[Jalan-Jalan] Mengunjungi Al Quran Al-Akbar

Saya sudah mendengar ada Al Quran Al-Akbar, ataua disebut juga Al Quran Raksasa di Palembang sejak tahun 2012 waktu ada event Konferensi Parlemen Organisasi Konferensi Islam di Palembang, tapi belum sempat melihat karena tidak tahu tempatnya. Baru di tahun 2015, saat lewat Jembatan Musi II menuju Prabumulih bersama teman-teman diberi tahu kalo ada daerah dekat situ namanya Gandus, tempat Al Quran Al Akbar.
Akhirnya, bulan Mei 2016 disaat hamil trisemester akhir, malah baru berkesempatan ke sana bareng omBoj.


Al Quran Raksasa ini berada di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang. Al Quran Raksasa ini dipahat/diukir di atas kayu dengan ukiran/pahatan khas Palembang (kayak lemari-lemari kayu pajangan di Palembang). Ada 30 juz ayat-ayat suci Al-Quran yang tersebar jadi beberapa lembar kayu tembesu.
Untuk masuk daerah Pondok Pesantren tidak susah sih, ada petunjuk menuju tempat tersebut, walaupun jalannya belum alus rata bener sih (masih ada lobang sana sini) tapi paling ga untuk mobil kecil masih bisa lah lewat dengan aman dan nyaman.


Lembar-lembar kayu Al Quran disusun dengan baik. Kita bisa masuk ke area yang memasang lembar kayu Al Quran tersebut. Ada 5 tingkatan di area tersebut. Tak jarang di dekat panggung ada anak-anak yang ber-qasidah menambah syahdu suasana.

Untuk mencapai lokasi bisa menggunakan Google Maps. Selamat berwisata religi ?

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)