[Bayi] Proses Pencarian Nama 

Nama mempunyai peranan dan arti yang sangat penting, disamping sebagai doa juga sebagai tanda pengenal di akhirat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : ” Sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama nama kalian dan nama nama bapak bapak kalian, maka baguskanlah nama namamu “.” (HR Muslim). 
Kali ini saya mau cerita proses pencarian nama NdukNi. Dari awal, saya berniat memberikan nama bernuansa muslim dan pengennya 3 kata saja. Sebelum mengetahui jenis kelamin, saya dan omBoj (bojo saya yang tuek-kata saya- dan kadang saya panggil om bojo haha), udah dapat nama panggilan buat anak laki-laki dan perempuan. Waktu tahu jenis kelamin anak perempuan, maka disimpanlah nama anak laki-laki (semoga kepake nanti ya buat adeknya Ndukni, amin).

Nama yang dipilih adalah

Maheera مهر

(dibaca mahira) dengan keteguhan suami memakai 2 huruf e. Maheera berasal dari kata mahir yang artinya mampu atau ahli. Maheera direncanakan sebagai nama depan.

Dalam proses pencarian nama tengah, saya request 1 syarat lagi, huruf depan kata kedua dimulai dengan huruf ‘F’. Saya pilih huruh ‘F’ karena nama saya dan omBoj dua-duanya mengandung kaya berhuruf ‘F’, yaitu Faridilla dan Fajar. Akhirnya saya mengusulkan beberapa nama dan disetujui 

Farahnaz فرهنس
berasal dari kata farah yang artinya kebahagiaan. 
Lalu kata terakhir , berdasarkan Surah Al Ahzab ayat 5, “Panggillah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggillah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu.” 
Kami sepakat memberikan nama omBoj ke anak. Pengennya kekeuh ada bagian nama saya walau se-suku-kata-aja. Tapi akhirnya ya sadar lebih baik nama ayahnya aja.
Kata ketiga adalah 

Anggika

Kalo secara pengertian harfiah kami masih belum nemu artinya apa. Tapi jadi kami artikan keturunan Keluarga Anggika.
Karena masing-masing kata bersuku kata 3, saya pengen nambahin di kata pertama dengan kekeuhnya, cari nama-nama yang simpel, eh malah nemu yang panjang (maafkan ibumu ini nduk), dan dapatlah Bayzaa yang memiliki arti cerah (dan kekeuh pakai huruf a 2). Sehingga nama Ndukni jadi 

Bayzaamaheera Farahnaz Anggika 

Panjang ya, hahaha, dikomen orang nanti kalo isian nama harus bulet-buletin pake pensil 2B capek tuh , kalo kata ibunya sih tinggal disingkat aja, kalo kata ayahnya “ah, nanti jamannya ketak ketik komputer ga ngebulet-buletin lagi. Arti nama kalau digabung-gabung, “Keturunan Keluarga Anggika yang mampu membawa kecerahan dan kebahagiaan”. Semoga doa ibuk sama ayah lewat namamu bisa terkabul ya nak. 

Oh iya, thanks to google, dan beragam aplikasi tentang nama bayi yang bisa diunduh di AppStore maupun PlayStore ?

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)