Bones vs Castle

Gw pengen nyoba ngebahas dua serial TV yang serupa tapi tak sama, Bones dan Castle.

Persamaan kedua serial ini, adalah genrenya yaitu detektif-action ditambah bumbu romance dan komedi. Secara umum mengenai jalan cerita juga hampir sejenis dimana dua orang patner kerja yang dihadapkan kepada satu kasus pembunuhan.

 

Tokoh utama

Tokoh utama dalam serial ini pun sama satu perempuan super cerdas dan satu laki-laki humoris yang punya anak dan juga punya logika tinggi dalam memecahkan kasusnya.

Perbedaannya adalah Bones yang tokoh utamanya sebenernya bernama Dr. Temperance "Bones" Brennan adalah seorang wanita ahli antropologi forensik, penulis cerita novel misteri yang dihadapkan oleh kasus berupa orang meninggal yang sudah berubah menjadi tulang belulang. Patner Bones adalah Seeley Booth, ayah satu anak, lelaki atletis bekerja di FBI dan salah seorang penembak jitu.

Sementara itu, Richard Edgar "Rick" Castle adalah seorang lelaki satu anak perempuan yang berprofesi sebagai penulis novel misteri dan sering dilibatkan pada kasus yang diterima NYPD. Patnernya adalah Detective Kate Beckett, polisi NYPD sekaligus detektif yang sering menerima kasus pembunuhan dengan mayat yang utuh.

Sekilas’, dilihat dari dua tokohnya dan profesinya serial ini sangat terlihat kemiripannya. Apalagi ditambah status kedua wanitanya belum menikah dan patner lelakinya pun single sehingga Ada bumbu romance yang dicoba ditambahkan tapi sebenarnya itu hanyalah bumbu agar partnership mereka terkesan kuat. Sampai sekarang pun, biarpun mereka tampak ada rasa satu sama lain, mereka selalu berkata itu adalah patner dan hal itulah yang menarik.

 

Cerita

Bones yang bekerja di lab Jeffersonian akan menceritakan bagaimana penyelidikan pencarian pembunuh dari segi ilmiah bersama teman-temannya yg dianggap ‘squint’ oleh Booth. Cerita penyidikan bersama Booth juga tak kalah banyak.tapi cerita Booth dan rekan kantornya sedikit sekali. Porsi Booth dan anaknya atau cerita pribadi Bones porsinya juga minim, tapi kadang dibaas juga satu episode.

Sementara itu, Castle justru banyak menumpang pada kehadiran di kantor Beckett. Justru cerita Beckett dan rekannya lebih menonjol daripada castle sendiri. Cerita Castle justru lebih banyak tentang personalitynya bareng anaknya atau keluarganya. Part ini hampir selalu ada di tiap episode. Dan tentu saja sebagai detektif cerita keduanya tak kalah seru.

 

 

Sampe sekarang, Bones udah season 6 kalo Castle masih season 3. Walau suka dua-duanya tapi buat gw , Bones lebih ada di hati. Ya, mungkin karena ceritanya lebih ilmiah dan menjijikan dan lebih aneh sedikit aja sama  karakter Bones-Booth yang bikin geregetan.

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)