8 Produk PUSRI Terbaik Untuk Cocok Tanam di Rumah

Sebagai ibu-ibu, urusan harga bahan pangan yang melonjak aja bisa bikin kepala pusing-pusing sama pusingnya kayak waktu ngasih makan anak terus anaknya melengos. *lelah hati mamak*. Mencoba menjadi “penanam rumahan” dengan menanam sayuran di halaman depan rumah pun menjadi salah satu solusi yang saya coba untuk mengantisipasi ketika harga bahan pangan (seperti cabai) meroket lagi.

Saya pakai istilah penanam alias orang yang bertanam karena khawatir salah penggunaan jika menggunakan istilah terkait pertanian atau perkebunan.

Bercocok tanam di rumah sudah banyak dilakukan sejak orang tua bahkan pendahulunya. Pernah mengalami tidak saat ke rumah orang tua atau kerabat lain, ternyata sedang panen buah terus jadi pesta buah deh πŸ™‚ Menanami halaman sekitar rumah dengan tanaman tak hanya menambah keindahan area halaman rumah, tapi juga bermanfaat untuk menghemat pengeluaran karena bahan yang kita butuhkan ada di sekitar rumah. Gak perlu jauh-jauh ke pasar gitu kalo lagi tengah malem pengen ind*mie kuah pakai cabai trus ternyata stok di kulkas abis, kita bisa ambil di halaman rumah .

Sama seperti anak yang tumbuh dan berkembang, tanaman pun mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan. Dalam fase tersebut, tanaman butuh 16 macam unsur hara atau nutrisi esensial meliputi :

  • Hara Makro Primer
    Nutrisi yang diperlukan oleh tanaman dalam jumlah banyak, seperti Nitrogen (N), Phospor (P), Kalium (K) yang bisa diambil dari tanah serta Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O) yang berasal dari air dan udara.
  • Hara Makro Sekunder
    Nutrisi yang diperlukan oleh tanaman dalam jumlah yang relatif lebih sedikit dari Hara Makro Primer , seperti Belerang (S), Kalsium (Ca), dan Magnesium (Mg).
  • Hara Mikro
    Nutrisi yang diperlukan oleh tanaman dalam jumlah lebih sedikit dibanding Hara Makro, seperti Besi (Fe), Mangan (Mn), Tembaga / Cuprum (Cu), Seng (Zn), Molibdenum (Mo), Boron (B), dan Silika (Si)
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Guna mendukung para pecinta bercocok tanam di rumah agar mendapatkan hasil tanam yang baik, PT Pusri Palembang (yang dikenal juga dengan nama PT Pupuk Sriwidjaja) menyediakan aneka produk yang bisa diberikan kepada tanah dan tanaman.

Pusri bukannya produksi pupuk urea yang kalau beli harus banyak ya?

Yak, anda benar! Pusri memang memproduksi pupuk urea dalam kemasan besar yaitu 50 Kg. Tapi, untuk mendukung kegiatan bercocok tanam di rumah, Pusri juga menyediakan aneka pupuk kemasan kecil agar dapat digunakan untuk kegiatan bercocok tanam di rumah. Kemasan pupuk Pusri tidak hanya 50 Kg, tapi ada juga yang 10 Kg, 25 Kg, 5Kg, dan 1 Kg.

Oooooh, jadi produk Pusri apa aja?

Pusri menyediakan produk pupuk dan non pupuk. Untuk produk pupuk ada Pusri Urea, Pusri NPK, Pusri Organik Cair, Pusri Hara Mikro, Pupuk Hayati, Pupuk Cair Organik, dan Dekomposer. Untuk non pupuk ada Nutrisi Hydroponik, Bio Pestisida, Benih Padi Unggul, Benih Jagung Hibrida, dan Benih Unggul Cabai Keriting. Oh ya, Pusri juga menyediakan produk pestisida dan aneka produk samping lain seperti Es Kering / Dry Ice, Karbon Dioksida Cair, Amoniak, Oksigen dan Nitrogen.

Trus, yang cocok buat kegiatan rumahan yang mana aja?

Nah, penasaran ya sama produk buat kegiatan bercocok tanam di rumah. Berikut 8 (delapan) produk Pusri terbaik untuk bercocok tanam di rumah :

  1. PUSRI SEED – Benih Unggul Cabai Keiting
    Pusri Seed Cabe
    Cabai ini ga penting tapi penting ya untuk konsumsi rumahan. Kadang ada anggota rumah yang memang tidak suka pedas, tapi banyakan orang senang sekali dengan olahan cabai berupa sambal. Sempat stress dengan harga cabai yang meroket sama seperti saya? Maka dari itu, yuk menanam cabai di rumah dengan benih unggul cabai keriting Varietas Kencana dari Pusri. Keunggulan benih Pusri adalah berat buah per tanaman berkisar antara 0,55 – 0,87 Kg serta adaptasi yang baik di dataran medium pada musim hujan dan kemarau basah.
  2. PUSRI UREA
    urea_8
    Sebagai produsen pupuk urea pertama di Indonesia, sudah pasti pupuk urea produksi Pusri berkualitas dan dapat dipercaya. Mengandung unsur Nitrogen sebanyak 46%, PUSRI UREA memiliki manfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan akar, batang, dan daun, membuat daun tanaman menjadi hijau segar, serta menambah kandungan protein dalam tanaman. Jenis pupuk ini cocok untuk semua jenis tanaman baik tanaman pangan, hortikultura & perkebunan.
  3. PUSRI NPK
    np_3
    PUSRI NPK merupakan pupuk majemuk lengkap dan berkualitas dari Pusri yang diformulasikan sesuai kebutuhan tanaman dan cocok untuk semua jenis tanaman baik tanaman pangan, hortikultura & perkebunan. Memiliki keunggulan untuk memacu pembentukan bunga dan pematangan biji serta mempercepat masa panen.
  4. PUSRI UREA HUMAT
    humat
    Merupakan urea prill yang dicoating asam humat ditambah unsur mikro serta memiliki kandungan Nitrogen sebesar 45 % sehingga dapat digunakan untuk semua jenis tanaman. PUSRI UREA HUMAT memiliki kegunaan untuk meningkatkan penyerapan hara tanaman dan menaikkan aktivitas mikroorganisme tanah.
  5. PUSRI BIORIPAH – Pupuk Hayati
    bioripah
    PUSRI BIORIPAH sangan cocok untuk tanaman kacang-kacangan dan sayuran karena merupakan pupuk cair yang mengandung mikroba penambat unsur N, serta pelarut unsur hara P dan K.
  6. PUSRI SRIDEK – Dekomposer
    sridek1
    Dekomposer PUSRI SRIDEK berasal dari bakteri pendegradasi bahan organik dan jamur perombak lignin dan selulosa. Memiliki keunggulan untuk mendegradasi sampah rumah tangga, rumput, dedaunan, dan bahan organik lainnya sampai menghasilkan kompos yang berkualitas untuk pertumbuhan tanaman. Cocok digunakan untuk pengomposan dan dijual dalam kemasan botol ukuran 14 liter. PUSRI SRIDEK lebih ramah lingkungan.
  7. PUSRI HYDRO – Nutrisi Hydroponik
    hydropusri1_1
    Seiring banyaknya urban farming seperti dengan konsep hidroponik, akuaponik, aeroponik, dan irigasi tetes, Pusri pun mengeluarkan nutrisi hidroponik PUSRI HYDRO. PUSRI HYDRO merupakan formulasi campuran beberapa nutrisi yang diperlukan dalam tanaman dengan menyuplai semua unsur yang dibutuhkan tanaman untuk di tumbuh di media air atau tanaman hidroponik. PUSRI HYDRO dijual dalam 3 kemasan yaitu (1) kemasan cair 1 liter A dan B 1 Liter B, (2) Kemasan 400g dan (3) kemasan 1,9 kg.
  8. PUSRI B-VERIN – BioPestisida
    b-verin
    Pernah mengalami serangan hama saat bercocok tanam? Ga mau kan tanaman jadi rusak karena hama? PUSRI B-VERIN adalah biopestisida cair mengandung jamur Beauveria sp. yang diformulasikan dalam ekstrak kompos untuk mengendalikan serangan hama dan meningkatkan pertumbuhan tanaman. PUSRI B-VERIN cocok untuk pertanian organik seperti padi, tomat, sawi, cabai, pokchoi dll

Eh, bentar…bagaimana sih cara agar pemakaian pupuk optimal?

Setiap jenis tanaman memiliki pola pemupukan yang berbeda. Tanaman Hias / Bunga, Sayuran, dan Buah memiliki dosis dan cara aplikasi berbeda per waktu aplikasi dan per jenis pupuknya juga. Pemberian Biospetisida pun memiliki dosis tertentu. Penting untuk mengetahui jenis pupuk yang akan kita berikan dan dosisnya serta waktu aplikasi yang tepat agar didapatkan hasil yang optimal. Ini saya kasih contoh pola pemupukan pada tanaman sayuran.
UntitledProduk Pusri di mana belinya?

Kini Pusri telah membuka Toko Pertanian PusriMart di berbagai daerah yang tepatnya berada di kantor-kantor perwakilan daerah.
UntitledNah, buat tau info lebih lengkap tentang PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, dapat mengakses

website : http://www.pusri.co.id
Twitter : http://www.twitter.com/pusripalembang
Facebook : https://www.facebook.com/pusri.palembang
Instagram : https://www.instagram.com/pusripalembang/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC_wRlJ5Vb2QZ8nXercC4dUQ
Email : niaga@pusri.co.id (terkait dengan pembelian produk-produk PT Pusri)


catatan : foto produk diambil dari websiter resmi PT PUSRI

Yuk, menjadikan halaman rumah tampak cantik dengan bercocok tanam di rumah dan memakai produk terbaik dari PUSRI.

Written by

6 comments / Add your comment below

Silahkan meninggalkan komentar :)