Berkendara Dengan Aman Bersama Bosch

Memiliki barang apapun tentu harus dijaga dan dirawat agar lebih awet. Apalagi jika barang yang dibeli hasil dari jerih payah kita bekerja. Terkadang ada semacam ikatan yang terjalin karena kita mendapatkannya dari menabung bertahun-tahun, lalu barang tersebut menemani perjalanan hidup yang kita lalui. Mobil adalah salah satu barang yang saya miliki setelah bekerja kurang lebih 3 tahun. Walaupun kecil dan mungkin bukan termasuk kategori yang mewah, tapi saya bersyukur dengan mobil tersebut berguna tidak hanya sebagai alat transportasi saya seorang tapi juga bermanfaat saat saya menjamu keluarga dan teman yang berkunjung ke Palembang. Mobil itu juga menjadi saksi hidup ketika saya belum menikah sampai kini berkeluarga dan berkendara bersama anak.

Mobil yang berasal dari hasil kerja keras sendiri membuat saya berusaha dengan sebaik mungkin memperlakukan mobil dengan baik serta merawatnya. Tujuannya tak hanya agar perjalanan selamat sampai tujuan dan menyenangkan, tapi juga sebagai wujud terima kasih saya atas jasa-jasanya dalam hidup saya. Hal-hal berikut saya coba lakukan sebagai bentuk perawatan mobil, antara lain :

  1. Menggunakan bahan bakar sesuai dengan yang disarankan
    Produsen mobil saat melakukan produksi mobil tentu sudah membuat perhitungan-perhitungan terperinci agar kinerja mobil optimal, salah satunya adalah jenis bahan bakar yang disarankan untuk digunakan. Beberapa produsen menyarankan untuk menggunakan bahan bahar dengan nilai Research Octane Number (RON) 92. Dengan menggunakan bahan bakar yang cocok, performa pada tenaga mobil akan optimal dan mesin pun akan awet.
  2. Menjaga kebersihan mobil
    Menjaga kebersihan mobil perlu dilakukan tak hanya untuk mempercantik tampilan mobil saja tetapi juga menjaga keawetan mobil, salah satunya adalah agar cat mobil tetap awet. Namun, tak hanya eksteriornya saja, interior mobil pun harus dijaga. Jika mobil kita bersih, kita akan nyaman pula menggunakannya. 

    Mencuci Mobil – source : pixabay.com


  3. Melakukan service secara berkala
    Tujuan melakukan service berkala adalah menjaga komponen-komponen yang terdapat pada mobil agar tetap layak digunakan sehingga performa mobil tetap terjaga dengan harapan berkendara bisa semakin aman dan nyaman. Salah satu proses penting yang biasa dilakukan dalam service adalah melakukan penggantian oli, ini bertujuan agar mesin mobil tidak cepat rusak.
    Biasanya service berkala mobil dihitung berdasarkan jarak yang telah ditempuh mobil atau range waktu tertentu, seperti ketika sudah mencapai 1.000 km, 10.000 km, 20.000 km, dst atau setiap per 6 bulan (untuk mobil baru biasanya dalam 1 bulan harus service perdana). Walaupun umumnya service sudah ditentukan waktunya, sebenarnya kita bisa kapan saja datang ke bengkel untuk melakukan pengecekan, misalnya saat merasa performa mobil berbeda dari biasanya maupun saat kita akan melakukan perjalanan jauh yang menuntut performa mobil lebih dari pemakaian biasanya.
  4. Memilih suku cadang yang baik dan berkualitas
    Seluruh sistem dan komponen yang ada di mobil perlu diperhatikan dengan baik. Busi, oli, aki, bantalan rem, kampas rem, wiper, filter udara, dan komponen lainnya juga perlu dilakukan pengecekan. Seluruh komponen tentu memiliki masa pakai yang berbeda, jika sudah saatnya mengalami penggantian, ya seharusnya kita ganti. Gantinya pun jangan asal-asalan. Pepatah ada harga ada rupa biasanya benar adanya jadi jangan sampai terjebak karena harga murah jadi memilih yang kurang baik. Lebih baik berani bayar mahal agar mendapat barang dengan kualitas terbaik. Komponen yang berkualitas akan menunjang kerja kendaraan menjadi optimal.


Memilih Bengkel untuk Servis Kendaraan Bermotor

Bengkel umumnya dibedakan menjadi dua, yaitu bengkel resmi (sesuai dengan produsen mobil yang dimiliki) atau bengkel umum (yang dapat menampung aneka merek dan jenis mobil). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan seperti berikut ini :

Bengkel Resmi Bengkel Umum
Harga Harga relatif lebih mahal dan memiliki standar harga yang telah ditentukan
Harga lebih murah dari Bengkel Resmi dan ada yang bisa ditawar
Ruang Tunggu Memiliki Ruang Tunggu yang nyaman dengan fasilitas lengkap
Ruang tunggu biasa-biasa saja dan kurang nyaman
Interaksi Terbatas karena biasanya konsumen tidak boleh masuk ke area kerja mekanik
Bebas mengadukan permasalahan mobil ke mekanik
Sparepart Resmi dan asli sesuai pabrikan
Terkadang ada bengkel yang menjual spare part palsu
Keahlian Mekanik Mekanik umumnya lebih handal dan terlatih serta melakukan sesuai dengan Standar Operasi Prosedur (SOP), bisa jadi mekanik yang menangani berganti-ganti setiap service
Tak jarang ada mekanik yang handal, kita bisa juga memilih mekanik yang menangani mobil kita

Saya sendiri cenderung memilih ke bengkel resmi, apalagi jika mobil masih memiliki garansi atau jatah service berkala secara gratis. Walaupun demikian, pernah juga saya mendatangi bengkel umum untuk perawatan insidentil dan kecil seperti penggantian wiper. Namun, mengingat kadang ada bengkel umum yang menjual produk palsu dan pelayananannya kurang bagus, kita harus lebih berhati-hati dan mencari bengkel umum.

Bosch Car Service (BCS), Bengkel Umum Profesional dan Terpercaya untuk Kendaraan

Sebenarnya tak semua bengkel umum kurang baik dibandingkan bengkel resmi. Ada pula bengkel umum yang menawarkan suku cadang yang berkualitas dengan mekanik yang handal pula. Orientasi yang dimiliki oleh pemilik bengkel sudah pasti adalah loyalitas pelanggan, dengan demikian bengkel tentu saja berusaha sebaik mungkin dan secara profesional memberikan servis agar performa kendaraan yang dibawa ke bengkel menjadi lebih baik. Bosch Car Service (BCS) adalah salah satu bengkel umum yang kompeten dan profesional dalam memberikan pelayanan.

Bosch telah membuka tak kurang dari 16.500 workshop di lebih 150 negara, termasuk Indonesia. BCS memiliki alat diagnosa kondisi kendaran yang bisa memeriksa kendaraan dari berbagai merek. Alat tersebut membantu BCS yang memiliki dua menu pelayanan yaitu perbaikan ringan seperti tune up dan ganti oli serta perbaikan menyeluruh mulai dari inspeksi sampai pemeliharaan sistem elektronik, mesin, ban, AC, dan komponen lainnya. Teknologi Jerman yang dimiliki Bosch tak hanya untuk kendaraan pabrikan asal Eropa saja. Teknologi Jerman juga cocok untuk kendaraan pabrikan dari Asia.

Bosch Car Service – source : startwithbosch,com/id/

Bosch Car Service Indonesia terdapat di 14 lokasi, yakni di Jabodetabek (8), Bandung, Surabaya dan Banjarmasin. Kelak akan dibuka di beberapa kota lainnya. Bosch Car Service menjanjikan layanan dengan hasil kerja terbaik, rincian biaya yang transparan, berkomitmen dan memiliki pendekatan personal dengan konsumen, suku cadang berkualitas serta cocok untuk semua merek dan tipe kendaraan. Para mekanik handal dari BCS akan siap membantu memperbaiki kerusakan kendaraan bahkan memberikan saran terbaik sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Bosch Auto Parts, Suku Cadang Berkualitas untuk Kendaraan

Sebagai perusahaan multinasional yang telah lama bergerak pada bidang teknik, kualitas Bosch tentu tak diragukan lagi. Solusi menyeluruh ditawarkan oleh Bosch. Tak hanya layanan terbaik saja, Bosch juga memanjakan para pemilik kendaraan dalam merawat kendaraan melalui produk suku cadang berkualitas. Kualitas suku cadang otomotif Bosch telah terbukti dengan deretan penghargaan yang diterima seperti “Best Brand 2017” dari Majalah Jerman “Auto Motor un Sports” dalam 6 kategori yaitu : Aki, Filter, Busi, Wiper, Peralatan dan Workshop.

Suku Cadang Berkualitas Bosch pada GIIAS 2017 – sumber : facebook Bosch ID

Beberapa produk suku cadang yang ditawarkan oleh Bosch antara lain :

  • Aki. Aki Bosch memberikan performa yang lebih baik untuk mendukung kendaraan yang memerlukan dukungan listrik yang besar dan kuat. Aki Bosch juga dapat diandalkan untuk berbagai jenis kendaraan termasuk kendaraan dengan Start-Stop System dan Alternator Management System
  • Sistem Pengereman. Pentingnya Sistem Pengereman dalam kendaraan membuat Bosch memproduksi komponen rem yang diyakini mampu menambah keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.
  • Filters. Beragam jenis filter disediakan oleh Bosch seperti filter udara, filter kabin, filter bahan bakar, serta oil filter untuk perlindungan berbagai macam kendaraan serta tipe mesin dan sistem yang berbeda.
  • Klakson. Klakson Bosch menawarkan suara yang kuat, daya tahan yang tinggi, serta dapat diaplikasikan di beragam jenis kendaraan.
  • Lampu. Sistem penerangan Bosch memiliki standar tinggi untuk meningkatkan keamanan dalam berkendara. Rangkaian produk lampu Bosch meliputi lampu standar, lampu dengan fungsi tambahan, lampu untuk estetika, dan berragam jenis lampu lainnya.
  • Busi. Busi Bosch dirancang dengan berbagai tipe dan berguna untuk dapat memberikan performa optimal sehingga kemampuan kendaraan tetap terjaga.
  • Wiper. Wiper Bosch dapat dipercaya untuk kemampuan penyapuan yang sempurna dalam kondisi cuaca yang ektsrim.
  • Pelumas. Kondisi optimal untuk periode yang lebih lama serta kekuatan lebih tinggi dapat dihasilkan oleh kendaraan yang menggunakan Pelumas Bosch.
Start With Bosch – source : Lazada.com

Suku cadang otomotif dari Bosch tidak hanya dijual di Bosch Car Service (BCS) saja, tetapi juga dapat diperoleh secara online melalui Toko Resmi Bosch di e-commerce Lazada. Pemilik kendaraan pun tak perlu ragu untuk  merawat kendaraan dengan suku cadang berkualitas dari Bosch.


Selain memakai kendaraan secara wajar, melakukan perawatan kendaraan secara berkala juga wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan. Namun, untuk pemakaian kendaraan yang lebih ekstrim, seperti perjalanan panjang (mudik), perawatan terhadap kendaraan perlu ditingkatkan. Hal ini juga yang menjadi perhatian saya saat kami akan melakukan mudik pada lebaran lalu. Mengecek performa kendaraan sebelum dan sesudah perjalanan menjadi hal yang wajib. Aki, sistem pengereman, filter, klakson, lampu, wiper, dan komponen lain perlu diperiksa menyeluruh demi keselamatan saat berkendara.

Saya teringat adanya kampanye dari Bosch, yaitu ‘One Wrong Part Ruins Everything’. Salah satu komponen saja bisa membuat performa kendaraan menurun, kenyamanan berkendara berkurang, dan bukan tidak mungkin keselamatan menjadi taruhannya. Oleh karena itu, memilih suku cadang berkualitas dari Bosch Auto Parts serta merawat kendaraan dengan layanan profesional yang diberikan oleh Bosch Car Service (BCS) adalah hal yang bisa dilakukan untuk berkendara secara aman dan nyaman. Hal ini lah yang menjadikan Bosch solusi berkendara aman.

 

Informasi lain terkait produk dan layanan Bosch dapat dilihat melalui Website , Fanpages, dan Youtube Bosch Indonesia.

Written by

Silahkan meninggalkan komen :) Aku bakal bw balik....