7 Hal yang Membuat Penggunaan AC Semakin Hemat Listrik

 

Cuaca yang panas kini tak jadi halangan untuk beraktivitas di dalam ruangan karena sekarang kita bisa mengandalkan AC agar temperatur ruangan jadi lebih stabil. Saat ini banyak merek AC berkualitas yang bisa jadi pilihan kita. Kita dapat memilih AC sesuai dengan kebutuhan kita supaya aktivitas bisa diselesaikan dengan baik meski cuaca sedang tak bersahabat.

Namun, masih banyak orang yang enggan menggunakan AC karena menganggap bahwa daya listriknya akan menjadi boros. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kalau Anda melakukan 7 hal ini, niscaya penggunaan listrik tetap hemat walaupun Anda sering menyalakan AC.

  1. Mengatur Temperatur AC Secara Manual
    Temperatur AC bisa diatur secara manual dengan menggunakan remote. Pengaturan ini bermanfaat untuk meminimalkan penggunaan daya listrik. Karena semakin dingin temperatur AC, maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Pastikan kalau temperatur AC membuat kita nyaman dan tidak membuat penggunaan daya listrik jadi berlebihan.

  2. Pengaturan AC dengan Sistem Otomatis (Auto)
    Kita juga bisa mengandalkan mode auto bila menggunakan produk AC terbaru. Sebab mode auto tersebut akan membuat AC menyesuaikan temperatur dengan jumlah orang di dalam ruangan. Semakin sedikit jumlah orang di suatu ruangan, maka semakin ringan pula kinerja AC dan penggunaan daya listriknya.

  3. Memasang Tirai pada Ruangan
    Tirai jendela berfungsi untuk menghalau panas yang berasal dari sinar matahari, karena ternyata sorotan panas tersebut juga bisa meningkatkan temperatur dalam ruangan. Sebelum memasang AC, pastikan semua tirai jendela sudah tertutup rapat. Agar ruangan jadi lebih cepat sejuk dan kinerja AC tidak terlalu berat.https://flic.kr/p/Xo8U79
  4. Menutup Ventilasi Udara
    Sebuah ruangan tetap membutuhkan ventilasi udara yang memadai. Namun alangkah baiknya bila kita memasang sistem ventilasi yang bisa dibuka tutup bila ruangan tersebut dipasangi AC. Saat AC dinyalakan, kita bisa menutup semua ventilasi udara. Hal sederhana ini membuat proses pendinginan berlangsung maksimal tanpa harus memperberat kinerja AC. Penggunaan daya listrik pun jadi lebih hemat kalau ruangan bisa cepat dingin sesaat setelah AC dinyalakan.
  5. Memilih AC dengan Teknologi Hemat Energi
    Hampir semua produk AC terbaru dilengkapi dengan teknologi hemat energi. Teknologi ini memungkinkan penggunaan listrik jadi lebih hemat dan efisien. Tak ada salahnya mempertimbangkan penggantian AC lama dengan produk AC baru yang lebih hemat energi. Harga AC saat ini tidak terlalu mahal. Apalagi bila kita membelinya di MatahariMall. Toko online terpercaya tersebut punya beragam koleksi AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tinggal klik website MatahariMall.com untuk mencari AC yang berkualitas dengan harga terjangkau.
  6. AC Harus Dirawat Secara Teratur
    AC berfungsi untuk menyaring udara dan mengatur temperatur di suatu ruangan. Oleh sebab itu, kita juga harus merawat AC secara teratur. Bersihkan AC setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Supaya kotoran dan debu yang menempel tidak memperberat kinerja AC. Kalau kita membersihkan AC secara teratur, niscaya kondisi ruangan akan senantiasa dingin dan nyaman. Kita pun tak akan terganggu oleh AC yang mudah rusak karena tidak dirawat dengan baik.
  7. Kurangi Pencahayaan Ruangan
    Pancaran cahaya dari lampu rupanya juga bisa memperberat kinerja AC dan membuat penggunaan daya listrik jadi makin boros. Hal ini bisa disiasati dengan cara mengurangi pencahayaan ruangan. Bisa dengan memasang lampu yang daya listriknya kecil atau memilih warna cat dinding bernuansa gelap. Nanti penggunaan AC pasti terasa lebih maksimal bila tidak terganggu oleh pencahayaan ruangan yang terlalu terang.

Menggunakan AC sembari menghemat listrik ternyata tidak sulit, kan. Yuk lakukan 7 hal tersebut mulai sekarang agar biaya listrik tidak membebani pengeluaran kita secara berlebihan. Masyarakat modern pasti cermat menggunakan AC dengan cara yang benar.

Written by

2 comments / Add your comment below

Silahkan meninggalkan komentar :)