[Buku] Suara Apa Itu? 

Instagram-walking (menjumput istilah dari blog-walking, daripada instagram-stalking kan?) adalah salah satu aktivitas saya kalo nyambi pumping atau si Ndukni sudah anteng (tidur). Selain mantengin akun-akun tentang parenting, asi-menyusui,online shop, saya juga nyari-nyari akun yang menyediakan informasi tentang buku atau perpustakaan anak. Ketemulah dengan @rabbitholeid.
Rabbithole adalah salah satu perpustakaan & pembuat buku anak-anak. Foundernya adalah Devi Raissa


Saya sangat tertarik pada koleksi buku-buku dari Rabbithole, dan waktu buka IG-nya pas ada tawaran paket semua buku Rabbithole. Mumpung baru dapet uang tambahan, maka saya orderlah sepaket lengkap buku Rabbithole. Jika memesan paket lengkap kita akan mendapat potongan harga dan webinar. Untuk webinar saya mencoba beberapa kali mengakses tapi gagal. Mungkin nanti dicoba lagi. Webinarnya bekerja sama dengan Klinik Rainbow Castle (yang saya duga sih foundernya sama juga). Di kemudian hari saya baru tau Rabbithole juga membuka sistem arisan dan ada beberapa buku yang berbahasa inggris.

Dalam paket Rabbithole, terdapat beberapa buku dan petunjuk peruntukan sesuai umur anak juga diinformasikan. Namun, saya agak bandel sih, jadi sesuai preferensi saya. Buku yang pertama saya bacakan adalah 

Suara Apa Itu?

Awalnya dalam paket saya dapat buku softcover dan wayang, di kemudian hari saya mendapat buku hardcover nya. Menurut Rabbithole, pada saat pengiriman kemarin stok yang hardcover lagi kosong. Alhamdulillah jadi punya 2 sih.


Saya memilih buku Suara Apa Itu?, karena bukunya tipis, menurut saya sih enak buat dibacakan sambil tiduran, karena Ndukni belum bisa duduk tegak untuk membaca, sementara kalo sambil tengkurap dia masih suka ‘nyungsep’ kepalanya.


Buku Suara Apa Itu bercerita tentang keluarga di Jakarta yang berolahraga pagi menuju Senayan. Pada saat berolahraga, terdengarlah bunyi-bunyi alat transportasi, mulai dari pesawat, kapal selam, kereta api, sepeda, mobil, motor, dan bis. Selain itu, ada juga gambar becak dan bajaj kalau mau menambahkan cerita. Selain buku, ada juga wayang ayah,ibu, anak perempuan (yang kadang saya identikkan dengan Maheera), dan anak laki-laki (yang kadang sambil berdoa supaya nanti bisa dipakai cerita kalau rezekiny dia adalah adiknya Maheera).


Isi buku ini bagus dan menimbulkan keingin tahuan. Misalnya ada suara Wuzzzz, itu tidak langsung digambarkan dengan pesawat, tapi ada semacam halaman pembatas yang kalau dibalik baru menunjukkan adanya pesawat. 


Yang saya kurang sreg cuma suara kapal selam, habis kalo nyari di youtube nemunya bunyi ngiiiing bukan brubupbup (kayak bunyi suara orang napas di air) dan lagi kalo di jalan raya belum pernah denger ada kapal selam lewat. Hehehe, tapi gapapa itung-itung ngelatih anak imajinasi dan rasa ingin tahu. Saya juga jadinya penasaran sebenernya, mungkin ga ya ada kapal selam di bawah jalan.hahaha.

Kalo ngebacain buku ini, selain pakai wayangnya sih bagusnya ada backsound suara asli dari alat teansportasi ya. Saya ngumpulin di youtube terus saya rekam buat disimpan di iPhone. Hahaha. Selain itu, kebetulan saya sering iseng beli die-cast pesawat, mobil, motor, jadi lumayan lah ada bantuan buat nunjukkin alat-alat transportasi benerannya. Pernah liat di instagram ada yang storytelling buku ini sambil main ukulele. Duh, jadi pengen main dan belajar ukulele deh saya. Hahaha. Belakangan ini saya lihat di katalog Rabbithole, ada versi bahasa inggrisnya. Duh, jadi pengen juga.

Kalau mau minjem atau saya ceritain anaknya boleh loh hubungin saya. Hahaha. 

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)