4 Alasan Ampera Skate Park Cocok Untuk Main Balance Bike

Tentu senang rasanya ketika anak terlihat memiliki sebuah kegemaran. Begitu pula saya yang sangat senang ketika Mahira mulai makin lancar bermain balance bike miliknya.

Biasanya, sepulang kerja, bermain balance bike di lingkungan komplek rumah sudah menjadi hal yang wajib. Tapi tentu bosan rasanya kalau hanya bermain di lintasan yang itu-itu saja. Kami pun beberapa kali mengajak Mahira mencoba balance bike di tempat lain seperti komplek sebelah yang lebih luas, Taman Kambang Iwak, dan Ampera Skate Park.

Ampera Skate Park Palembang

Ampera Skate Park menjadi salah satu wisata favorit dari Mahira untuk bermain balance bike. Ia menyebut tempat ini sebagai tempat main sepeda yang ada tanjakannya.

Kota Palembang, mungkin bisa dibilang ‘ramah’ bagi para pecinta skateboard. Sebelumnya, di Kambang Iwak juga ada area untuk latihan skateboard, walau kini kondisinya tak bagus lagi. Selain itu, di Komplek Jakabaring Sport City juga ada arena Skateboard yang juga digunakan saat Asian Games 2018 lalu. Nah, Ampera Skate Park, bisa juga digunakan sebagai area untuk latihan juga.

Ampera Skate Park diresmikan oleh Walikota Palembang Harnojoyo pada 3 Februari 2018 lalu. Selain digunakan oleh pecinta skateboard, terkadang terlihat pula penggiat sepeda BMX berlatih di lokasi yang merupakan hasil CSR dari PDAM Tirta Musi. Karena pernah melihat ada yang main sepeda BMX, saya pun terinspirasi ngajak anak main balance bike ke sini.

Kata Albert Einstein,

“Life is like riding bicycle. To keep your balance, you must keep moving”.

Nah, hidup kan ya perlu ada tantangan baru. Jadi, saya gak mau Mahira cuma main di lintasan lurus aja, perlu ada tantangan baru seperti berusaha naik (nanjak) juga berani untuk turun (meluncur). Kan hidup juga gitu, kadang naik, kadang turun.

baca juga : Bermain Balance Bike: Aktivitas Seru Untuk Melatih Motorik Anak

Selain alasan sok-sok filosofis ala saya itu, nyatanya beberapa orang tua lain yang anaknya demen main balance bike pernah juga membawa anaknya latihan di sini. Komunitas Balance Bike Palembang pun beberapa kali kumpul di tempat ini dan setuju kalau Ampera Skate Park cocok untuk anak-anak main balance bike.

Berikut ini alasan kenapa Ampera Skate Park Cocok Untuk Main Balance Bike:

  1. Lintasan yang berbeda dan menantang

    Lintasan di Ampera Skate Park memang dibuat untuk para skateboarder yang kadang bermain dengan lincah dan perlu trik atau teknik khusus. Jadi, lintasannya pun tak sekedar lurus-lurus saja. Ada yang miring untuk berlatik menanjak dan meluncur, ada tangga kecil, ada pula yang walau lurus tapi bergelombang naik turun seperti melewati puluhan polisi tidur.

    New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

    Adanya lintasan yang berbeda bisa jadi tantangan sendiri untuk anak. Biasa kan kalau main di komplek, lurus-lurus aja dan paling ada tantangan berupa polisi tidur aja.

  2. Tak banyak distraksi untuk anak

    Dibandingkan area lain seperti Kambang Iwak, Ampera Skate Park tak memiliki banyak penjual yang berseliweran. Tau lah anak-anak kalau lihat pedagang, apalagi kalau pedagang mainan. Salah satu teman di Komunitas Balance Bike Palembang pun pernah cerita kalau main di Kambang Iwak, apalagi hari Minggu pagi (saat car free day) tak nyaman. Selain lebih ramai orang yang olahraga, banyak pedagang mainan jadi bikin anak bukannya bermain balance bike malah fokus ke hal lain.

    New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

    Distraksi yang mungkin ada di Ampera Skate Park adalah keinginan anak bermain ayunan atau perosotan (yang ada di taman tak jauh dari lokasi), melihat bis Trans Musi (berwarna biru seperti Tayo) yang melintas di Ampera, atau bunyi pengumuman dari Stasiun LRT Ampera yang menandakan akan ada kereta LRT lewat.

    Baca juga : Mencoba LRT Palembang Bareng Anak, Ini Tipsnya!

  3. Sepi, latihan pun semakin asyik

    Selama beberapa kali latihan balance bike di sini di hari libur, rasanya area Ampera Skate Park tak terlalu ramai. Kecuali saat kumpul bersama komunitas, biasanya ya hanya keluarga kami saja yang nongkrong di sini. Anak pun jadi bermain sendiri saja.

     

    New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

    Tak terlalu ramai tentu membuat anak-anak, apalagi kalau yang shy-shy cat, menjadi lebih nyaman bermain kesana kemari untuk mengayuh kaki mendorong sepedanya. Sepertinya kalau komunitas skateboard atau BMX punya jadwal latihan di hari lain selain Minggu pagi sih 😀

  4. Ada di tengah kota

    Lokasi Ampera Skate Park bisa di bilang persis di dekat Jembatan Ampera yang membentang menghubungkan Palembang sebelah Ilir dan Ulu yang dibatasi Sungai Musi. Artinya, lokasinya berada di dekat pusat kota Palembang. Lokasi yang berada di tengah kota begini tentu menjadi nyaman untuk diakses dari manapun. Selain itu, kalaupun misalnya lapar setelah bermain, atau mau mengisi perut sebelum bermain pun, banyak makanan enak yang tak jauh dari seputaran Ampera Skate Park.

    New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

     

Baca juga : Nol Kilometer Palembang, Di Mana Ya ?

Hehe, sebenarnya alasan main di Ampera Skate Park ini juga supaya kami bisa makan lontong padang favorit dan anak juga makan nasi uduk teri, plus bungkus sala lauak (cemilan khas Sumatera Barat) di warung Lontong Padang Dua Rasa yang tak jauh dari lokasi ini.

Namun, untuk ke Ampera Skate Park, jika kita menggunakan kendaraan pribadi, kita tidak bisa parkir langsung di depan taman ini karena ada larangan parkir di sepanjang Jalan Palembang Darussalam ini. Walaupun begitu, tak jauh dari taman ini ada area parkir luas yang biasanya dipakai orang-orang yang ingin ke Pasar 16 ilir atau area parkir ke arah Benteng Kuto Besak.

Oh iya, saya juga tidak melihat toilet di sekitar Ampera Skate Park ini, sehingga kalaupun mau buang air, biasanya melipir ke Museum SMB II atau komplek Ampera Convention Center. Pastinya, kalau anaknya baru lulus toilet training, agak was-was bawa ke tempat yang akses toiletnya agak jauh seperti ini.

Kondisi Ampera Skate Park setelah setahun sebenarnya agak kurang terawat sepertinya. Kalau dibersihkan sih, dibersihkan ada petugasnya juga. Cuma, ada beberapa area yang seperti sudah terkelupas gitu.

Untuk yang anaknya suka main balance bike di Palembang, yuk kapan-kapan ketemuan untuk main dan latihan bareng di Ampera Skate Park. 😀

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)