Belajar Kebaikan dari Buku Aku dan Kamu

Udah lama rasanya ga nulis tentang buku, apalagi tentang buku anak. Kali ini buku yang mau saya ceritain adalah buku Aku dan Kamu (Me and You).

Detail Buku 

  • Judul Buku : Aku dan Kamu
  • Design & Ilustrasi : Clefiena
  • Editor : Fandra
  • Translator : Kandi Sekarwulan
  • Penerbit : Cleferik Doodle Books
  • Cetakan : 1

Buku ini bilingual, jadi walaupun judulnya dan bahasa utama yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, ada teks lain berupa Bahasa Inggris di setiap halaman. Kalau melihat keseharian penulis melalui instagram @clefy_theartganta dan pengantar

Untuk dua bolang yang tidak pernah kenal kata lelah

rasanya, buku ini adalah persembahan teh clefy (ih sok akrab banget nun) untuk kedua anak lelakinya.

Aku dan kamu selalu berjalan bersama

Nah, dari sini saya makin yakin kalau ini cerita tentang dua anak lelaki dari penulis.

“Aku dan Kamu” memiliki tokoh seorang anak lelaki berambut hijau dan berkaus garis-garis merah dan putih yang bertualang melewati halangan dan rintangan bersama dengan hati-hati.

“Aku dan Kamu” mengajarkan untuk saling menjaga dan menghormati karena itulah tujuan Tuhan menciptakan kita semua.

“Aku dan Kamu” berani bertualang bersama hewan-hewan, melihat pemandangan alam, karena Tuhan menciptakan keindahan, keunikan, dan manfaat untuk setiap hewan-hewan.

“Aku dan Kamu” mengingatkan bahwa Tuhan menciptakan alam untuk semua makhluk hidup. Kita bisa menikmati dan merasakan apa yang ada di alam dengan baik. Jadi, jangan sampai merusak alam ya.

“Aku dan Kamu” mengingatkan, dalam bertualang, mungkin saja kita jatuh, tersandung dan terhempas. Menangis itu lemah? Tidak. Kita boleh saja menangis, karena setelah itu kita akan menjadi lebih kuat.

Buku ini sangat bagus untuk mengajarkan tentang kehidupan.

Memangnya anak sudah mengerti tentang Tuhan?

Kalau mengutip pelajaran di kelas Home Education Pendidikan Berbasis Fitrah, di usia 0-2 tahun, anak bisa diajarkan fitrah keimanan dengan imaji dan kecintaan. Ga ada salahnya untuk mengajarkan konsep tentang Tuhan di usia tersebut.

Selain itu, buku ini gambar-gambarnya juga bagus sekali dengan ilustrasi menggunakan cat air, sehingga tone warnanya juga tidak terlalu terang dan menyejukkan. Ada konsep tentang kepedulian, saling menghormati, keberanian, dan tentu saja rasa bersyukur kepada Tuhan. Gambar tentang hewan dan alam juga bisa menjadi bahan mengenalkan anak tentang hewan, tumbuhan, dan fenomena alam seperti pelangi.

Menurut saya, buku ini cocok dibacakan sebagai dongeng pengantar tidur anak agar konsep kebaikan yang diajarkan dapat tertanam di benak anak. Mau buku ini? boleh kok kontak saya (loh kok promo? tapi ini beneran hehe)

 

 

 

 

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)