesia bahkan menempati nomor dua tertinggi di dunia, sebanyak lebih dari 21 ribu kasus. Kanker serviks adalah salah satu kanker yang dapat disebabkan oleh virus, yaitu virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus HPV dapat ditemukan di mulut, alat kelamin, dan dubur. Oleh karena itu, HPV bisa ditularkan lewat hubungan seksual baik vaginal, anal, maupun oral. Kanker serviks dengan stadium lanjut dapat menyebar ke anggota tubuh lain bahkan menyebabkan kematian.

Rahim Perempuan – Sumber : Pixabay.com

Dalam dunia medis, kanker serviks termasuk dalam salah satu jenis kanker yang bisa disembuhkan, selama terdeteksi dini dan masih dalam stadium awal. Dilansir dari cancer.org, pasien yang terdeteksi kanker serviks stadium stadium 1A memiliki survival rate (kemampuan bertahan hidup) sebesar 93%. Oleh karena itu, tindakan preventif dapat dilakukan untuk mencegah bahkan menyembuhkan kanker serviks.

Tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena kanker serviks dapat dilakukan dengan pemberian vaksin serta melakukan seks secara aman dan tidak berganti-ganti pasangan. Vaksin kanker serviks dapat diberikan untuk pria dan wanita. Pria yang berhubungan dengan sesama pria direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin. Sementara itu, untuk wanita sendiri, pemberian vaksin kanker serviks dapat dimulai sejak dini mulai usia 11 tahun. Dosis pemberian vaksin kanker serviks adalah 3 kali, setelah pemberian vaksin pertama, 1-2 bulan kemudian diberikan vaksin kedua, dan vaksin ketiga diberikan dalam jangka waktu 6 bulan setelah vaksin pertama. Vaksin kanker serviks untuk wanita dapat diberikan kepada wanita yang telah berhubungan seksual maupun belum. Selain itu, perilaku sehat seperti tidak berbagi barang pribadi juga bisa mencegah penularan virus HPV.

Bagi pria dan wanita yang telah berhubungan seksual atau aktif berhubungan seksual, perilaku seks aman dapat mencegah terjadinya kanker serviks. Perilaku seks aman antara lain dengan tidak berganti-ganti pasangan dan memakai kondom. Untuk wanita yang pernah melakukan hubungan seksual, memeriksakan kesehatan reproduksi secara berkala juga dapat dilakukan sebagai tindakan preventif untuk mencegah atau mendeteksi ada atau tidaknya kanker serviks. Beberapa metode skrining untuk melakukan pemeriksaan serviks yang telah dikenal adalah Pap Smear, Thin Prep dan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat).

 

Pap Smear Test

Tes pap smear adalah suatu metode pemeriksaan sel – sel yang diambil dari servik dan kemudian diperiksa dibawah mikroskop untuk melihat perubahan – perubahan yang terjadi dari sel – sel tersebut. Perubahan sel – sel servik yang terdeteksi secara dini akan memungkinkan beberapa tindakan pengobatan diambil sebelum sel-sel tersebut dapat berkembang menjadi sel kanker. Beberapa rekomendasi pelaksanaan Pap Smear, antara lain :

  • Pap Smear dilakukan sekali setahun bagi wanita yang sudah menikah atau sudah melakukan hubungan seksual.
  • Pap Smear dapat dilakukan setiap tahun untuk wanita yang bersuami diatas 35 tahun, wanita yang berganti-ganti pasangan seksual atau pernah menderita infeksi HPV atau alat kelamin, wanita yang memakai alat kontrasepsi hormonal.
  • Pap Smear dapat dilakukan setiap 2 – 3 tahun untuk wanita yang berusia diatas 35 tahun jika 3 kali Pap smear berturut-turut menunjukkan hasil negatif atau untuk wanita yang telah menjalani histeroktomi (rahim di angkat) bukan karena kanker.
  • Pap Smear dapat dilakukan sesering mungkin setelah penilaian dan pengobatan prekanker maupun kanker servik .
  • Pap Smear dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada masa haid atau sesuai petunjuk Dokter.

Hasil pemeriksaan pap smear dapat dilihat setelah 7-10 hari dari pemeriksaan.

 

Thin Prep Test

Thin Prep adalah metode pemeriksaan yang berfungsi untuk mendeteksi dini kanker mulut rahim bagi wanita yang sudah menikah atau yang sudah melakukan hubungan seksual. Manfaat dari tes ini adalah melakukan creening terhadap adanya proses keganasan (kanker) pada daerah mulut rahim (serviks) serta dapat melakukan pengujian infeksi penyakit kelamin lain seperti chlamydia, gonorrhea dan Trichomonas. Kelebihan dari Thin Prep Test antara lain :

  • Pengambilan dan dan penyimpanan sampel yang lebih baik
  • Hasil yang didapat lebih akurat mendekati 100% dan sel yang tidak normal juga dapat dideteksi lebih akurat
  • Diagnosis yang dihasilkan dari pemeriksaan akan lebih tepat dan pasti

 

IVA TEST

IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat. Wanita dengan usia 30 – 50 tahun dianjurkan untuk melakukan tes IVA. Syarat lain untuk mengikuti test IVA adalah sudah menikah, tidak sedang datang bulan/haid , tidak sedang hamil, dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual. Pemeriksaan IVA memiliki kelebihan antara lain :

  • Mudah, praktis dan sederhana karena bahan, alat, dan teknik pemeriksaan juga murah dan sederhana
  • Sensitivitas dan spesifikasi cukup tinggi.
  • Dapat dilaksanakan oleh tenaga kesehatan bukan dokter Ginekologi saja, akan tetapi dapat dilakukan oleh bidan di setiap tempat pemeriksaan kesehatan ibu atau dilakukan oleh semua tenaga medis terlatih.
  • Metode skrining IVA sesuai untuk pusat pelayanan sederhana.

Hasil pemeriksaan IVA lebih cepat dan singkat karena langsung bisa dilihat pada perubahan warna serviknya.


Saya sendiri sudah melakukan pap smear tahun ini, tapi belum sempat melakukan vaksin kanker serviks dan syukurnya hasilnya melegakan. Pemeriksaan Pap Smear dan pemberian vaksin kanker serviks dapat dilakukan di laboratorium kesehatan maupun rumah sakit. Mayapada Hospital menawarkan layanan pap smear dan pemberian vaksin HPV.

Paket Vaksin Pencegah Kanker Serviks – Mayapada Hospital

Paket pemberian Vaksin HPV di Mayapada Hospital antara lain

  1. Paket Rose seharga Rp. 3.100.000. Sudah termasuk : Biaya administrasi, Pemeriksaan Dokter Obstetric & Gynecology, serta 3x vaksinasi (Gardasil 0.5ml)
  2. Paket Lavender seharga Rp. 2.600.000. Sudah termasuk : Biaya administrasi, Pemeriksaan Dokter Obstetric & Gynecology, serta 3x vaksinasi (Cervarix 0.5ml)

Gardasil dan Cervarix adalah dua vaksin untuk mencegah infeksi HPV yang telah disetujui oleh The Food and Drug Administration (FDA).

Paket Skrining Awal Kanker Serviks – Mayapada Hospital

Sementara itu, untuk deteksi dini Kanker Serviks, Mayapada Hospital menawarkan Paket Deteksi Dini Kanker Serviks seharga Rp. 1.220.000,- yang meliputi Biaya administrasi, Pemeriksaan Dokter Spesialis Obstetric & Gynecology, Thin Prep Test, USG Transvaginal Print, Patologi Anatomi: Thin Prep Test, serta Makan pagi / siang.

Untuk informasi lainnya seputar kesehatan atau penawaran layanan kesehatan di Mayapada Hospital dapat diakses melalui

Website: http://mayapadahospital.com
Facebook Fanpages : Mayapada Hospital
Instagram: @mayapadahospital
Twitter: @rsmayapada

Kanker serviks memang berbahaya dan mengerikan, namun masih memiliki kemungkinan untuk disembuhkan. Oleh karena itu, tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kanker serviks harus dilakukan. Yuk jaga kesehatan tubuh kita dan peduli akan bahaya kanker serviks.

Ini Resolusiku di Tahun 2018….

Apa yang dirasakan ketika kalender menunjukkan bahwa kini kita telah memasuki bulan Desember ? Tak sedikit orang yang berujar, “Hah, udah bulan Desember aja? Kok ga berasa sih? Aku belum ngapa-ngapain nih”. Namun ada pula orang yang berkata “Syukurlah, semua yang direncanakan sudah terlaksana”.

Di akhir tahun 2016 lalu, saya merasa menemukan bahwa saya senang menulis. Walau baru melalui media blog, saya menemukan bahwa menulis adalah hal yang membuat saya bergairah dan senang melakukannya. Menulis ternyata memberikan saya keberanian untuk berkompetisi. Hal yang selama ini seringnya saya hindari.

Di tahun 2017, saya merasa banyak yang ingin saya pelajari, tapi ternyata banyak yang tak terlaksana dan saya tak fokus pada apa yang saya jalani karena saya masih bingung akan keinginan saya sendiri. Pengalaman di tahun 2017 memberikan saya gambaran bahwa menyusun resolusi harus detail dan didasari oleh apa yang kita lakukan biasanya dan apa yang ingin kita tingkatkan dari peran kita.

2018 – Sumber : Unsplash.com

Menuju tahun 2018, saya merasa harus lebih fokus terhadap beberapa hal yang sedang dan akan dilakukan. Jadi, setelah saya bertapa 3 malam, inilah resolusi saya di tahun 2018 :

  • Lulus Kelas Bunda Sayang
    Badge Kuliah IIP Saat Menyelesaikan Tantangan

    Sejak awal tahun 2017 lalu, saya ikut kuliah online via WhatsApp di Institut Ibu Profesional (IIP). Saya ikut kelas ini karena sadar bahwa saya sekarang memiliki peran sebagai istri dan ibu dan saya harus terus belajar. Diawali dengan kelas matrikulasi 3 bulan dan saya berhasil lulus, saya melanjutkan naik kelas ke Kelas Bunda Sayang. Kelas Bunda Sayang terdiri dari 12 materi untuk mendidik anak dengan mudah dan menyenangkan.

    Nah, untuk bisa mendidik anak dengan mudah dan menyenangkan, apalagi di umur anak yang lagi aktif dan mulai cerewet, saya harus punya rasa sabar yang tinggi dan selalu berpikir positif. Saya percaya apa yang dimulai dengan kebaikan akan berakhir baik juga.

    Sudah 6 materi saya pelajari di kelas ini dan tantangan per materi pun sudah saya kerjakan. Resolusi saya di tahun 2018 : Lulus Kelas Bunda Sayang dengan menyelesaikan seluruh tantangan yang diberikan. Saya mau jadi ibu yang bisa mendidik sekaligus jadi sahabat untuk anak.

  • Ikut Kelas Bunda Cekatan IIP

    Setelah selesai kelas Bunda Sayang yang saya perkirakan selesai bulan Juni 2018. Saya harus ikut kelas Bunda Cekatan untuk lebih mampu lagi berperan sebagai istri dan ibu dengan meningkatkan diri sebagai manager keluarga yang cekatan menjalankan peran. Nah, kelas di IIP sekarang ini ramai banget peminatnya, jadi saya harus lebih sigap dan mencari tahu info-info yang ada. Tentu ingat cita-cita saat menikah dulu, jadi istri soleha, punya keluarga sakinah, mawaddah, warahmah sampai kelak di surga.

    Masak Simpel, Enak, Bergizi – Sumber : Unsplash.com

    Sambil mempersiapkan diri ikut kelas, resolusi lain saya sebagai istri adalah : Rajin Belajar dan Praktek Masak. Di tahun 2017 ini saya menyadari kalau ternyata saya ini masih boros urusan jajan-jajan makan di luar. Itulah sebabnya walau udah diatur sedemikian rupa kadang sering bocor halus juga keuangan keluarga gara-gara jajan di akhir pekan karena saya malas masak. Tahun 2018 saya punya resolusi agar lebih rajin masak sarapan yang bergizi dan masak di akhir pekan. Sayang juga punya alat masak tapi sering dianggurin.

  • Berpartisipasi dalam Inovasi Gugus Kendali Mutu Perusahaan
    Brainstorming Ideas – Sumber : Unsplash.com

    Sebagai karyawan kantoran, saya dituntut untuk terus berinovasi sebenarnya. Apalagi di era disruptif seperti sekarang. Ide kadang banyak, tapi eksekusi suka susah. Sebenarnya saya dan teman-teman di unit kerja punya proposal program inovasi dari tahun 2016 udah bikin tapi perlu perbaikan . Nah, setelah mengerjakan perbaikan di tahun 2017, tahun 2018 kita niat ikutan lagi dan semoga diberikan hasil yang terbaik.

    Inovasi ini sebenarnya juga pacuan buat saya dan teman-teman kantor supaya lebih menjaga produktivitas dan selalu bekerja dengan baik dan ikhlas. Tujuannya? Supaya apa yang kita kerjakan jadi amal ibadah, serta apa yang kita dapatkan pun lebih berkah.

  • Konsisten Nge-Blog dan Semakin Bermanfaat

    Menjelang akhir tahun 2017 saya merasa bahwa nge-blog itu butuh konsistensi tinggi dan ga hanya tentang penulisan aja yang harus menarik tapi juga isi konten lain seperti foto dan membangun engangement. Artinya apa? Saya harus lebih banyak belajar tentang blog dan foto, bahkan kalau bisa video dan grafis lainnya. Selain itu, meningkatkan relasi dengan teman blogger lain juga penting dengan blogwalking. Target saya tetap melanjutkan kebiasaan yang saya mulai di akhir tahun 2017 yaitu minimal 1 post per minggu dan 5 blogwalking per hari.

    Belajar Nge-blog Lebih Baik dengan Ikutan Wotkshop & Flash Blogging

    Blogging membuat saya berani ikut kompetisi dan ingin meningkatkan kemampuan menulis saya tidak hanya blog tapi juga menulis fiksi. Nah, bulan November lalu saya sempat ikut kelas menulis cerita anak online dan bulan ini saya berani ikutan submit hasil karya untuk ikut workshop menulis cerita anak tahun depan. Semoga saya lolos dan bisa ikut workshop. Kalaupun tidak lolos, ya saya harus tetap belajar untuk menulis cerita anak dan memberanikan diri menulis di media lain selain blog.

    Relawan – Sumber : Pixabay

    Saya ingin meningkatkan kualitas tulisan saya agar lebih bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, saya juga ingin berkontribusi langsung menjadi relawan jika ada open recruitment relawan seperti di Kelas Inspirasi. Untuk saya berbagi secara langsung itu memberikan makna lebih bagi hidup.

    Baca juga : Mencoba Menjadi Peri Buku Books On The Go Indonesia


Untuk mewujudkan apa yang saya inginkan di tahun 2018 nanti tentunya perlu fisik yang sehat, biar pikiran juga ikut tenang, dan hati pun senang mengerjakan apa yang jadi resolusi saya. Punya banyak keinginan dan aktifitas yang lumayan padat membuat saya perlu menjaga daya tahan tubuh. Yang saya lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah makan yang bergizi, tidur yang cukup, serta tetap berolah raga ringan seperti jalan sore keliling komplek.

Tapi, kadang tetap saja, kalau di kantor ada yang sedang sakit (flu), saya kadang juga ketularan. Itu tandanya saya lagi khilaf menjaga daya tahan tubuh atau kecapekan. Biasanya, saya langsung minum Theragran-M karena merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan dan sudah ada sertifikasi Halal dari MUI.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Theragran-M adalah kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) yang terbukti meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan. Sakit itu ga enak kan, jadi kalau sakit jangan kelamaan. Untuk mengembalikan daya tahan tubuh ya perlu vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit dan pilihan saya jatuh pada Theragran-M. Setelah minum dan istirahat cukup, badan bisa fit lagi dan aktivitas bisa dilanjutkan.

***

Resolusi sudah dibuat, fisik sudah disiapkan, hati sudah dimantapkan, saya pun siap menyambut tahun 2018. Semoga semua yang kita rencanakan dapat terwujud.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.  #TheragranM  #My2018Resolution

Menilik Destinasi Wisata Baru di Palembang Melalui Pasar Baba Boen Tjiet

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

 

Sebagai kota tertua di Indonesia, Palembang tentu memiliki banyak sejarah. Kekayaan sejarah ini yang menjadikan Palembang cocok untuk dijadikan salah satu destinasi bagi pecinta sejarah. Selain itu, Palembang juga unggul dalam kekayaan budaya. Maka dari itu, wisata yang selalu ditonjolkan kota Palembang tak lain adalah wisata heritage, seperti Pulau Kemaro, Kampung Kapitan, dan Kampung Al-Munawar. Jika saya ingat-ingat, ketiganya memiliki lokasi yang serupa, di tepian Sungai Musi yang membelah kota Palembang. Bukan tidak mungkin, masih ada wisata heritage lain yang ada di tepian Sungai Musi. Asumsi itu dibenarkan dengan diselenggarakannya acara Pasar Baba Boentjit di kawasan 3-4 Ulu Palembang.

Acara Pasar Baba Boentjit diinisiasi oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sumsel dengan tujuan mempopulerkan Rumah Baba Boentjit beserta budaya yang ada di sekitarnya. Mengangkat tema “Di Tepian Musi Kita Bersama”, acara ini menjadi ajang untuk masyarakat Palembang untuk bersama-sama mengenal dan merasakan warisan budaya yang ada di tepian Sungai Musi.

Hai, Guys! Pasar Baba Boentjit tidak menerapkan Harga Tiket Masuk alias GRATIS. So, kalo ada yang memberikan tiket masuk dan meminta bayaran, tolak aja. . . Diingat ya, shuttle ketek dan masuk ke area Pasar Baba Boentjit: GRATIS! . . Yang perlu kalian bayar adalah tarif parkir kendaraan, makanan, minuman dan souvenir yang memang dijual di sana. . . Tujuan kami, Generasi Pesona Indonesia Sumatera Selatan (GenPI Sumsel) mengadakan Pasar Baba Boentjit ini, selain untuk membuat destinasi wisata baru, adalah untuk memberdayakan masyarakat sekitar destinasi, membuat masyarakat mencintai pariwisata dan menjadikannya sebagai salah satu sumber mata pencaharian. . . Bayangkan, Guys, sebagai generasi millenial kita telah berperan menggerakkan roda perekonomian. Hidup terasa lebih bermakna. . . Mimin jadi terharu. Yoks, kita haru-haruan dan seru-seruan di Pasar Baba Boentjit. . . #pasarbababoentjit #genpisumsel

A post shared by Pasar Baba Boen Tjit (@pasarbababoentjit) on


Pasar Baba Boentjit, Di Tepian Musi Kita Bersama

Gelaran acara ini berlokasi di Rumah milik Baba Ong Boen Tjit tepatnya di Lorong Saudagar Yucing No. 55 RT 050 RW 002 Kelurahan 3-4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1. Rumah Baba Boentjit memiliki halaman yang luas dan tepat berada di tepi Sungai Musi. Oleh karena itu, walaupun untuk menuju ke lokasi dapat melalui jalur darat, namun lebih disarankan melalui jalur sungai dengan menggunakan perahu kecil / perahu ketek. Saya sendiri memilih memarkirkan kendaraan di sekitar Benteng Kuto Besak (BKB) lalu menggunakan perahu ketek dari Dermaga BKB yang berada tak jauh dari ikon baru kota Palembang, Tugu Belido. Biaya untuk naik perahu ketek berkisar antara 5.000 – 10.000 rupiah, tergantung dari jenis perahu dan jumlah penumpang. Kalau yang ingin menumpang tak banyak dan butuh cepat, bukan tidak mungkin harga lebih mahal.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Menyusuri Sungai Musi dengan perahu ketek dapat menjadi satu aktivitas menarik. Kita dapat melihat kokohnya Jembatan Ampera yang diresmikan sejak tahun 1965 yang juga menjadi ikon kota Palembang. Semakin mendekat ke arah 3 Ulu, kita dapat menyaksikan pembangunan lain di kota Palembang yaitu proyek Jembatan Musi VI yang tentu telah dinantikan untuk segera selesai. Hanya butuh waktu 5 – 10 menit dari Dermaga BKB untuk sampai ke Rumah Baba Boentjit.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Halaman luas yang berada tepat di depan Rumah Baba Boentjit dijadikan sebagai area pasar. Layaknya pasar, terdapat aneka pilihan kuliner yang dijual untuk memanjakan mulut dan perut para pengunjung. Tak perlu khawatir, area makan pun disediakan lengkap dengan banyak tempat duduk dan meja-meja. Kuliner apa yang ditawarkan? Tentu saja kuliner khas Palembang mulai dari pempek, rujak mie, tekwan, laksan, burgo, dadar jiwo, model, kue maksuba, pempek tunu, sarikaya, gandus, otak-otak, es kacang, pindang, dan kemplang. Pempek dan Kemplang Tunu menjadi salah satu sajian yang diunggulkan di lokasi ini karena masyarakat di area Rumah Baba Boentjit ini memang melakukan aktivitas membuat panganan tersebut sehari-hari.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Melihat Tradisi Pengrajin Daun Nipah

Kenyang menikmati sajian justru membuat saya ingin bergerak lebih dan menemukan beberapa pengrajin nipah di pojokan Pasar Baba Boentjit ini. Memiliki nama ilmiah Nypa fruticans Wurmb, nipah adalah tumbuhan yang bisa tumbuh di dekat aliran sungai yang berair agak tawar atau rawa-rawa. Tak heran, tumbuhan nipah banyak tumbuh di area pesisir Sungai Musi. Tumbuhan nipah dapat dimanfaatkan baik buah, daun, tangkai daun, dan pelepah nipah.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Untuk masyarakat Kelurahan 3-4 Ulu, daun nipahlah yang diolah untuk menghasilkan kerajinan dan rokok pucuk. Kerajianan yang dapat dibuat dari daun nipah antara lain tikar, tas, topi, keranjang anyam, bahkan atap atau rumah. Umumnya, para pengrajin akan menganyam daun nipah yang memiliki bentuk mirip janur kelapa tersebut untuk menghasilkan kerajinan. Pantas saja di area gerbang pasar tadi banyak daun nipah yang bertumpuk dan keranjang anyaman warna warni. Kerajinan dari daun nipah cukup tergantung dengan cuaca karena butuh waktu untuk mengeringkan daun nipah untuk selanjutnya diproses menjadi anyaman.

Sejak puluhan tahun silam, sudah lama masyarakat Kelurahan 3-4 Ulu memiliki pekerjaan sebagai pengrajin nipah. Hal ini menjadi sebuah tradisi yang berlangsung turun temurun dan semoga tetap terjaga.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

 

Bertamu ke Rumah Baba Ong Boen Tjiet

Baba adalah sebutan untuk laki-laki dewasa Tionghoa – Peranakan. Juga memiliki makna ayah dalam bahasa Mandarin. Baba Ong Boen Tjiet adalah seorang pengusaha keturunan peranakan yang terkenal di Palembang tempo dulu. Tak heran jika rumah Baba Ong Boen Tjiet memiliki halaman yang sangat luas.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Rumah milik Baba Ong Boen Tjit ini diperkirakan telah berusia lebih dari 300 tahun dan kini ditempati oleh keturunan kedelapan dari Baba Ong Boen Tjiet. Memiliki atap berbentuk limas dan berbahan utama kayu, rumah Baba Ong mirip dengan rumah khas Palembang. Perbedaan yang mencolok tentu berada di ornamen yang ada. Ukiran-ukiran dengan tulisan Tiongkok terpasang di beberapa pintu dam sisi rumah. Tak hanya itu, interior di dalam rumah pun sarat akan kekhasan budaya Tiongkok seperti adanya lampion, guci-guci dan area untuk memanjatkan doa.

Para pengunjung dapat beristirahat dan berkumpul bersama di ruangan bagian depan rumah ini yang cukup luas. Jika ingin berfoto pun, pengunjung dapat berfoto baik di dalam maupun di luar rumah untuk mendapatkan hasil foto yang instagrammable. Di bagian belakang rumah terdapat beberapa kamar yang digunakan oleh keturunan Baba Ong Boen Tjiet.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Di sebelah Rumah Baba Ong Boen Tjiet, juga terdapat bangunan rumah yang lebih kecil yang pada acara ini digunakan sebagai galeri hasil karya fotografi. Foto-foto didominasi oleh foto yang memiliki nilai terkait dengan keturunan Tionghoa seperti aktivitas berdoa, pagoda, perayaan Imlek, dan lainnya.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Untuk berkunjung ke Rumah Baba Boen Tjiet menurut saya waktu yang tepat adalah sore hari karena tidak terlalu panas. Setelah puas berkeliling di Rumah Baba Boen Tjiet, kita dapat kembali lagi ke Dermaga BKB dan menikmati matahari yang mulai terbenam saat menaiki perahu ketek di Sungai Musi.


Tiga hari lagi menuju Pasar Baba Boentjit, Guys! . . Pasar Baba Boentjit ditujukan untuk semua kalangan usia dan minat. Mulai dari generasi old hingga generasi now. Mulai dari yang suka selfie, suka masak, suka makan, sampai yang suka nulis, semua minat dapat terpenuhi di sini. Pasar Baba Boentjit menawarkan paket lengkap untuk kalian semua, Guys. . . Acara yang akan dipandu oleh @fikrihkl dan @sisiliasaharatris dan dimeriahkan oleh @dindakirana.s , bintang Film Sahabat Langit dan Sinetron Kepompong ini akan diselenggarakan pada Hari Minggu, 26 November 2016, pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai di 3 – 4 Ulu Palembang. . . Follow dan kepoin terus @pasarbababoentjit dan pastikan kamu ada di Pasar Baba Boentjit ya, Guys. . . Cant wait! . . #pasarbababoentjit #genpisumsel @genpi_id @donkardono @mansyurebo @ir_ariefyahya @kemenpar @pesonaid_travel @genpisumsel

A post shared by Pasar Baba Boen Tjit (@pasarbababoentjit) on

Acara Pasar Baba Boen Tjiet kali ini berlangsung hanya 1 hari, tepatnya pada hari Minggu, 26 November 2017. Mengintip apa yang dituliskan di akun instagram Pasar Baba Boentjit, beragam aktivitas lain juga dilaksanakan seperti games, demo masak, drama, serta ada pula pertunjukan musik akustik dan tari kreasi.

Sebagai destinasi wisata baru di Palembang, bukan tidak mungkin jika Pasar Baba Boen Tjiet akan rutin diadakan setiap tahunnya. Sebagai pengunjung, saya ingin memberi beberapa masukan seperti adanya informasi lebih terkait hal-hal yang ditonjolkan misalnya ada booklet atau informasi yang bisa dibaca pengunjung di tempat misalnya tentang siapa Baba Ong Boen Tjiet atau tentang tanaman nipah dan tradisi kerajinan nipah. Selain itu, mengingat cuaca Palembang yang cukup terik, dalam pandangan saya, mungkin ada baiknya jika spot pengrajin nipah diberi payung besar agar pengrajin lebih nyaman untuk bekerja (tidak terlalu terkena terik matahari).

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Rumah Baba Ong Boen Tjiet dan Kerajinan Nipah di Kawasan 3-4 Ulu tidak hanya dapat dijadikan wisata karena memiliki nilai sebagai heritage Palembang. Tetapi juga membawa pesan untuk menghargai dan mempelajari keanekaragaman budaya yang ada di Palembang. Selain itu, pelajaran juga bisa berasal dari arsitektur dan interior rumah Baba Ong Boen Tjiet dan cara membuat daun nipah menjadi lebih bernilai menjadi sebuah kerajinan. Terima kasih kepada tim GenPI Sumsel yang telah menghadirkan Pasar Baba Boen Tjiet, semoga semakin banyak destinasi wisata di Palembang dan sekitarnya.

 

Lomba Blog Reportase Pasar Baba Boen Tjiet – source : Twitter @AboutPalembang
nb : Tulisan ini didaftarkan untuk Lomba Blog (Reportase) Pasar Baba Boentjit.

Flash Blogging Bersama Kemkominfo : Mari Mendukung Kemajuan Indonesia

Hujan yang mengguyur Palembang pada Kamis pagi ini tak menyurutkan niatku untuk bergegas pergi menuju Hotel Novotel Palembang. Sejak beberapa hari yang lalu aku sudah cukup antusias untuk hadir dalam acara Flash Blogging yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan Komunikasi (Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo) dan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan. Saking antusiasnya aku rela cuti demi ikutan acara ini.

Ini acara flash blogging pertama kali sejak menjadi blogger. Jadi, aku pun penasaran dengan acara yang akan diikuti, ilmu yang akan didapat, serta bertemu dengan teman blogger lainnya yang memang seringnya hanya bertemu saat ada acara untuk blogger saja. Memasuki salah satu meeting room, aku melihat seorang rekan blogger lain yang telah hadir, Nina Purwari. Panitia mempersilahkan kami melakukan registrasi dan tak lama kemudian area meeting room telah dipenuhi oleh rekan blogger dari kota Palembang


New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Lewat dari pukul 8, acara Flash Blogging diawali dengan sambutan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan lalu Ibu Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) membuka secara resmi acara ini. Ibu Niken mengatakan bahwa acara ini masuk dalam rangkaian Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK 2017).

SAIK 2017 merupakan kegiatan dari pemerintah agar pemerintah dapat bersinergi dengan masyarakat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan bidang Kemkominfo agar semakin harmonis, dan membuat masyarakat maju dan sejahtera.

Rangkaian acara ini juga sebagai momen bertemunya pemerintah (Kemkominfo) dengan stakeholder, salah satunya adalah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) termasuk diantaranya para blogger. Kita tahu kalau sekarang ini arus informasi begitu derasnya baik yang berisi konten positif maupun konten negatif. Blogger dapat memiliki peran penting dalam deseminasi informasi dengan memiliki etika penulisan dan penyebaran informasi yang baik di dunia digital. Harapan ke depan, para blogger memiliki kontribusi lebih dalam menyebarkan informasi positif dan mendukung kemajuan Indonesia tak hanya di bidang teknologi saja.

Dalam acara Flash Blogging kali ini, terdapat talkshow yang menghadirkan berbagai narasumber, antara lain :

  • Materi tentang Kesiapan Indonesia Menuju Asian Games 2018 oleh Bapak Bambang Supriyanto dari (INASGOC).INASGOC (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee) adalah komite resmi yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab sebagai panitia pelaksana yang akan menyusun rencana, menyiapkan dan menyelenggarakan Asian Games 2018.Sejak tahun 2016, INASGOC berfokus untuk merampungkan revitalisasi berbagai lokasi pertandingan yang akan diadakan di lokasi penyelenggara Asian Games (Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Banten). Selaku Wakil Direktur II INASGOC bidang Athlete Village & Service, materi yang disampaikan oleh Bapak Bambang Supriyanto lebih menjelaskan tentang kesiapan INASGOC untuk menyambung rombongan atlet yang akan datang dan menginap di Athlete Village. 

    Athelete Village dibuat di Kemayoran, Jakarta dan Jakabaring, Palembang. Untuk kali ini yang akan dijelaskan adalah Athlete Village Jakabaring, Palembang.Fasilitas yang dibangun oleh Indonesia untuk melayani para atlet yang akan bertanding tak hanya berupa penginapan di Residential Zone yang terdiri dari Athlete Village, Rusunawa, & Rusunami Centra Land saja. Hal-hal lain terkait transportasi pun mulai disiapkan dengan membangun LRT di kota Palembang yang akan menjadi LRT pertama di Indonesia, serda penyediaan sarana transportasi di area Jakabaring Sport City yang ramah lingkungan.

    Akomodasi tak hanya urusan menginap saja, urusan pelayanan makan pun menjadi perhatian dengan disiapkannya Dining Hall yang mampu menampung 2.500 orang. Dining Hall menjadi area untuk para atlet menikmati hidangan yang sehat sambil berinteraksi dengan peserta Asian Games lainnya sekaligus sebagai ajang unjuk sportivitas dan tukar budaya. Pembangunan Dining Hall mengacu pada standarisasi Olympic Council of Asia (OCA).

    Tak hanya itu, Tim INASGOC juga menyediakan area Welcome Center, Security Desk, Art & Culture Plaza, serta Athlete Service Center yang melayani para atlet baik yang bersifat kenyamanan dan kesenangan (leisure) maupun kebutuhan harian (daily needs). Layanan demi layanan terbaik akan diberikan oleh INASGOC sebagai perwujudan keramahan dan kesiapan Indonesia kepada para atlet. Tentunya hal yang dilakakukan INASGOC ini perlu didukung sebagai perwujudan kemajuan Indonesia yang memiliki keinginan menjadi bagian dari energi Asia, sesuai dengan tema Asian Games 2018 yaitu Energy of Asia.

    Info lebih lengkap terkait Asian Games 2018 dapat dilihat melalui website resmi, Facebook Pages, Twitter, Instagram dan Youtube.

 

 

  • Dari Sudut Istana oleh Handoko Sudarta – Tim Komunikasi Presiden (TKP)
    Sebagai anggota Tim Komunikasi Presiden, Bapak Handoko Sudarta menjelaskan tentang apa yang telah dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi untuk Indonesia. Mensosialisasikan program yang telah dilakukan pemerintah kepada masyarakat menurut saya menjadi hal yang sangat baik untuk mengurangi prasangka dan tudingan negatif akan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.Tim Komunikasi Presiden memiliki peran penting untuk mendekatkan Pemerintah dan sosok Presiden Jokowi kepada masyarakat. Salah satu cara pendekatan yang dilakukan adalah melalui media sosial resmi milik Presiden Jokowi yang umumnya berisi tentang aktivitas Presiden Jokowi. Ingin tahu apa yang dilakukan oleh seorang presiden, kita dapat mengikutinya melalui Youtube, Website, Facebook, Twitter, dan Instagram.Dalam perjalanan tahun pertama, pemerintah telah membangun pondasi, lalu melakukan percepatan di tahun kedua dan pada tahun ketiga ini, pemerataan sedang gencar dilakukan oleh pemerintah. Beragam video dari Tim Komunikasi Presiden disajikan sebagai bukti adanya kemajuan yang ada di Indonesia. Banyaknya masyarakat Indonesia yang semakin berseri dan tersenyum terwujud dalam video tersebut.

    Tak hanya itu, Tim Komunikasi Presiden juga menyampaikan sisi lain kehidupan istana melalui Channel Youtube Sudut Istana. Kisah dan cerita tentang kehidupan sosok presiden dan lingkungannya terlihat dari video di channel tersebut. Salah satu video yang menarik adalah perubahan dan tantangan yang dirasakan oleh Paspampres pada era kepemimpinan Presiden Jokowi.

    Kejutan datang di akhir sesi ini. Kehadiran Staf Khusus Mensesneg yaitu Dr Sukardi Rinakit memberikan nilai tambah di acara ini. Sebagai seorang penulis, Dr. Sukardi Rinakit memberikan 3 pesan bagi para blogger saat menulis yaitu jangan mudah kecewa atau harus bisa menerima kekecewaan, jangan terlalu banyak persepsi, serta cek dan ricek data tulisan. Uniknya pesan ini disampaikan melalui cerita beliau selaku Staf Khusus Presiden baik saat menemani Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) juga Presiden Jokowi. Sebuah quote yang sangat membangun nasionalisma dari Dr Sukardi Rinakit adalah Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia. 

     

  • Blogging di Indonesia dari Masa ke Masa oleh Enda Nasution
    Mengenal blogging sejak bangku kuliah dan terus berlanjut hingga sekarang, membuat Mas Enda Nasution mendapatkan julukan sebagai Bapak Blogger Indonesia. Mas Enda pulalah yang menjadi penggagas Pesta Blogger Indonesia pertama pada tahun 2007 dan menjadikan tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.Tak hanya menceritakan tentang dirinya, Mas Enda juga menceritakan tentang karakteristik blogger Indonesia yang berbeda dengan blogger Amerika Serikat, perkembangan komunitas blogger daerah di Indonesia, perkembangan sosial media, serta peran blogger sebagai media komunikasi baru pada saat ini.Ngeblog tak hanya soal meningkatkan menulis saja, tetapi juga memiliki manfaat lain baik untuk blogger maupun untuk pembaca. Mas Enda membagikan tips menulis blog yang baik, anatomi posting di blog, serta pendekatan apa yang bisa dilakukan oleh blogger agar blognya dibaca. Tak lupa, tantangan juga ada untuk para blogger dan mas Enda pun menjabarkan tantangan apa yang dihadapi blogger.

    Menutup talkshownya, Mas Enda yang kini aktif dengan kampanye #BijakBersosmed mengajak seluruh peserta flash blogging untuk berikrar BijakBersosmed secara offline. Secara online, ikrar bijak bersosmed dapat diakses melalui web. Aku telah bergabung dengan kampanye #BijakBersosmed secara online. Sekarang giliran kamu ya….


 

Sebagai penutup acara, diadakan lomba flash blogging alias ngeblog ditempat dengan waktu yang telah ditentukan untuk menceritakan rangkaian kegiatan hari ini. Ternyata membuat konten dengan waktu yang terbatas itu tak mudah ya. Tantangan tak hanya tentang bagaimana kita bisa menceritakan kembali rangkaian acara yang telah dilalui, tetapi juga muncul tantangan dari koneksi  internet yang bermasalah. Hehehe. Beruntung, tulisan saya ini (yang ini telah melalui proses penambahan beberapa materi) masih mendapat kesempatan untuk terpilih sebagai Juara Harapan dalam kompetisi flash blogging.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Acara ini tak hanya memberikan saya informasi berharga tentang perkembangan Indonesia, kebijakan pemerintah,  kesiapan Indonesia dalam menghadapi Asian Games 2018, atau informasi lain tentang kepenulisan kreatif di blog saja. Acara Flash Blogging yang merupakan bagian dari SIAK 2017 ini memberikan saya keinginan untuk lebih mendukung kemajuan Indonesia melalui penyebaran konten positif melalui media yang saya miliki berupa blog dan sosial media.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Terakhir, terima kasih seluruh pihak yang telah terlibat dalam acara ini dan membuat kami para blogger Palembang bisa kumpul kembali. Tak lupa terima kasih kepada atasan saya yang mengijinkan saya cuti demi hal yang saya sukai dan menambah ilmu bagi saya. Hehehe.

 

ps. foto bersama blogger lain didapat dari DeddyHuang, Azuari Eka, dan Twitter Mas Enda.

Wujudkan Wishlist Secara Efisien dengan Gift Registry Wishlistku

blickpixel / Pixabay

Merayakan momen-momen penting dalam kehidupan itu memang lebih terasa indah jika dilakukan secara bersama-sama. Momen bahagia seperti ulang tahun, pernikahan, dan kelahiran anak, rasanya akan indah jika dirayakan bersama teman dan keluarga. Tak jarang, teman dan keluarga ikut serta menambah kebahagiaan kita dengan memberikan kado.

Saya memiliki 3 sahabat dari masa kuliah yang sampai sekarang kebiasaan memberi kado pada event tertentu tetap kami lakukan. Menurut saya, ini layaknya bukti sayang kami satu sama lain walau sekarang tak berada dalam kota yang sama. Namun, tak jarang saya juga dilanda rasa kebingungan, kado apa yang harus saya berikan kepada teman-teman saya. Ingin bertanya rasanya malu, karena saya merasa nanti kadonya tidak jadi kejutan lagi dong. Kalaupun giliran saya ditanya mau apa, rasanya juga saya malu mengungkapkan karena takut saya banyak maunya saja. Akhirnya, selama ini saya memberi kado yang ‘aman’ saja seperti benda-benda yang dapat dipajang atau hiasan. Padahal belum tentu sahabat yang yang saya beri butuh benda tersebut. Kadang saya berandai-andai kalau bisa membaca daftar keinginan yang sahabat saya miliki, sehingga mudah bagi saya memberikan apa yang mereka inginkan secara tepat.

Kalau kita meminta kado secara spesifik kepada teman atau keluarga tertentu, rasanya kurang nyaman ya? Bagi saya sih, terkesan memaksa. Belum tentu orang tersebut bersedia dan bisa jadi merasa berat hati karena apa yang kita minta terlalu susah, malah ujungnya bisa jadi hubungan kita tidak enak dengan orang tersebut. Tapi, tidak mengungkapkan kado yang kita mau juga kadang bikin kurang nyaman. Karena, bisa saja kita mendapat kado yang tidak butuhkan, atau kado berisi barang yang sama dari pemberi yang berbeda, akhirnya barang menjadi berlebih dan mubazir. Serba salah rasanya.

Akan lebih nyaman kalau kita dapat menyampaikan daftar kado yang kita inginkan (wishlist), sehingga teman dan kerabat yang akan memberi kado dapat memilih untuk memberikan yang sesuai dengan kemampuannya. Adanya wishlist yang kita sampaikan juga membuat kita bisa mendapat kado yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tidak pusing saat orang memberikan kado yang bukan dalam daftar keinginan kita bahkan ternyata tidak kita butuhkan. Maka dari itu, mari kita mendaftarkan kado yang kita inginkan atau gift registry.


Apa itu Gift Registry?

Gift Registry memiliki arti mendaftarkan kado. Konsep mendaftarkan kado yang kita inginkan sebenarnya sudah lama dikenal di banyak negara. Konsep ini cukup disukai karena mengorganisir proses permintaan dan pemberian kado secara lebih efisien bagi pemberi maupun penerima kado. Di acara Korea yang sering saya tonton, kalau seseorang akan merayakan sesuatu (menikah, ulang tahun, pindah ke rumah baru, dan lain-lain), dia akan melakukan perayaan dan menyampaikan keinginannya kepada teman-temannya. Jadi, teman-teman akan datang dengan membawa kado sesuai keinginan dan permintaan orang yang sedang merayakan momen tersebut. Jadi gift registry dapat dilakukan dengan cara menyampaikan secara langsung kepada orang-orang atau melalui perantara seperti surat, telepon, sosial media, maupun instant messanging.

Mendaftarkan keinginan kita dengan Wishlistku
Wishlistku

Mendaftarkan kado yang kita inginkan untuk momen kebahagiaan kita (gift registry) kini semakin mudah dengan adanya Wishlistku. Wishlistku merupakan platform website yang cukup unik karena memperkenalkan konsep gift registry pertama di Indonesia sekaligus memudahkan kita dalam menyampaikan wishlist yang kita inginkan kepada publik melalui sosial media.

Memiliki tagline “The First Online Gift & Cash Registry in Indonesia“, Wishlistku menjadi platform pertama yang membantu kita untuk mendaftarkan keinginan kita dalam momen tertentu, sehingga kita akan menerima hadiah yang benar-benar kita butuhkan dan inginkan. Teman-teman atau keluarga kita pun akan sangat terbantu dengan adanya Wishlistku karena bisa memberikan hadiah spesial dan mewujudkan daftar keinginan kita tanpa harus menebak-nebak terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya dapat melihat video berikut

 

Gimana caranya mendaftarkan keinginan di Wishlistku ?

Caranya mudah banget. Kita bisa membuat akun di Wishlistku. Lalu setelah kita memiliki akun, kita dapat langsung membuat wishlist dengan menu Create Wishlist dan membuat wishlist sesuai momen yang ingin kita rayakan.

 

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Setelah membuat nama wishlist sesuai dengan keinginan kita, selanjutnya kita dapat menambahkan barang-barang apa yang ingin kita masukkan ke dalam wishlist yang telah kita buat.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Oh iya, kalau barang yang kita inginkan tidak ada dalam daftar barang di Wishlistku, kita juga bisa menambahkan dari seller atau toko lainnya. Nanti data barang yang kita inginkan akan lengkap, mulai dari gambar, deskripsi, harga, bahkan informasi penjual barang tersebut. Selanjutnya kita bisa memberitahukan teman atau keluarga kita tentang wishlist yang telah kita buat dengan men-share wishlist kita baik melalui email atau sosial media seperti facebook dan twitter. Mudah kan?

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
Apa untungnya menggunakan Gift Registry dengan Wishlistku?
Sebagai penerima kado
  • Kita akan mendapat keuntungan berupa mendapatkan kado sesuai dengan keinginan kita. Teman dan kerabat dapat memberikan kado sesuai daftar keinginan kita secara lebih efisien sehingga kado pun menjadi lebih bermanfaat
  • Kita sebagai penerima kado pun tidak akan memberatkan para pemberi kado dengan fitur Group Gift. Merasa kado yang kita inginkan terlalu mahal? Dengan men-setting kado kita yang inginkan sebagai group gift, para pemberi kado dapat memberikan kado tersebut secara patungan. Hal yang wajar kan orang memberi kado bersama-sama.
Sebagai pemberi kado
  • Adanya fitur Find Wishlist memudahkan kita untuk mencari wishlist milik teman dan keluarga kita dan selanjutnya kita dapat memilih kado mana yang akan kita berikan kepada mereka.
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
  • Kalau kita ingin memberikan kado kepada teman, kita tidak perlu membuang waktu untuk menebak apa yang mereka butuhkan karena apa yang mereka inginkan sudah tercatat dengan detail di Wishlistku. Dengan adanya fitur Reserve, para pemberi kado juga dapat menghindari pemberian kado yang sama karena kita telah memilih untuk memberikan kado tertentu terhadap teman sehingga pemberi kado yang lain dapat memilih barang yang berbeda.
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
  • Kita dapat memilih untuk memberikan kado dalam bentuk barang sesuai permintaan atau dalam bentuk cash. Jika kita akan memberikan dalam bentuk barang, sangat dimudahkan info seller dari barang yang diinginkan. Sehingga proses pembelian dan pengiriman kado pun menjadi lebih mudah dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
  • Sebagai pemberi kado, kita juga dapat melihat kado mana yang benar-benar diinginkan oleh penerima melalui kode “Must Have“. Dengan demikian kita pun dapat memberi kado sesuai dengan prioritas yang dibutuhkan.
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Jadi, kamu punya daftar keinginan apa untuk momen pentingmu? Pengen dikado sama saya? Atau bersedia tukeran kado juga sama saya? Yuk ikutan gift registry di Wishlistku. Kalau mau lihat wishlistku bisa cek di sini.

 

Kalau kamu penasaran sama Wishlistku, kamu bisa cek

Website : https://www.wishlistku.co.id/

Instagram : https://www.instagram.com/wishlistku/

Twitter : https://twitter.com/wishlistku

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC-h_mMsrBEJxLFNOlEBXYKg

 

 

ASUS VivoBook S15 S510UQ : Notebook Ringan dengan Layar dan Performa Besar

Kalau disuruh memilih kerja dengan menggunakan notebook atau perangkat PC lengkap, saya akan lebih memilih menggunakan notebook. Alasannya tentu saja karena lebih praktis, mudah untuk dibawa ke mana-mana. Memiliki pekerjaan sebagai pegawai kantoran dan blogger membuat saya membutuhkan perangkat praktis yang mendukung aktivitas saya bekerja. Notebook salah satunya.

Saya pernah mengalami bekerja di kantor menggunakan PC, lalu mendadak rapat dan butuh presentasi, saya diburu-buru untuk memindahkan file-file ke notebook kantor dan ternyata saat rapat notebook kantor tidak bekerja maksimal. Uh, bete jadinya. Maka dari itu, saya memilih mengerjakan pekerjaan di notebook saja.
VivoBook S15_S510_Scenario photo_05_NanoEdge Display
Saat rapat mapuun dinas ataupun tuntutan pekerjaan mobile lainnya, saya pasti akan membawa notebook, jadi saya tidak mengalami kesusahan untuk memindahkan data-data pekerjaan, apalagi saat terburu-buru, karena pekerjaan saya memang ada di notebook yang saya gunakan dan kita sudah kenal dengan perangkat yang kita miliki sendiri.

Setiap orang memiliki preferensi sendiri saat memilih notebook. Layaknya saat ditanya ingin minuman di gelas reguler atau besar di tempat minum teh ala Taiwan, kalau saya ditanya ingin notebook layar kecil atau besar, saya akan memilih yang layar besar, agar lebih puas dan membuat mata saya yang berkacamata ini nyaman bekerja. Sayangnya, terkadang notebook dengan layar besar memiliki bobot yang berat pula. Belum lagi, notebook yang besar, biasanya juga harganya lebih mahal. Ih, serba salah ya.

Mau punya notebook layar besar, ringan, harga terjangkau kok susah banget sih?

Itu pertanyaan saya beberapa waktu lalu. Beruntunglah wahai yang butuh notebook layar besar dan ringan, karena ASUS telah merilis varian VivoBook S pada event The Edge Of Beyond. Tambahan lagi, ASUS varian VivoBook S ini performanya mumpuni, desainnya elegan, fitur yang dimiliki menarik, dan harga ga bikin tabungan ludes seketika karena masih lebih terjangkau jika dibandingkan notebook layar besar yang super tipis atau yang lebih dikenal dengan nama ultrabook.

**

ASUS VivoBook S15 S510 UQ, si Notebook Ringan dengan Layar dan Performa Besar

a1

Yuk kita mengenal ASUS VivoBook S15 S510 UQ lebih dekat. Kali ini saya akan coba bahas spesifikasi dan fitur yang ada di notebook ini satu per satu.

Notebook Layar Besar dengan Tampilan Memukau

2

ASUS VivoBook S510 merupakan notebook berukuran 14″ yang memiliki layar 15,6″ Full HD. Tuh lihat, layarnya aja lebih besar dari ukuran body-nya ini karena ASUS menanamkan teknologi NanoEdge pada display, yaitu teknologi yang menggunakan bingkai / bezel yang sangat tipis (7,8mm), sehingga pengguna dapat memaksimalkan bagian permukaan notebook untuk layar. Bayangkan, 80% dari penampang notebook ini adalah layar.

VivoBook S15_S510_Scenario photo_12_Thin_Lightweight

Layarnya pun didukung dengan teknologi 178° wide-view angle sehingga dilihat dari sudut pandang manapun, warna dan kontras dari layar tetap hidup. Solusi canggih untuk yang senang berbagi konten dengan kolega, seperti mendiskusikan data-data yang akan dipresentasikan.
a6

ASUS mempersembahkan teknologi ASUS Splendid, yaitu teknologi yang memberikan tampilan visual terbaik untuk berbagai jenis konten. Terdapat fitur empat mode tampilan yaitu Mode Normal untuk tugas harian, Mode Vivid untuk foto dan video yang keren, Mode Eye Care untuk mengurangi ketegangan mata karena tingkap paparan cahaya biru, serta Mode Manual untuk pernyesuaian warna sesuai kebutuhan personal kita.

1707109370-ok

Tambahan teknologi Video ASUS Tru2Life juga mendukung pembuatan dan pengeditan video bagi para pecinta editing video atau vlogger. Ketajaman dan kontras setiap pixel di setiap fream dapat dioptimalkan hingga 150% sehingga gambar dalam video terlihat sangat hidup dan realistis.

 

Notebook Tipis dan Ringan untuk Mobilitas Tinggi

3

Walau memiliki layar seluas 15,6″, ASUS VivoBook S510 ini hanya memiliki bobot seberat 1,5 kg dan ketebalan 17,9 mm karena memiliki chassis yang ringkas. Bahkan, jika dibandingkan dengan ultrabook, ASUS VivoBook S15 bisa jadi lebih tipis. Tentunya dengan bobot dan tebal minimalis, ASUS VivoBook menjadi sangat ringkas dan praktis untuk dibawa untuk aktivitas pekerjaan kita.

a10

Notebook dengan Kompatibilitas Anti Ribet

Namanya notebook tentu saja butuh port yang lengkap untuk menunjang pekerjaan kita. Varian port di ASUS VivoBook S510 sudah sangat lengkap dan beragam. Di sisi kiri notebook, ada 2 port USB 2.0 Type A dan SD Card Reader sementara di sisi kanan notebook, sudah ada USB 3.1 masing-masing 1 untuk Type A dan 1 untuk Type C™, port HDMI 1.4 full sized, port audio jack 3.5 mm combo, dan tentu saja port untuk power input.

a30

Seiring dengan banyaknya perangkat yang beralih menggunakan USB 3.1 Type C™, ASUS pun sudah siap untuk mendukung dengan menanamkan port tersebut dengan kecepatan transfer data yang mampu sampai 5x lebih cepat dari USB 2.0. Port HDMI memudahkan kita saat akan menyambungkan notebook ke layar televisi atau proyektor melalui kabel HDMI.  Kompatibilitas dengan perangkat lain pun bebas ribet.

Notebook dengan Keyboard Empuk nan Ergonomis

a32

Sisi ergonomis tetap diperhitungkan oleh ASUS, maka ASUS VivoBook S15 ini memiliki keyboard full-size backlit yang ergonomis. Deretan tombol keyboard dengan konstruksi keyboard single-piece yang kokoh dan tinggi tombol 1,4 mm berbaris rapi dan sangat nyaman untuk mengetik. Alhasil, tangan pun semakin lincah bergerak untuk pekerjaan kantor dan tulisan di blog.

6
a5

 

Notebook dengan Touchpad Multi Gesture dan Pengamanan Biometrik

Touchpad ASUS VivoBook S15 memiliki kemampuan palm rejection yang sangat bermanfaat untuk menghindari kesalahan pengetikan saat telapak tangan tidak sengaja menyentuk touchpad. Touchpad untuk menggeser kursor pada ASUS VivoBook S15 sangat smooth saat digunakan, mendukung kemampuan multi-gesture pada Windows 10 dan sensor hingga 4 jari. Berikut ini adalah action yang bisa dilakukan di atas touchpad ASUS VivoBook S15.

a4

Tak hanya itu, sensor sidik  jari  pun menempel pada touchpad. Dukungan fitur login dengan Windows Hello memudahkan untuk mengakses notebook lebih mudah dan lebih aman karena cukup dengan satu sentuhan, notebook dapat diakses. Pengamanan biometrik menggunakan fingerprint scanner membuat kita tak perlu mengetikkan sandi lagi untuk membuka notebook. Tentunya, fitur ini juga semakin meningkatkan keamanan data yang kita miliki. Tak perlu khawatir saat notebook tertinggal karena data akan terjamin karena hanya kita sendiri yang dapat mengaksesnya

a14
a15

Notebook dengan Performa Luar Biasa

Berdasarkan data GfK 2017, ASUS menempati peringkat 1 di pasar notebok Indonesia. Hal ini tentu saja karena ASUS selalu merilis seri notebook dengan  spesifikasi tinggi.

a19

Urusan performa tentu menjadi fokus dari ASUS di setiap perangkatnya. Prosesor yang ditanamkan di ASUS VivoBook S510 adalah Intel Core i5 7200U, merupakan prosesor terbaru generasi ke-7 (KabyLake) dari Intel dengan kecepatan 2,5 – 3,1 GHz. Prosesor ini sangat hemat energi karena bekerja dengan daya 7,5 sampai 25 watt.

a7

Dukungan grafis tak kalah dahsyat, karena menggunakan grafis berbasis Nvidia GeForce 940MX dengan video RAM sebesar 2GB. Guna medukung performa prosesor dan grafis, RAM DDR3L yang hemat energi, berkecepatan 2133 MHz juga dibenamkan. Untuk bermain game pun, notebook ini cukup handal dan menampilkan tampilan yang tajam. Eh, sekali-kali bermain game kan gapapa, mosok kerja terus…

a22
Tak lupa, Wi-Fi ultra-fast dual-band 802.11ac, mendukung pengguna untuk dapat menikmati kecepatan hingga 6x lebih cepat dari Wi-Fi 802.11n. Performa dahsyat menjadi keunggulan penting dari ASUS VivoBook S510. Aktivitas pekerjaan yang terkadang membutuhkan kebutuhan komputasi dengan banyak aplikasi yang dibuka mendapat dukungan penuh dari hardware yang baik.

Notebook dengan Kapasitas Extra Besar

a21

ASUS VivoBook S510 telah dilengkapi RAM 4GB dengan dua buah storage kombinasi antara HDD dan SSD. Kapasitas harddisk HDD sebesar 1TB siap untuk menampung file besar sementara SSD 128 GB mampu mengoptimalkan performa notebook karena memiliki kecepatan data sehingga menginstal dan mengakses aplikasi semakin cepat. Perpaduan keduanya sangat mendukung untuk aktivitas komputasi multi tugas sehingga kinerja semakin efisien melalui peningkatan dalam kecepatan baca dan tulis yang drastis, kinerja secara keseluruhan, waktu boot-up, dan data yang lebih aman saat disimpan di SSD.

Notebook dengan Audio Terbaik

5

Dukungan audio terbaik diberikan oleh ASUS SonicMaster, yang merupakan kombinasi hardware, software, dan setelah audio profesional. Suara dari aplikasi pemutar musik atau video Youtube akan terdengar kuat dan jernih dengan bass yang lebih dalam, dari empat speaker yang terpasang pada ASUS VivoBook S510 ini.

Notebook dengan Baterai Super Power

Baterai yang digunakan dalam ASUS VivoBook S510 adalah baterai polimer Lithium dengan teknologi SuperBattery, memungkinkan umur pakai yang 3x lebih lama dari baterai silinder Lithium-ion standar.
12
Pengisian daya pun lebih cepat karena adanya teknologi quick-charge yang memungkinkan pengisian baterai hingga 60% dalam waktu 49 menit. ASUS menyediakan dukungan aplikasi ASUS Battery Health Charging agar pengguna dapat menentukan tingkat Relative State of Charge (RSOC) baterai notebook pada 60%, 80% atau 100% untuk membatasi tingkat pengisian baterai oleh charger sehingga masa pakai baterai pun lebih lama. Tentunya, keawetan baterai akan dipengaruhi oleh cara perilaku pengguna.

a8
a18

Notebook Bebas Panas dengan Teknologi IceCool

a33

Performa yang mumpuni tentu membuat pengguna bisa betah beraktivitas di depan notebook. Tak jarang, kita menemukan notebook yang cepat panas karena aktivitas yang tinggi. Teknologi ASUS IceCool memberikan kemampuan kontrol kipas yang canggih. Dengan pipa panas yang tipis serta peletakan yang tepat, sistem pendinginan pada ASUS VivoBook S510 sangat efisien karena dapat menjaga suhu palm rest di bawah 35°C, lebih rendah dari suhu tubuh, sehingga tetap nyaman digunakan saat aktivitas komputasi yang tinggi. Bekerja dengan memangku notebook pun bebas rasa panas.

VivoBook S15_S510_Scenario photo_03_A part

Dukungan Sistem Operasi Endless OS maupun Windows 10

0NfYWvvRyqzIjuUV_setting_fff_1_90_end_500

Dengan dukungan hardware dan storage yang cukup mumpuni, ASUS VivoBook S510 mampu mendukung sistem operasi Windows 10. Namun, sebagai sistem operasi bawaan, ASUS VivoBook S510 memberikan Endless OS, yang dikembangkan oleh Endless Mobile, untuk dijajal oleh para penggunanya. Sistem operasi berbasis Linux ini memiliki beragam konten gratis guna mendukung aktivitas penggunannya. Endless OS dirancang untuk memberikan kemudahan layaknya menggunakan smartphone dengan ketahanan yang lebih terhadap serangan virus dan malware.

13

**

Spesifikasi ASUS VivoBook S510

1

CPU Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating System Endless OS
Memory 4GB DDR4 RAM
Storage 128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) with slim bezel
Graphics Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
Camera VGA Web Camera
Connectivity Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery 3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension (WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight 1,7Kg with Battery
Colors Icicle Gold
Price Rp9.799.000
Warranty 2 tahun garansi global senilai Rp900.000

**

Memiliki perangkat yang mendukung aktivitas kita tentu saja menjadi dambaan semua orang. Notebook ringan dengan performa tinggi, sudah pasti menjadi incaran. Sebagai ibu-ibu pekerja yang cukup sensitif urusan harga,  ASUS S15 S510UQ ini sangat menunjang pekerjaan melalui dukungan hardward performa tinggi untuk aktivitas komputasi yang beragam serta portabilitas yang fleksibel dengan perangkat lainnya. Dari sisi kesehatan dan kenyamanan,  layar besar nan jernihnya tak membuat mata lelah dengan pemilihan mode visual yang dapat sesuai dengan kebutuhan.

ASUS S15 S510 UQ sangat cocok untuk pekerja dengan mobilitas tinggi karena dapat dibawa bekerja di mana pun, kapan pun. Hadir dengan warna Icicle Gold, membuat notebook ini memiliki kesan yang cukup elegan untuk mendukung tampilan saat bekerja.

a9

Sesuai dengan tagline nya yaitu “Beyond The Edge” tentunya ASUS memberikan kesempatan kepada pengguna untuk melakukan performa di luar batas dengan ASUS S15 S510 UQ.

 

**

catatan : semua foto produk ASUS S15 S510 UQ ini milik ASUS Indonesia

BNI Personal Financial Management, Solusi Cerdas Manajemen Finansial Keluarga

Sejak memiliki uang pribadi hasil bekerja, saya selalu diingatkan oleh orang tua untuk selalu menabung. Berbekal beberapa referensi tentang pengelolaan finansial, saya mencoba menerapkan prinsip Cash Flow “Orang Kaya” ala buku Habiskan Saja Gajimu’ karya Ahmad Gozali, yaitu 2,5% zakat & donasi, 30 % hutang, 10% investasi & tabungan, serta 57,5% kebutuhan sehari-hari. Intinya, penuhi dulu kewajiban (zakat & donasi, hutang, serta investasi & tabungan) baru boleh bersenang-senang (kebutuhan sehari-hari). Kenyataannya, akan lebih mudah menabung di awal dibandingkan menyisakan uang untuk ditabung saat akhir periode.

Namun, setelah menikah, saya mencoba mengubah rasio cash flow tersebut dengan menurunkan rasio hutang dan kebutuhan sehari-hari, serta meningkatkan rasio lainnya. Perubahan saya lakukan atas dasar pertimbangan telah jelasnya beban hutang yang harus dibayarkan (yaitu cicilan KPR), serta adanya kebutuhan yang dapat diprediksi dan direncanakan seperti biaya kesehatan, biaya mudik, uang sekolah anak, tabungan hari tua, dll.

Sebagai istri yang berperan ganda sebagai Manajer Finansial Keluarga, saya harus bisa mengelola finansial dengan baik, layaknya Manager Finansial di perusahaan. Berbekal visi dan misi keluarga yang telah ditetapkan, impian dan rencana dalam jangka waktu tertentu dapat dijabarkan dengan jelas. Contoh : pada tahun 2020, Mahira (anak saya) akan mulai memasuki sekolah TK. Saya dan suami tentu mengharapkan Mahira masuk sekolah terbaik. Berbekal data biaya masuk sekolah tersebut tahun ini, saya mencoba menghitung biaya masuk sekolah pada tahun 2020 nanti. Dalam kamus saya, dana untuk menyekolahkan anak termasuk kelompok Investasi dan Tabungan, yang artinya harus disisihkan terlebih dahulu.

Untuk mendukung prinsip cash flow sesuai dengan yang telah saya tetapkan, saya melakukan beberapa trik yaitu :

  • Cashless alias tidak membawa uang tunai. Selain meminimalisir rasa ingin jajan, saya juga merasa pembayaran menggunakan kartu debit lebih pas, tidak membuat perhitungan rumit dan detail karena adanya uang kembalian.
  • Meninggalkan kartu kredit untuk meminimalisir hutang dan tidak membawa kartu debit untuk pos ‘Investasi & Tabungan’.
  • Mengalihkan pendapatan untuk pos ‘Investasi & Tabungan’ terlebih dahulu dan mengakhirkan dana ‘Kebutuhan Sehari-hari’. Hal ini dilakukan agar kami merasa harus cukup dengan sisa dana yang telah ditetapkan.
  • Pos ‘Kebutuhan Sehari-hari’ dikelola dengan detail dengan sistem amplop untuk masing-masing jenis seperti uang bensin, belanja mingguan ke pasar, uang isi ulang air dan gas, dan sebagainya.
  • Jika terdapat sisa dari pos ‘Kebutuhan Sehari-Hari’ maka harus dimasukkan ke dalam pos ‘Investasi & Tabungan’

Mengelola finansial keluarga cukup rumit, apalagi bagi saya yang dasar ilmu finansial tidak cukup kuat. Saya coba menerapkan konsep Plan-Do-Check-Action. Saya perlu menyusun rencana anggaran terlebih dahulu, mengatur pendapatan dan pengeluaran dana, serta melakukan pengecekan dari alur keluar masuknya dana, setelah itu saya dapa mengevaluasi hasil kerja saya. Beruntung, teknologi kini sudah semakin maju. Adanya fasilitas Internet Banking sangat membantu saya dalam mengatur pengelolaan dana serta melakukan pengecekan ulang terhadap aktivitas keuangan yang dilakukan dalam periode tertentu.

Sejak mengenal Internet Banking Bank Negara Indonesia (BNI), saya mencoba memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan seperti melakukan transaksi transfer, pembayaran, pembukaan rekening Tapenas atau deposito, serta pengecekan mutasi rekening. Setelah menikah, saya menyadari bahwa dana Investasi dan Tabungan harus dipecah lagi menjadi beberapa pos. Beruntunglah, BNI memahami kebutuhan itu dan memberikan bantuan berupa tambahan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di layanan Internet Banking BNI.

Bagaimana caranya menggunakan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi ?

  1. Pastikan anda adalah nasabah Bank BNI dan telah terdaftar di layanan Internet Banking BNI. Jika anda belum memiliki akses ke layanan Internet Banking, maka anda harus datang ke Kantor Cabang BNI terdekat untuk melakukan pendaftaran dan aktivasi.
  2. Lakukan login ke akun Internet Banking BNI dengan memasukkan User ID dan password

    Login ke akun Internet Banking BNI
  3. Pilih menu Pengelolaan Finansial Pribadi
  4. Pilih sub-menu Pengaturan Tujuan kemudian pilih Tambah Tujuan Keuangan. Pilih tujuan keuangan sesuai dengan rencana anda. Saya memilih ‘Tetapkan Tujuan Anda’. Lalu proses permintaan anda.
  5. Isi target yang anda tetapkan, mulai dari Deskripsi Tujuan Keuangan, Nominal Tujuan Keuangan, Tanggal Awal dan Akhir Target, Saldo Rekening Tujuan Keuangan Saat Ini. Setelah itu, BNI akan membantu kita menghitung Total Sisa Nominal untuk disimpan dan Nominal untuk disimpan per bulannya.
  6. Setelah anda proses target anda, anda dapat menghubungkan dengan rekening afiliasi. Terdapat 2 pilihan yang diberikan oleh BNI, yaitu Membuka Rekening Tabungan & Giro (Taplus) atau Membuka Rekening Deposito & Tapenas (Tapenas). Terdapat beberapa perbedaan antara BNI Taplus dan BNI Tapenas.Saya sendiri lebih memilih untuk membuka rekening Tapenas dengan pertimbangan Tapenas tidak memberikan kartu debit, secara otomatis memotong saldo pada tanggal yang telah ditetapkan, dan saya berkomitmen untuk tidak mencairkan dana yang telah saya setor di Tapenas. Nasabah harus mengonfirmasi permintaan pembukaan rekening yang dilakukan.
  7. Setelah pembukaan rekening afiliasi berhasil, kita dapat mengatur bahwa rekening afiliasi terkait dengan target yang telah kita tetapkan sebelumnya melalui Pengaturan Tujuan. Pada tabel kita dapat melihat langkah yang belum kita lakukan. Kita dapat mengaitkan rekening afiliasi dengan mengklik tujuan keuangan yang dipilih untuk dikaitkan. Jika sudah, kita juga dapat menyetorkan tambahan dana di luar jadwal auto-debit yang dilakukan.

Setelah melakukan perencanaan, pelaksanaan pengelolaan finansial dimudahkan oleh adanya sistem auto-debit dari rekening Taplus yang kita miliki ke rekening Tapenas yang telah kita buat. Selanjutnya, yang perlu kita lakukan adalah mengecek transaksi yang telah dilakukan serta saldo dana pada rekening yang kita miliki.

Untuk mengecek transaksi dalam periode tertentu, kita dapat mengakses pada sub-menu Kalender Transaksi.

Setelah mengisikan tanggal awal dan akhir periode yang  ingin kita lihat, akan ditampilkan seluruh rincian transaksi yang dilakukan pada periode tersebut.

Sementara itu, untuk melihat rincian saldo rekening yang kita miliki di BNI, kita dapat mengakses melalui sub-menu Ringkasan Multi Rekening.

Laporan saldo dari rekening yang kita miliki dapat juga kita simpan / unduh dalam format PDF maupun Excel.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan agar pengelolaan finansial dapat berhasil adalah melakukan evaluasi. Fitur Pengelolaan Finansial Pribadi memberikan kemudahan berupa penyajian laporan dalam bentuk Diagram Analisa Anggaran, Analisa Arus Kas, serta Diagram Analisa Pengeluaran – Pemasukan dalam bentuk diagram batang maupun diagram bulat.Karena saya baru saja menetapkan target dan membuka rekening, laporan belum dapat ditampilkan. Dengan adanya Pengelolaan Finansial Pribadi, pengelolaan finansial untuk pribadi maupun keluarga menjadi sangat mudah.

Punya banyak rencana dan hal-hal yang ingin diwujudkan? Butuh bantuan dalam mengelola finansial ? Fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di Internet Banking BNI menjadi solusinya.

Masih ingin informasi lebih jelas? Anda dapat mengunjungi http://www.bni.co.id atau Kantor Cabang BNI untuk bertanya langsung mengenai detail layanan yang ditawarkan, atau dapat juga menghubungi BNI Call 1500046 atau 68888.