ASUS VivoBook S15 S510UQ : Notebook Ringan dengan Layar dan Performa Besar

Kalau disuruh memilih kerja dengan menggunakan notebook atau perangkat PC lengkap, saya akan lebih memilih menggunakan notebook. Alasannya tentu saja karena lebih praktis, mudah untuk dibawa ke mana-mana. Memiliki pekerjaan sebagai pegawai kantoran dan blogger membuat saya membutuhkan perangkat praktis yang mendukung aktivitas saya bekerja. Notebook salah satunya.

Saya pernah mengalami bekerja di kantor menggunakan PC, lalu mendadak rapat dan butuh presentasi, saya diburu-buru untuk memindahkan file-file ke notebook kantor dan ternyata saat rapat notebook kantor tidak bekerja maksimal. Uh, bete jadinya. Maka dari itu, saya memilih mengerjakan pekerjaan di notebook saja.
VivoBook S15_S510_Scenario photo_05_NanoEdge Display
Saat rapat mapuun dinas ataupun tuntutan pekerjaan mobile lainnya, saya pasti akan membawa notebook, jadi saya tidak mengalami kesusahan untuk memindahkan data-data pekerjaan, apalagi saat terburu-buru, karena pekerjaan saya memang ada di notebook yang saya gunakan dan kita sudah kenal dengan perangkat yang kita miliki sendiri.

Setiap orang memiliki preferensi sendiri saat memilih notebook. Layaknya saat ditanya ingin minuman di gelas reguler atau besar di tempat minum teh ala Taiwan, kalau saya ditanya ingin notebook layar kecil atau besar, saya akan memilih yang layar besar, agar lebih puas dan membuat mata saya yang berkacamata ini nyaman bekerja. Sayangnya, terkadang notebook dengan layar besar memiliki bobot yang berat pula. Belum lagi, notebook yang besar, biasanya juga harganya lebih mahal. Ih, serba salah ya.

Mau punya notebook layar besar, ringan, harga terjangkau kok susah banget sih?

Itu pertanyaan saya beberapa waktu lalu. Beruntunglah wahai yang butuh notebook layar besar dan ringan, karena ASUS telah merilis varian VivoBook S pada event The Edge Of Beyond. Tambahan lagi, ASUS varian VivoBook S ini performanya mumpuni, desainnya elegan, fitur yang dimiliki menarik, dan harga ga bikin tabungan ludes seketika karena masih lebih terjangkau jika dibandingkan notebook layar besar yang super tipis atau yang lebih dikenal dengan nama ultrabook.

**

ASUS VivoBook S15 S510 UQ, si Notebook Ringan dengan Layar dan Performa Besar

a1

Yuk kita mengenal ASUS VivoBook S15 S510 UQ lebih dekat. Kali ini saya akan coba bahas spesifikasi dan fitur yang ada di notebook ini satu per satu.

Notebook Layar Besar dengan Tampilan Memukau

2

ASUS VivoBook S510 merupakan notebook berukuran 14″ yang memiliki layar 15,6″ Full HD. Tuh lihat, layarnya aja lebih besar dari ukuran body-nya ini karena ASUS menanamkan teknologi NanoEdge pada display, yaitu teknologi yang menggunakan bingkai / bezel yang sangat tipis (7,8mm), sehingga pengguna dapat memaksimalkan bagian permukaan notebook untuk layar. Bayangkan, 80% dari penampang notebook ini adalah layar.

VivoBook S15_S510_Scenario photo_12_Thin_Lightweight

Layarnya pun didukung dengan teknologi 178° wide-view angle sehingga dilihat dari sudut pandang manapun, warna dan kontras dari layar tetap hidup. Solusi canggih untuk yang senang berbagi konten dengan kolega, seperti mendiskusikan data-data yang akan dipresentasikan.
a6

ASUS mempersembahkan teknologi ASUS Splendid, yaitu teknologi yang memberikan tampilan visual terbaik untuk berbagai jenis konten. Terdapat fitur empat mode tampilan yaitu Mode Normal untuk tugas harian, Mode Vivid untuk foto dan video yang keren, Mode Eye Care untuk mengurangi ketegangan mata karena tingkap paparan cahaya biru, serta Mode Manual untuk pernyesuaian warna sesuai kebutuhan personal kita.

1707109370-ok

Tambahan teknologi Video ASUS Tru2Life juga mendukung pembuatan dan pengeditan video bagi para pecinta editing video atau vlogger. Ketajaman dan kontras setiap pixel di setiap fream dapat dioptimalkan hingga 150% sehingga gambar dalam video terlihat sangat hidup dan realistis.

 

Notebook Tipis dan Ringan untuk Mobilitas Tinggi

3

Walau memiliki layar seluas 15,6″, ASUS VivoBook S510 ini hanya memiliki bobot seberat 1,5 kg dan ketebalan 17,9 mm karena memiliki chassis yang ringkas. Bahkan, jika dibandingkan dengan ultrabook, ASUS VivoBook S15 bisa jadi lebih tipis. Tentunya dengan bobot dan tebal minimalis, ASUS VivoBook menjadi sangat ringkas dan praktis untuk dibawa untuk aktivitas pekerjaan kita.

a10

Notebook dengan Kompatibilitas Anti Ribet

Namanya notebook tentu saja butuh port yang lengkap untuk menunjang pekerjaan kita. Varian port di ASUS VivoBook S510 sudah sangat lengkap dan beragam. Di sisi kiri notebook, ada 2 port USB 2.0 Type A dan SD Card Reader sementara di sisi kanan notebook, sudah ada USB 3.1 masing-masing 1 untuk Type A dan 1 untuk Type C™, port HDMI 1.4 full sized, port audio jack 3.5 mm combo, dan tentu saja port untuk power input.

a30

Seiring dengan banyaknya perangkat yang beralih menggunakan USB 3.1 Type C™, ASUS pun sudah siap untuk mendukung dengan menanamkan port tersebut dengan kecepatan transfer data yang mampu sampai 5x lebih cepat dari USB 2.0. Port HDMI memudahkan kita saat akan menyambungkan notebook ke layar televisi atau proyektor melalui kabel HDMI.  Kompatibilitas dengan perangkat lain pun bebas ribet.

Notebook dengan Keyboard Empuk nan Ergonomis

a32

Sisi ergonomis tetap diperhitungkan oleh ASUS, maka ASUS VivoBook S15 ini memiliki keyboard full-size backlit yang ergonomis. Deretan tombol keyboard dengan konstruksi keyboard single-piece yang kokoh dan tinggi tombol 1,4 mm berbaris rapi dan sangat nyaman untuk mengetik. Alhasil, tangan pun semakin lincah bergerak untuk pekerjaan kantor dan tulisan di blog.

6
a5

 

Notebook dengan Touchpad Multi Gesture dan Pengamanan Biometrik

Touchpad ASUS VivoBook S15 memiliki kemampuan palm rejection yang sangat bermanfaat untuk menghindari kesalahan pengetikan saat telapak tangan tidak sengaja menyentuk touchpad. Touchpad untuk menggeser kursor pada ASUS VivoBook S15 sangat smooth saat digunakan, mendukung kemampuan multi-gesture pada Windows 10 dan sensor hingga 4 jari. Berikut ini adalah action yang bisa dilakukan di atas touchpad ASUS VivoBook S15.

a4

Tak hanya itu, sensor sidik  jari  pun menempel pada touchpad. Dukungan fitur login dengan Windows Hello memudahkan untuk mengakses notebook lebih mudah dan lebih aman karena cukup dengan satu sentuhan, notebook dapat diakses. Pengamanan biometrik menggunakan fingerprint scanner membuat kita tak perlu mengetikkan sandi lagi untuk membuka notebook. Tentunya, fitur ini juga semakin meningkatkan keamanan data yang kita miliki. Tak perlu khawatir saat notebook tertinggal karena data akan terjamin karena hanya kita sendiri yang dapat mengaksesnya

a14
a15

Notebook dengan Performa Luar Biasa

Berdasarkan data GfK 2017, ASUS menempati peringkat 1 di pasar notebok Indonesia. Hal ini tentu saja karena ASUS selalu merilis seri notebook dengan  spesifikasi tinggi.

a19

Urusan performa tentu menjadi fokus dari ASUS di setiap perangkatnya. Prosesor yang ditanamkan di ASUS VivoBook S510 adalah Intel Core i5 7200U, merupakan prosesor terbaru generasi ke-7 (KabyLake) dari Intel dengan kecepatan 2,5 – 3,1 GHz. Prosesor ini sangat hemat energi karena bekerja dengan daya 7,5 sampai 25 watt.

a7

Dukungan grafis tak kalah dahsyat, karena menggunakan grafis berbasis Nvidia GeForce 940MX dengan video RAM sebesar 2GB. Guna medukung performa prosesor dan grafis, RAM DDR3L yang hemat energi, berkecepatan 2133 MHz juga dibenamkan. Untuk bermain game pun, notebook ini cukup handal dan menampilkan tampilan yang tajam. Eh, sekali-kali bermain game kan gapapa, mosok kerja terus…

a22
Tak lupa, Wi-Fi ultra-fast dual-band 802.11ac, mendukung pengguna untuk dapat menikmati kecepatan hingga 6x lebih cepat dari Wi-Fi 802.11n. Performa dahsyat menjadi keunggulan penting dari ASUS VivoBook S510. Aktivitas pekerjaan yang terkadang membutuhkan kebutuhan komputasi dengan banyak aplikasi yang dibuka mendapat dukungan penuh dari hardware yang baik.

Notebook dengan Kapasitas Extra Besar

a21

ASUS VivoBook S510 telah dilengkapi RAM 4GB dengan dua buah storage kombinasi antara HDD dan SSD. Kapasitas harddisk HDD sebesar 1TB siap untuk menampung file besar sementara SSD 128 GB mampu mengoptimalkan performa notebook karena memiliki kecepatan data sehingga menginstal dan mengakses aplikasi semakin cepat. Perpaduan keduanya sangat mendukung untuk aktivitas komputasi multi tugas sehingga kinerja semakin efisien melalui peningkatan dalam kecepatan baca dan tulis yang drastis, kinerja secara keseluruhan, waktu boot-up, dan data yang lebih aman saat disimpan di SSD.

Notebook dengan Audio Terbaik

5

Dukungan audio terbaik diberikan oleh ASUS SonicMaster, yang merupakan kombinasi hardware, software, dan setelah audio profesional. Suara dari aplikasi pemutar musik atau video Youtube akan terdengar kuat dan jernih dengan bass yang lebih dalam, dari empat speaker yang terpasang pada ASUS VivoBook S510 ini.

Notebook dengan Baterai Super Power

Baterai yang digunakan dalam ASUS VivoBook S510 adalah baterai polimer Lithium dengan teknologi SuperBattery, memungkinkan umur pakai yang 3x lebih lama dari baterai silinder Lithium-ion standar.
12
Pengisian daya pun lebih cepat karena adanya teknologi quick-charge yang memungkinkan pengisian baterai hingga 60% dalam waktu 49 menit. ASUS menyediakan dukungan aplikasi ASUS Battery Health Charging agar pengguna dapat menentukan tingkat Relative State of Charge (RSOC) baterai notebook pada 60%, 80% atau 100% untuk membatasi tingkat pengisian baterai oleh charger sehingga masa pakai baterai pun lebih lama. Tentunya, keawetan baterai akan dipengaruhi oleh cara perilaku pengguna.

a8
a18

Notebook Bebas Panas dengan Teknologi IceCool

a33

Performa yang mumpuni tentu membuat pengguna bisa betah beraktivitas di depan notebook. Tak jarang, kita menemukan notebook yang cepat panas karena aktivitas yang tinggi. Teknologi ASUS IceCool memberikan kemampuan kontrol kipas yang canggih. Dengan pipa panas yang tipis serta peletakan yang tepat, sistem pendinginan pada ASUS VivoBook S510 sangat efisien karena dapat menjaga suhu palm rest di bawah 35°C, lebih rendah dari suhu tubuh, sehingga tetap nyaman digunakan saat aktivitas komputasi yang tinggi. Bekerja dengan memangku notebook pun bebas rasa panas.

VivoBook S15_S510_Scenario photo_03_A part

Dukungan Sistem Operasi Endless OS maupun Windows 10

0NfYWvvRyqzIjuUV_setting_fff_1_90_end_500

Dengan dukungan hardware dan storage yang cukup mumpuni, ASUS VivoBook S510 mampu mendukung sistem operasi Windows 10. Namun, sebagai sistem operasi bawaan, ASUS VivoBook S510 memberikan Endless OS, yang dikembangkan oleh Endless Mobile, untuk dijajal oleh para penggunanya. Sistem operasi berbasis Linux ini memiliki beragam konten gratis guna mendukung aktivitas penggunannya. Endless OS dirancang untuk memberikan kemudahan layaknya menggunakan smartphone dengan ketahanan yang lebih terhadap serangan virus dan malware.

13

**

Spesifikasi ASUS VivoBook S510

1

CPU Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating System Endless OS
Memory 4GB DDR4 RAM
Storage 128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) with slim bezel
Graphics Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
Camera VGA Web Camera
Connectivity Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery 3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension (WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight 1,7Kg with Battery
Colors Icicle Gold
Price Rp9.799.000
Warranty 2 tahun garansi global senilai Rp900.000

**

Memiliki perangkat yang mendukung aktivitas kita tentu saja menjadi dambaan semua orang. Notebook ringan dengan performa tinggi, sudah pasti menjadi incaran. Sebagai ibu-ibu pekerja yang cukup sensitif urusan harga,  ASUS S15 S510UQ ini sangat menunjang pekerjaan melalui dukungan hardward performa tinggi untuk aktivitas komputasi yang beragam serta portabilitas yang fleksibel dengan perangkat lainnya. Dari sisi kesehatan dan kenyamanan,  layar besar nan jernihnya tak membuat mata lelah dengan pemilihan mode visual yang dapat sesuai dengan kebutuhan.

ASUS S15 S510 UQ sangat cocok untuk pekerja dengan mobilitas tinggi karena dapat dibawa bekerja di mana pun, kapan pun. Hadir dengan warna Icicle Gold, membuat notebook ini memiliki kesan yang cukup elegan untuk mendukung tampilan saat bekerja.

a9

Sesuai dengan tagline nya yaitu “Beyond The Edge” tentunya ASUS memberikan kesempatan kepada pengguna untuk melakukan performa di luar batas dengan ASUS S15 S510 UQ.

 

**

catatan : semua foto produk ASUS S15 S510 UQ ini milik ASUS Indonesia

Written by

4 comments / Add your comment below

Silahkan meninggalkan komentar :)