Buku Dongeng, Kanchil Kisah Sebenarnya – AIO Dongeng

Si Kancil anak nakal, suka mencuri timun, ayo lekas di buru, jangan diberi ampun

Pernah dengar lagu itu waktu kecil dulu? Sampai sekarang masih sering dengar sih kalo tukang odong-odong lewat. Hehehe. 

Padahal, berkata nakal itu tidak boleh ya ke anak, seperti penjelasan pada artikel berikut.

Tapi kan kita bilang nakal ke kancil? Menurut saya juga sama saja sih, kalau kita bilang kancil nakal di depan anak, mungkin seumur hidupnya dia akan mengenal kancil sebagai makhluk nakal. 
Nah pertanyaannya, kancil nakal gak sih? Kenapa sih dia dibilang nakal?


Yuk kita baca buku “Kanchil, Kisah Sebenarnya”

(btw, baru tau kalo penulisannya Kanchil bukan Kancil)
Buku dongeng anak ini menjelaskan sebab orang mengenal kanchil sebagai makhluk yang nakal. 

Inilah cerita sebenarnya…

Kanchil adalah makhluk yang baik. Kanchil menyenangi mentimun bahkan menaman mentimun untuk teman-teman di hutan. Ketika panen, kanchil akan bersenandung untuk memanggil teman-temannya dan makan bersama. Ketika kanchil berkelana dan melihat ada penduduk desa kelaparan kanchil bahkan membantu mereka untuk menanam mentimun. Kanchil berpesan sesuatu yang baik harus dibagi. Sayang, beberapa waktu berlalu, kanchil melihat ada mentimun yang tidak tumbuh dengan baik di desa. Kanchil berniat membantu untuk memperbaiki, sayangnya, penduduk desa tidak berpikir demikian dan menuduh kanchil berniat mencuri. 


Review menurut saya….

Ya namanya juga dongeng ya, bisa jadi benar bisa juga tidak. Tapi bagusnya, ini adalah dongeng yang baik. Dongeng yang menceritakan kebaikan kanchil. Dongeng yang memberikan pesan bahwa kebaikan itu harus dibagi. Walaupun begitu, ada pelajaran moral yang bisa dipetik saat kanchil bertindak tanpa komunikasi dengan penduduk desa. Tujuan kanchil memang baik, namun pada pelaksanaannya kurang hati-hati dan malah berakibat penilaian orang ke kancil menjadi jelek. Pelajaran bagi orang tua juga untuk bertindak hati-hati serta mengedepankan komunikasi. Hal baik yang bisa dipetik dari dongeng ini adalah kanchil memiliki teman yang banyak di hutan yang bersedia membantu saan kanchil kesusahan. Jadi jangan ragu berteman dengan siapapun ya.
Oh ya, di buku ini, juga terdapat bonus boneka kertas hewan-hewan yang menjadi penduduk hutan bersama kanchil. Kalau anak sudah agak besar bisa diajak bermain dengan paper puppet ini. Kalau sekarang, dia masih gemas pingin nyobek bukunya.

Terima kasih untuk @AioDongeng telah menceritakan kisah sebenarnya dari kanchil. Kanchil bukanlah anak yang nakal, justru kanchil adalah anak yang baik, suka menolong, dan memiliki teman yang banyak.

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)