3 Tips Mudah Menghindari Gangguan ISPA

 

Kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Infeksi saluran pernafasan biasanya sering melanda dikala musim tidak teratur seperti saat ini. ISPA merupakan gangguan yang terjadi pada sistem saluran pernapasan yaitu mulai dari hidung sampai pada paru-paru. Gejalanya mulai dari yang ringan berupa pilek sampai pada gejala yang berat berupa gangguan pada paru-paru. Kondisi jalanan yang berdebu merupakan penyebabnya, panas yang ekstrem disusul dengan turunnya hujan berakibat berterbangannya virus dan bakteri bersama debu sehingga terhisap oleh kita. Sebenarnya mudah saja cara menghindarinya, cukup memakai masker di kala anda akan melakuakan aktifitas di luar rumah. Untuk lebih memaksimalkan usaha anda dalam pencegahan ISPA, berikut akan dipaparkan tips mudah menghindari gangguan pada saluran pernapasan :

  1. Konsumsi makanan yang bergizi
    Tips pertama yang anda dapat lakukan dalam mencegah terserangnya gangguan pernapasan adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Asupan gizi yang baik akan menjadikan tumbuh anda sehat, mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral akan meningkatkan sistem kekebalan tumbuh anda. Dengan banyak makan virus penyakit tidak akan berkembang dengan baik.
  2. Hindari sumber penyakit
    Tips selanjutnya adalah dengan menghindari sumber penyakit, misalkan menjauhi orang-orang yang sedang merokok, atau tidak berkumpul dan bercengkrama dengan mereka yang sedang sakit. Batuk dan bersin merupakan proses mengeluarkan virus dari tubuh penderita sehingga penyakit akan lebih mudah tertular karena gangguan ISPA dapat menular salah satunya melalui udara yang kita hisap.
  3. Hindari menyentuh area hidung dengan tangan kotor
    Tips selanjutnya agar anda terhindar dari gangguan ISPA adalah dengan menghindari kontak langsung antara hidung dengan tangan sebelum dicuci dengan sabun. Tangan merupakan organ yang sangat mudah bersentuhan dengan bakteri dan virus karena dengan tangan kita memegang berbagai benda yang merupakan sarang virus dan bakteri. Agar dapat mencegah terkena gangguan saluran pernapasan jangan menyentuh area sekitar hidung apalagi sampai ke bagian dalamnya ketika tangan kotor. Bakteri dan virus di tangan akan berpindah ke dalam hidung sehingga terhisap dan akan menjadi penyebab gangguan pada saluran pernapasan. Agar lebih maksimal lagi usaha anda dalam menghindari ISPA gunakan masker untuk melindungi mulut dan hidung anda.

 

Demikianlah tips mudah menghindari gangguan pada saluran pernapasan anda. Untuk memperlancar pernapasan, anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih dengan aroma segar, semoga bermanfaat.

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)