Begu Ganjang, Mengenal Hantu dari Tanah Batak

be.gu (n) hantu
 gan.jang (a) panjang

Tak ada yang tidak bisa dijelaskan Tobi, seorang dokter muda tentang fenomena-fenomena gaib yang terjadi di sekitarnya. Secara medis, lewat channel Youtube-nya, ia dapat membeberkan apa yang sebenarnya terjadi ketika orang kesurupan, ketindihan, bahkan melihat penampakan. Baginya, hantu itu muncul dari ketidaktahuan orang dulu akan penyakit parah yang menjangkit mereka. Tobi menolak percaya mistis.

Namun, kejadian ganjil perlahan menyerang orang-orang terdekatnya. Membuat Tobi harus berpikir keras dan merenungkan ulang apa yang diyakininya selama ini. Semakin ia mencari tahu, semakin ingatan-ingatan masa kecilnya menyeruak. Ingatan akan orangtuanya yang dibakar hidup-hidup karena dituduh sebagai dukun pemelihara begu.

***

Blurb novel Begu Ganjang karya dokter Ferdiriva Hamzah sudah cukup menjelaskan bahwa novel ini memiliki sentuhan horor yang bisa terjadi pada saat ini dengan tokoh utama seorang Dokter sekaligus Youtuber. Di balik cover depan, terdapat penjelasan lagi tentang Begu Ganjang, yaitu hantu legenda tanah Batak yang dipelihara atas dasar ketamakan. Orang-orang yang tidak disukai, pesaing bisnis, atau calon tumbal bisa dicelakai sampai dibunuh atas perintah sang tuan.

Promo Pre Order Begu Ganjang – Twitter : @ferdiriva

Saya membeli buku ini setelah penulisnya sendiri promo di twitter. Seperti biasa, saya selalu tergoda untuk beli buku Pre Order (PO) apalagi yang pake tambahan bonus ini itu. Secara cover, cukup memberi kesan bahwa ini novel horror dengan sampul buku berwarna hitam, cover bergambar pohon seperti pohon beringin dengan tulisan Begu Ganjang yang berwarna seperti darah, dan dua buah tengkorak di dasar pohon. Buat saya yang cemen bin penakut gini, ngeliatnya aja udah serem.

***

Sebuah lagu Batak yang cukup familiar (Marragam ragam atau Alusi Au) membuka prolog cerita dari Begu Ganjang ini. Sudah jelas bahwa Begu Ganjang berasal dari tanah Batak, maka setting lokasi dan daerah di Sumatera Utara jelas lebih sesuai. Tobi harus kehilangan orang tuanya (Tumpal dan Lasma) yang dibakar hidup-hidup beserta rumahnya. Tobi berhasil lari dari kejadian itu dan diasuh oleh paman dan bibinya lalu kini telah berprofesi sebagai dokter.

Setelah sempat bekerja di klinik kecil, kini Tobi mendapat kesempatan untuk meniti karir di Rumah Sakit Rotua, sebuah rumah sakit tua milik Ibu Dorma dan Pak Dokter Doris. Sebagai dokter baru, ia mendapat jadwal jaga shift malam hari. Tobi yang tidak percaya akan hal-hal mistis, menolak percaya apa yang diomongi rekan-rekannya bahwa rumah sakit itu angker dan banyak hal aneh yang terjadi. Tobi justru merasa tertantang untuk membuktikan bahwa rumah sakit itu biasa-biasa saja. Walaupun pernah mengalami hal aneh, Tobi masih menyangkal tentang keanehan yang ada di rumah sakit tersebut. Lena, pacarnya yang kerap datang dan membantu mengedit video, lebih sering lagi mengalami hal aneh di rumah sakit itu, namun tidak berani bercerita kepada Tobi.

Tobi sempat melihat sendiri semacam ritual persembahan yang dilakukan oleh Bu Dorma. Namun ia masih sedikit acuh. Lena yang biasa mengedit video Tobi, juga menyampaikan tentang rekaman video yang aneh dengan setting rumah sakit. Namun, apa yang Lena ungkapkan justru membuat hubungannya dengan Tobi menjadi renggang. Kejadian demi kejadian aneh akhirnya dialami Tobi dan membuatnnya semakin bingung sampai akhirnya ia mencoba mencari tahu dan tak punya teori ilmiah atas peristiwa yang dialaminya. Ia pun mencoba menyelesaikan keruwetan yang ia rasakan sekaligus menyelamatkan Lena. Fakta demi fakta akhirnya ditemukan oleh Tobi tentang dirinya.

***

Seru! Bikin deg-degan. Berhubung saya cemen bin penakut, di bagian yang udah mulai serem-serem harus nutup buku terus buka lagi kalau udah berasa berani. Ya, semacam kalau nonton film, nutup muka pake tangan tapi ngintip-ngintip di sela jari lah. Secara penokohan, ya teramat mungkin kita ketemu orang-orang kayak Tobi yang selalu percaya sains di atas segalanya. Sentuhan kekinian juga terasa bahwa banyak orang yang mulai mencoba sharing apa yang diyakininya atau dikuasainya melalui media Youtube. Adegan demi adegan yang dihadirkan bisa saya bayangkan sampai kadang-kadang merinding sendiri. Apalagi kalau settingnya sudah rumah sakit, tua pula, dan malam hari, suasana seram sudah mulai terasa.

Bumbu romantisme juga diberikan melalui adanya tokoh Lena sebagai pacar Tobi. Berantem ala orang dewasa yang sangat mungkin terjadi karena perbedaan keyakinan (Lena yang yakin ngeliat hantu vs Tobi yang yakin bahwa semua itu ga ada) juga wajar. Ah, tapi namanya juga cinta, perjuangan atas nama cinta juga perlu pembuktian.

Gak melulu tentang serem-sereman. Urusan cinta, persahabatan dengan rekan kerja, keluarga juga sedikit banyak bersinggungan di kehidupan Tobi. Oh ya, ada istilah-istilah tentang kedokteran yang bisalah digoogle untuk dibayangkan.

Puas deh baca buku ini. Walau deg-degan karena serem-serem tapi enak untuk dinikmati. Yang jelas, baca buku dengan cerita serem, apalagi ada adegan ibu-ibu yang keguguran, banyak baca doa supaya ga ngalamin kejadian serupa. Amin.

Belajar Tentang Kesepakatan di Kelas Keluarga Kita – Disiplin Positif 3

Kira-kira sebulan yang lalu, saya mengikuti lanjutan kelas Keluarga Kita dengan tema Disiplin Positif 3 : Panduan Kesepakatan Orang Tua & Anak. Sebelumnya saya mengikuti kelas dengan tema Disiplin Positif 2 : Menumbuhkan Disiplin Positif Diri Anak. Rasanya nanggung, udah ikutan satu kelas terus berhenti gitu aja.

Baca juga : Mengikuti Kelas Disiplin Positif & Review Buku Keluarga Kita : Mencintai Dengan Lebih Baik

Kelas Keluarga Kita, menurut saya sendiri, menjadi suatu wadah di mana kita bisa sharing tentang hambatan apa yang kita temui dalam keluarga, tentunya sesuai dengan tema yang dibahas. Kelas ini juga bisa menjadi pendalaman materi dari hasil membaca buku Keluarga Kita – Mencintai Dengan Lebih Baik karya Ibu Najeela Shihab. Sebenarnya penjelasan di buku maupun di kelas mirip, karena saat di kelas, materi juga disampaikan Ibu Najeela Shihab melalui video, lalu Tim Rangkul (Relawan Keluarga Kita) akan menjadi fasilitator ketika para peserta berbagi tentang pengalaman atau hambatan yang dialami saat penerapan hal yang sedang dibahas.

Setelah pada materi sebelumnya, saya belajar tentang konsekuensi, hadiah, pujian, dan kritik. Kali ini saya belajar tentang Restitusi dan Kesepakatan.

Restitusi

Diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), restitusi memiliki pengertian ganti kerugian, pembayaran kembali.

Terus gimana kalau dalam keluarga? Kalau salah kita harus ganti rugi? Apa yang harus kita bayar?

Sering kali kita menemukan bahkan mungkin mengalami sendiri, ketika melakukan kesalahan, kita disuruh sesegera mungkin untuk meminta maaf. Padahal, bisa saja kita merasa tidak bersalah. Terkadang, terdapat paradigma yang salah, bahwa meminta maaf saja cukup, masalah selesai. Lalu, kesalahan berulang. Padahal, tentu tidak baik kalau seperti itu.

 

Belajar dari kesalahan, jangan jadi keledai yang terperosok berkali-kali ke lubang yang sama. Rasanya hal itu sudah berkali-kali kita dengar, tapi bagi saya sendiri yaaaa kadang masih sama aja. Itulah pentingnya restitusi dalam disiplin positif bagi diri.

Restitusi adalah proses untuk memperbaiki kesalahan, sehingga bisa menjadi pelajaran. Restitusi perlu dicontohkan dan dilatih dengan konsisten agar bisa menjadi kebiasaan. Proses belajar untuk memperbaiki kesalahan dapat dilakukan melalui tahapan berikut :

  • Melakukan Upaya Rehabilitasi
    Upaya rehabilitasi atau pemulihan kondisi ke keadaan semula, sangat disarankan untuk dilakukan setelah melakukan rehabilitasi. Ya memang, kadang tak selalu rehabilitasi sukses, misalnya gelas yang sudah pecah akan susah kalau disusun kembali. Tapi, paling tidak upaya untuk mengganti/memperbaiki benda/situasi telah dilakukan.Contoh lainnya mungkin yang saat ini sering terjadi di usia Mahira (18 bulan) adalah kebiasaan ia yang suka memukul tiba-tiba, biasanya korban (saya, ayahnya, atau pengasuh) akan terlihat kesakitan. Mungkin karena kebiasaan saat ia jatuh atau kesakitan, kita meniup-niup yang sakit. Sebuah upaya yang dilakukan Mahira adalah meniup tubuh korbannya agar tak merasa sakit.
  • Membuat Resolusi
    Resolusi adalah tuntutan akan suatu hal atau bisa juga perjanjian akan hal yang ingin dilakukan. Setelah menyadari kesalahan dan memperbaiki keadaan, anak bisa diajarkan untuk membuat perjanjian dan rencana untuk mencegah kesalahan terulang kembali.Nah, urusan resolusi ini, untuk anak seumuran Mahira memang masih agak susah sih penerapannya. Misalnya daripada memukul, lebih baik menowel atau menunjuk ibu, ayah atau pengasuh dengan baik.
  • Menyatakan Maaf dengan Sukarela
    Proses meminta maaf akan lebih baik dengan sukarela sesuai dengan pesan Ibu Najeela Shihab, “Disiplin diri anak dimulai dari hubungan yang kuat dan rasa percaya yang dalam. Tanpa modal ini, yang terjadi adalah kontrol, bukan pemberdayaan ; pemaksaan, bukan pengembangan potensi”. Proses meminta maaf dengan sukarela dapat dilakukan setelah ia menyadari kesalahan, melakukan upaya rehabilitasi, dan membuat resolusi.Yang saya sendiri rasakan, terkadang tergesa-gesa meminta maaf itu juga kurang baik. Secara emosi, kita belum siap. Rehabilitasi dan resolusi bisa menjadi momen untuk kita menenangkan diri, termasuk “korban” kesalahan kita menenangkan diri juga. Jadi, sebuah pekerjaan rumah juga untuk saya sebagai orang tua, jika nanti anak berbuat kesalahan, jangan langsung kita turun tangan meminta maaf karena kalau begitu anak juga ga belajar.

***

Kesepakatan Bersama

Kesepakatan bersama memiliki pengertian sebagai hal-hal yang disepakati untuk dipatuhi secara bersama-sama. Mungkin bisa dibilang peratutan dalam keluarga, tapi harus lebih jelas dan bisa jadi merupakan keinginan antar anggota keluarga yang disepakati secara bersama-sama sehingga penerapannya pun lebih konsisten.

 

Kesepakatan Bersama (sumber : Keluargakita.com)

Setiap anggota keluarga perlu memahami dan menyadari tujuan dibuatnya sebuah kesepakatan, sehingga semua dapat menjalaninya. Tak perlu langsung banyak membuat kesepakatan A to Z untuk menyelesaikan semua masalah, tapi paling tidak dapat mencegah masalah yang paling sering muncul berulang kali. Kesepakatan baiknya dibuat tertulis dan dipasang di ruang yang tampak oleh seluruh anggota keluarga dan secara berkala bisa ditinjau pelaksanaannya.

 

Untuk keluarga saya, kesepakatan bersama yang dibuat, baru satu dan terasa penting banget : Menjaga Kerapian dan Kebersihan.

Bojo termasuk orang yang selalu ingin melihat rumah rapi dan bersih. Sementara saya sendiri kadang suka meletakkan barang seenaknya. Konflik terjadi? Tentu.
Anak usia toddler sudah pasti gemar bermain dan membaca. Sayangnya, masih sering apa yang dia lakukan tak kembali ke tempat semula. Area main berantakan, area tidur apalagi. Apalagi urusan makan, berantakan? Jelas. Risih ? Pasti.
Dari hal tersebut, menjaga kerapihan dan kebersihan menjadi kesepakatan bersama yang utama.

Sebuah pe-er juga buat saya, meletakkan barang tak sembarangan apalagi gadget, buku, dan minuman. Sekaligus melatih disiplin untuk anak juga, meletakkan barang yang sudah dimainkan kembali ke tempat semula.

 


Menumbuhkan disiplin positif dalam keluarga menurut saya pribadi, merupakan sebuah hal yang penting. Cukup susah sepertinya untuk dijalani, apalagi urusan konsistensi. Tapi, kalau ga dimulai sekarang, kapan lagi? Toh untuk membentuk keluarga yang lebih baik juga kan.

Memilih Camilan Sehat Untuk Anak

Menjadi ibu, bukanlah suatu perkara yang mudah. Selain perasaan bahagia yang sudah pasti mendatangi kita setiap harinya, ada juga perasaan khawatir, deg-degan, bahkan bingung. Awal menjadi ibu, selama 6 bulan diliputi rasa khawatir saat memberikan asupan Air Susu Ibu (ASI). Setelah 6 bulan, anak dianjurkan untuk memperoleh tambahan asupan melalui Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Pola makan anak pun mulai diatur. Ketika 6 bulan pertama asupan hanya berupa ASI, saat belajar makan, anak disarankan untuk mengenal jadwal makan utama mulai dari sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore, dan makan malam. Menu empat bintang yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur, menjadi rujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Anjuran lain adalah memperhatikan jumlah gula dan garam yang diberikan untuk anak.

 

Kedua anjuran tersebut menjadi panduan saya untuk memberikan makanan yang bergizi untuk anak baik makan utama atua makan selingan (camilan). Memilih camilan pun perlu yang sehat dan bergizi. Berikut ini beberapa pilihan camilan yang sering saya berikan untuk anak :

Buah-Buahan

Momentmal / Pixabay

Buah-buahan sangat dianjurkan untuk menjadi makanan selingan anak diantara makan beratnya. Selain mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh anak, buah-buahan juga membantu anak untuk merasakan rasa manis yang alami. Beberapa buah tertentu seperti pepaya, pisang, dan buah naga, bahkan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan anak. Buah-buahan bisa diberikan langsung dalam bentuk potongan, dihaluskan (bentuk puree), atau dijus. Kalau saya sendiri diselang seling. Ketika usia 6-8 bulan, buah-buahan yang dijus saya berikan dalam tommee tippee botol susu bayi yang terbuat dari bahan Polypropylene dan bebas dari bahan berbahaya seperti Bisphenol A (BPA) sehingga aman untuk bayi. Selain itu desain botolnya juga mudah dipegang.

Sayur-sayuran

WerbeHoch / Pixabay

Sayuran yang direbus juga dapat menjadi pilihan camilan untuk anak. Sama halnya seperti buah, sayuran juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh serta melancarkan pencernaan karena mengandung serat. Pilihan yang sering saya berikan antara lain brokoli, timun, wortel, ubi, jagung, kentang, atau labu.

 

Puding, Jelly, atau Agar-Agar

WerbeFabrik / Pixabay

Tekstur kenyal dari puding, jelly, atau agar-agar biasanya menarik untuk anak. Apalagi jika dibuat dengan warna-warna yang mencolok. Selain mengandung serat, puding juga menjadi salah satu cara anak mengenal tekstur yang tidak keras. Biasanya saya memotong puding dengan ukuran kecil agar lebih mudah dipegang dan tak membuat anak tersedak saat memakannya.

Biskuit Bayi

 

Pezibear / Pixabay

Biskuit bisa juga menjadi pilihan camilan nikmat dan sehat untuk anak. Biskuit bisa membantu anak dalam mulai berada dalam proses tumbuh gigi. Dalam memilih biskuit, tentu perlu memerhatikan bahan yang terkandung di dalamnya. Salah satu yang menjadi favorit anak saya adalah biskuit bayi yummy bites. Biskuit bayi Yummy Bites ini terdiri dari berbagai rasa seperti original, wortel, pisang hingga sayuran. Selain mengandung vitamin A, K,E dan protein, Yummy Bites juga mudah larut di mulut. Bahkan saya sendiri suka.

 

 

Yogurt

 

NeuPaddy / Pixabay

Minuman yang berasal dari fermentasi susu ini memang memiliki rasa yang sedikit asam. Tapi bisa menyehatkan anak karena merupakan sumber kalsium yang baik. Kalau saya sendiri, lebih memilih yogurt yang teksturnya agak kental dan memiliki rasa buah sehingga ada rasa manis selain dominasi rasa asam.

 

 

 

Smoothies

 

silviarita / Pixabay

Merupakan minuman campuran susu, yogurt, dan buah-buahan. Mengandung kalsium dan vitamin. Jika merasa pemberian asupan untuk anak dalam bentuk cair terlalu sering, saya biasanyanya membekukan smoothies sehingga menjadi popsicle ice cream smoothies.

 

 

Sereal

Sereal juga dapat menjadi sumber serat yang baik untuk menjaga pencernaan anak karena umumnya berasal dari biji-bijian seperti gandum atau barley. Memilih sereal juga perlu cermat karena terkadang banyak sereal yang mengandung gula yang tinggi. Pemberian sereal pun dapat divariasikan dengan potongan buah atau susu.

 


Selain memilih camilan yang sehat dan bergizi, waktu pemberian camilan juga harus diperhatikan. Camilan diberikan sebagai makanan selingan diantara jadwal makanan utama. Sehingga jangan terlalu dekat dengan jadwal makan utama karena biasanya akan ditolak karena anak masih kenyang. Oh iya, memiliki jadwal pemberian makanan selingan sedari awal juga baik, karena ketika sekolah nanti biasanya juga anak akan memiliki jadwal untuk snack, sehingga lambung anak sudah terbiasa sedari kecil untuk menerima makanan di waktu tertentu.

Ragam Aktivitas Wisata Asyik di Pulau Batam

Petrichor, begitu banyak orang menyebutnya, sebuah aroma alami yang muncul ketika hujan, umumnya suasana hati dan lingkungan sekitar langsung berubah sendu dan mellow. Pernah mengalami tidak, ketika hujan turun, kerinduan akan suatu hal datang. Kalau saya sering. Seringnya rindu akan makanan berkuah yang hangat, supaya perasaan dingin saat hujan menjadi berkurang. Seperti saat ini, derasnya hujan semalamam di kota Palembang membuat saya merindukan sebuah makanan dari pulau seberang, Sop Ikan khas Batam. Mungkin karena agak terlalu sering memakan makanan khas Palembang seperti model gendum dan tekwan, membuat saya kangen makanan dari tempat lain.

Sebagai pulau yang dikelilingi laut, wajar rasanya kalau Pulau Batam menjadi penghasil ikan dan kuliner di area tersebut kebanyakan adalah olahan yang berasal dari lautan, salah satunya ya Sop Ikan khas Batam. Mengapa khas Batam? Bagi saya sendiri, pertama kalinya saya merasakan sop ikan tenggiri ketika di Batam. Sup ikan khas Batam, biasanya menggunakan ikan tenggiri, dengan tambahan sayur sawi serta tomat hijau. Walaupun kuahnya berasal dari kuah ikan, namun rasa amis sama sekali tak tercium. Terkadang ada tambahan cumi-cumi dan udang yang melengkapi sop ikan ini. Hangat, sehat, segar, dan bergizi tentunya. Beda beda restoran, beda pula penyajiannya.

Saya pun curhat ke Bojo kalau saya kangen pengen ke Batam. Cuma buat makan sop doang? Tentu tidak dong. Selama ini, Batam terkenal sebagai lokasi transit untuk ke Singapura atau Johor Baru dari Indonesia. Padahal, banyak juga aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Batam. Beragam jenis wisata lain ditawarkan oleh Pulau Batam. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Batam

Berburu Barang Murah di Nagoya

StockSnap / Pixabay

Batam sudah terkenal dengan barang-barang luar negeri dengan harga murah. Banyak orang yang berburu gadget, parfum, bahkan tas dengan harga miring di Batam karena Batam merupakan kawasan free trade zone, di mana semua barang tidak dikenakan pajak sama sekali. Di kawasan Nagoya, banyak berdiri toko-toko yang menjual tas branded dan parfum dengan harga murah. Untuk gadget dan elektronik lainnya, bisa dicari di Lucky Plaza yang juga berada di kawasan Nagoya.

Berkeliling Pantai Indah di Kota Batam

Pulau Batam memiliki beberapa pantai-pantai indah seperti Pantai Nongsa, Pantai Marina, Pantai Melur, Pantai Melayu, dan Pantai Tanjung Bemban. Pantai di Batam umumnya memiliki pepohonan hijau yang eksotis dan hamparan pasir putih yang luas. Beberapa lokasi seperti Pantai Melayu dan Pantai Nongsa, menawarkan permainan banana boat. Pantai menjadi salah satu lokasi tujuan wisata di kota Batam, maka dari itu, banyak pula warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman berdiri. Jadi tak perlu khawatir kelaparan saat menikmati indahnya pantai di Batam.

Snorkeling bahkan Diving di Kawasan Pulau Abang

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Pulau Batam memiliki spot snorkeling dan diving yang indah. Salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di sekitar Pulau Batam adalah Gugusan Pulau Abang yang terdiri dari Pulau Abang Besar, Pulau Rano, Pulau Hantu, dan Pulau Dedap. Air yang jernih dan visibilitas yang baik sangat mendukung untuk melakukan aktivitas Snorkeling maupun Diving di lokasi ini. Bagi pecinta olah raga air sekaligus ingin menikmati keindahan alam bawah laut, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat beragam jenis karang berwarna-warni, teripang dan kerang yang ada di sekitar Pulau Abang ini.

Puas Makan Beragam Jenis Seafood di Tanjung Piayu

Selain sop ikan, Batam memiliki makanan laut khas yang juga membuat saya rindu, yaitu Gonggong. Gong-gong adalah sejenis seafood laut yang menjadi makanan khas Batam. Sop Ikan umumnya ditemui di pusat kota Batam, seperti Sop Ikan Tian Huat, Sop Ikan Yongkee, Sop Ikan SOGOS, dan lainnya. Sementara itu, untuk urusan tempat makan seafood yang segar, enak, dan murah, Tanjung Piayu adalah juaranya. Berdiri di atas sebuah rumah panggung kayu, Tanjung Piayu menawarkan sensasi kesederhanaan makan seafood dengan cita rasa restoran seafood kelas atas. Rasa boleh diadu, harga ga bikin kantong kempes.

Belajar Sejarah ke Kampung Vietnam

Kampung Vietnam Batam (sumber : tribunnews.com)

Batam pernah menjadi area pengungsian masyarakat Vietnam saat terjadi konflik internal di Vietnam sekitar tahun 1979. Lokasi Kampung Vietnam ini berada di Pulau Galang. Kita bisa menuju area tersebut dengan melewati Jembatan Barelang. Wisata Kampung Vietnam ini patut untuk didatangi karena kita bisa melihat hasil kerja sama antara Pemerintahan Indonesia dengan PBB untuk membantu masyarakat Vietnam melalui pembangunan fasilitas lengkap di Pulau Galang mulai dari   barak-barak pengungsian, rumah sakit, sekolah, gereja, wihara, kantor polisi, bahkan penjara.

Ke Ocarina, Ancolnya Batam

Ocarina Park adalah salah satu area wisata keluarga di kota Batam. Taman bermain seluas 40 hektar ini dibuka sejak tahun 2008 di tepi sebuah pantai. Terdapat area besar yang sering menjadi tempat acara seperti konser musik. Ada pula wahana-wahana yang cocok untuk menjadi area bermain anak-anak. Jika ingin bersantai, kita bisa duduk-duduk di tepi pantai sambil melihat ferry dari Batam ke Singapura yang berlalu lalang.

Berfoto di Jembatan Barelang dan Welcome To Batam

Pulau Batam memiliki dua buah ikon yang menonjol yaitu tulisan Welcome To Batam yang berada di sebuah bukit, layaknya tulisan Hollywood di Los Angeles. Rasanya belum lengkap kalau ke Batam belum berfoto di tulisan ini. Selain itu, ada juga Jembatan Barelang. Jika akan melakukan snorkeling ke Pulau Abang atau mampir ke Kampung Vietnam, pasti kita akan melewati Jembatan yang memiliki arsitektur unik ini. Sehingga ada baiknya kita mengabadikan momen juga di sini.


Untuk liburan 3 hari 2 malam, rasanya sudah cukup untuk mengelilingi dan melakukan beragam aktivitas di Batam. Jadi, kalau ada libur di hari Jum’at atau Senin seperti di bulan Februari dan Maret mendatang, Batam bisa dijadikan salah satu tujuan liburan menarik loh. Kalau mau tau lokasi menarik lain di kota Batam, bisa juga cek blog Traveloka.

Untungnya, penerbangan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) ke Bandara Hang Nadim (Batam) sudah banyak dan langsung juga. Tanpa Transit. Seperti biasa, untuk pemesanan tiket atau hotel saya selalu mengandalkan aplikasi Traveloka yang banyak promo dan selalu menjadi yang termurah. Apalagi, sekarang Traveloka punya fitur layanan baru, yaitu pesan tiket pesawat dan hotel sekaligus. Saya pernah nyoba nih waktu liburan keluarga ke Yogyakarta beberapa waktu lalu, pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan jauh lebih hemat dibanding pesan terpisah. Bahkan penghematannya bisa sampai 20% loh. Gak perlu isi kode promo apapun yang kadang suka lupa dilakuin di akhir pembayaran. Jauh lebih gampang langsung pilih pesan tiket pesawat + hotel di awal transaksi.

Jadi mau ikutan liburan ke Batam juga ? Atau sudah punya rencana liburan ke tempat lain? Cari tiket pesawat dan hotelnya di Traveloka ya.

Gogo Voucher, Teman Jajan Hemat di Kota Palembang

Sebagai kaum yang ngakunya biasa-biasa aja (ya ngaku berkecukupan aja lah, pas mau apa uangnya cukup), kadang pengen ikut-ikutan gaya hidup keren-keren asyik layaknya sosialita. Tapi, ingat-ingat kantong, ingat-ingat cicilan, bikin mikir-mikir juga. Paling enak sih kalau bisa ngikut gegayaan makan enak mahal kalau ditraktir alias gratisan. Eh, tapi siapa saya, mana ada yang mau bayarin gratisan. Hehehe.

Di sekitar tahun 2010-an, rasanya muncul banyak banget situs-situs yang nawarin diskon-diskon gitu. Yang saya inget dulu ada namanya Disdus, terus ganti nama karena gabung sama Groupon, trus sekarang kayaknya ganti nama lagi jadi Fave. Banyak juga situs lainnya dan sekarang bahkan ada aplikasi di AppStore atau GooglePlay. Sayangnya, kebanyakan dari situs yang nawarin diskon ini, lokasi merchantnya ada di sekitar Jabodetabek, Bandung, Denpasar, Surabaya, atau Yogyakarta. Jadi, untuk yang hidupnya di kota yang ga terlalu metropolis macam Palembang ada plus minusnya. Plusnya kita dijauhkan dari kehidupan hedonis pengen jajan, minusnya ketika pengen jajan bisa jadi kita harus ngerogoh kocek tanpa harga diskon.

Beberapa waktu lalu, saya iseng download aplikasi Fave, eh ternyata 20Fit Palembang nawarin voucher diskon dan kemudian ada promo juga dari Pepper Lunch. Setelah itu, promo diskon melalui voucher atau kupon diskon Pepper Lunch ga ada lagi. Yah, susah deh jajan mahal enak tapi berasa murah. Di saat sedih gak nemu promo lagi, eh ngedenger di radio kalau ada yang namanya Gogo Voucher di Palembang. Jadi, Gogo Voucher ini situs yang menawarkan kupon diskon mulai dari kecantikan, liburan, makanan & minuman, dan lain-lain. Cakupannya didominasi di area Palembang.

Iseng-iseng nyoba deh, kali ini nyoba Paket Makan Siang Berdua Bebek Harissa seharga Rp 80.000,- dari harga aslinya Rp 120.000,-. Lumayan kan ngehemat uang jajan dikit.  . Proses untuk beli voucher di Gogo Voucher juga gampang sih. Kita bisa pilih promo voucher yang mau dibeli, lalu bayar dan konfirmasi, setelah itu datang ke merchantnya deh. Untuk lebih lengkapnya lagi, bisa dicek di gambar berikut.

Cara Transaksi Dengan Gogo Voucher

Saat datang ke merchant misalnya restoran gitu, ada baiknya pas mesan langsung bilang mau pakai Gogo Voucher, tunjukkin voucher yang ada di handphone kita, nanti petugas restoran akan memvalidasi. Eh tapi entah saya yang salah atau pihak restoran yang salah, saya kan pesan Paket Makan Siang Berdua Bebek Harissa yang isinya 1/2 ekor bebek goreng, 1 Soto daging babat, 2 nasi putih, dan 2 es teh manis. Trus pas dateng 2 es teh manis, 1 Soto daging babat + 1 nasi putih, 1/2 ekor bebek goreng + 2 nasi putih. Alias nasinya kelebihan 1 sih. Tau aja kita gak cukup nasinya cuma 2.

Bebek Harissa ini secara lokasi cukup strategis lah ya, ada di hampir pusat kota Palembang. Tempat parkir luas, tempat makannya juga lega, bisa buat ramean bahkan ada tempat karaokenya, menunya selain bebek ada soto juga. Bebek gorengnya garing ya, setengah bebek juga potongannya besar, dan yang jelas sambelnya juwara, bikin keringetan sih.

Pembayaran untuk pembelian di GogoVoucher baru bisa melalui bank Mandiri dan bank BCA. Pembeli juga harus konfirmasi lagi dan ada jeda cukup lama antara waktu konfirmasi sampai dikirimin voucher, sempet khawatir kalau vouchernya ga nyampe soalnya sekitar 1 jam-an rasanya baru dikirimin. Saya sih pengennya untuk ke depan Gogo Voucher ini ada aplikasinya di smartphone biar gampang gitu. Merchant juga bisa tinggal tap-tap langsung kan. Terus ya merchantnya sih pengennya nambah lah, makin banyak juga. Selain itu tentunya urusan konfirmasi dan pengiriman voucher lebih cepat dan pembayaran juga bisa lebih banyak channelnya.